Ban perlu diganti secara berkala untuk menjaga performa kendaraan sekaligus mencegah kecelakaan. Proses ini biasa membutuhkan yang namanya alat pembuka ban mobil atau tire changer. Apa saja macamnya dan bagaimana cara kerjanya? Berapa harganya?

Simak penjelasannya di bawah ini:

Daftar Harga Alat Pembuka Ban Mobil

Sebelum membahas lebih mendalam, berikut daftar kisaran harga alat pembuka ban mobil yang beredar di pasaran Tanah Air:

Merek dan Tipe Alat Pembuka Ban MobilHarga
Alat Buka Ban Velg Mobil dan Motor Manual Rp4,45 juta
Alat Pembuka Ban Mobil Mr MorisRp2 juta
Alat Pembuka Ban Alat Buka Ban Mobil dan Motor BeissbarthRp34 juta
Alat Perkakas- Pembuka Ban TIP TOPRp875 ribu
Alat Pembuka Ban Tubles Dan Biasa Tyre ChangerRp1,52 juta
Alat Buka Pasang Ban TublesRp1,61 juta
Mesin Pembuka Ban Motor Dan MobilRp15 juta
Tire Changer Mesin Bukaan Ban Atau Pembuka Ban VASTAR FS 808 Sama Dengan Fly Speed Fs 808Rp13 juta
Tire Changer Mesin Bukaan Ban Atau Pembuka Ban VASTARRp25,8 juta
Genius Tire Changer EE-4112DRp15,6 juta

Baca juga: Berapa Harga Tambal Ban Mobil? Simak Beragam Metodenya

Macam-macam Alat Pembuka Ban Mobil dan Kelebihannya

Ada 3 macam alat pembuka ban mobil yaitu manual, mesin, dan perlengkapan bongkar pasang. Apa perbedaan ketiganya? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Alat Pembuka Ban Mobil Manual

Seperti namanya, alat pembuka ban mobil manual bisa digunakan tanpa listrik maupun angin kompresor. Dengan begitu, dari segi biaya, alat satu ini terbilang lebih ramah di kantong.

Cara pakainya pun lebih praktis yang merujuk pada sistem manual dua atau tiga pedal saja. Pedal-pedal itu berguna mengendalikan klem untuk memasang atau membuka pelek mobil. Tinggal injak pedal, maka piston pneumatik bakal menyatukan atau memisahkan 4 klem sekaligus. Selain pedal, terdapat pula kontrol putaran roda mobil serta tiang press pada alat pembuka ban mobil ini. Biasanya, tire changer ini juga membutuhkan tambahan 2 besi panjang atau alat pencongkel ban untuk memudahkan proses bongkar pasang ban terhadap peleknya.

Alat ini lebih efektif untuk membongkar pasang ban mobil berukuran ring 15-21 inch.

2. Mesin Pembuka Ban Mobil

Selanjutnya, ada mesin pembuka ban mobil. Sesuai namanya, tire changer satu ini dioperasikan menggunakan prinsip pneumatik yang membutuhkan daya listrik dan kompresor udara. Oleh karena itu, dibanding yang manual, proses bongkar pasang ban menggunakan tire changer satu ini pastinya menjadi lebih efisien.

Saat mesin mulai dinyalakan, proses penggantian ban tidak terlalu membutuhkan tenaga mekanik yang kuat. Lantaran adanya bantuan dari tekanan udara dalam perangkat tersebut. Proses membongkar pasang ban pun menjadi lebih cepat. 

Baca juga: Cari Merk Ban Mobil Terbaik? Ini Rekomendasi dan Tipsnya

3. Alat Bongkar Pasang Lainnya

Selain alat pembuka ban mobil manual dan mesin, OtoFriends juga membutuhkan alat bongkar pasang lainnya. Di antaranya kunci roda, dongkrak, dan ban cadangan.

Kunci roda berguna untuk membuka baut-baut roda mobil. Biasanya setiap pabrikan mobil sudah menyertakan kunci roda untuk setiap pembelian unit mobilnya. Bila di mobil OtoFriends belum ada peranti satu ini, ada baiknya beli saja satu yang berukuran 19-21 mm. Harganya pun cukup terjangkau, paling murah berkisar Rp50 ribu.

Dongkrak berguna untuk mengangkat body mobil dan menahannya selama proses bongkar pasang ban. Sama dengan kunci roda, biasanya produsen mobil juga sudah memfasilitasi peranti ini di setiap pembelian 1 unit mobil. 

Terakhir, ban cadangan yang berfungsi sebagai ban pengganti. Salah satu jenis ban cadangan yang kamu butuhkan adalah ban cadangan space saver yang berukuran lebih kecil dari ban utama. Oleh karena itu, lebih menghemat ruang penyimpanan di dalam mobil.

Nah itulah tadi pembahasan seputar alat pembuka ban mobil. Bila OtoFriends ingin melakukan servis ban mobil, bisa kunjungi bengkel terdekat. Temukan bengkel terdekat lewat aplikasi Otoklix. Selain bisa dimanfaatkan untuk mencari bengkel, dari aplikasi tersebut kamu juga bisa melakukan booking service ganti ban, hingga membeli ban baru. Kamu bahkan bisa melihat harga seluruh layanan tersebut langsung di smartphone masing-masing.