Tidak heran mobil Avanza banyak ditemui di lalu lintas. Mobil keluarga ini memiliki spesifikasi yang lengkap, tetapi dengan harga yang cukup terjangkau. Oleh sebab itu, mobil Avanza menjadi salah satu primadona di kelasnya.

Berapa sih harga mobil Avanza? Apa saja tipenya dan bagaimana spesifikasinya?

    Harga Toyota Avanza

    Toyota Avanza memiliki beberapa tipe. Tentunya hal ini membuat harga Toyota Avanza berbeda-beda. Otoklix merangkumnya dalam tabel di bawah ini.

    Tipe Toyota AvanzaHarga
    All New Avanza 1.3 E M/TRp228.300.000
    All New Avanza 1.3 G CVTRp242.800.000
    All New Avanza 1.5 G MTRp253.100.000
    All New Avanza 1.5 G CVTRp267.700.000
    All New Avanza 1.5 G CVT TSSRp293.400.000

    Harga ini dilansir dari website resmi Auto2000. Harga bisa berbeda tergantung dealer tempat kamu membeli mobil. Harga mobil Avanza ini memang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya karena terdapat perubahan yang cukup signifikan, baik pada eksterior, interior, dan bagian mesin.

    Selanjutnya, mari kita bahas tentang ulasan mobil Avanza secara keseluruhan.

    Eksterior Toyota Avanza 2022

    Pada sisi eksterior, Toyota Avanza 2022 memiliki bodi dengan dimensi yang sedikit lebih kecil dibandingkan Veloz. Dimensi ini sama persis dengan Daihatsu Xenia 2022.

    Toyota Avanza 1.5 G memiliki ukuran roda yang lebih kecil dibandingkan dengan Veloz. Diameter velgnya 16 inci dan menggunakan ban dengan ukuran 195/60 R16. sementara pada Avanza 1.3 menggunakan ban dengan ukuran 185/65 R15. Velg yang digunakan pada tipe 1.5 G adalah Dashing Two Tone. Velg yang digunakan pada tipe 1.3 E MT juga tidak kalah gagah.

    Pada bagian bumper depan dan belakang serta grillnya tidak menggunakan aksen berlebihan. Sehingga terkesan lugas sebagai kendaraan harian. 

    Pada bagian bumper depan terdapat headlamp LED Sharp dan Fog Lamp. Sementara pada bagian belakang terdapat LED dengan lampu backdoor. Fitur ini terdapat pada tipe Avanza 1.5 G. Sementara itu terdapat lampu kombinasi belakang LED pada tipe 1.3 E MT. Sebagai tambahan, pada tipe 1.5 G juga memiliki cermin yang dapat ditarik otomatis. 

    Pada bagian ground clearance, terdapat perbedaan antara varian 1.3 dan 1.5. Pada varian 1.3, ground clearance-nya 195 mm, sedangkan varian 1.5 memiliki ground clearance yang sedikit lebih tinggi, yaitu 205 mm.

    Interior Toyota Avanza 2022

    Mari beralih membahas interior mobil Avanza 2022. Mobil ini memiliki tata letak dasbor yang benar-benar baru. Warnanya adalah padu padan hitam dan silver. Kesan canggih terlihat dari penggunakan monitor pada bagian tengah dasbor mobil. Tombol-tombol pada dasbor ini mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang depan.

    Kemudian, untuk joknya belum menggunakan campuran kulit seperti pada All New Veloz. Namun, jangan khawatir. Kursinya tetap empuk sehingga terasa nyaman. Pada kursi penumpang depan dan pengemudi juga memiliki lekuk yang seperti memeluk tubuh.

    Keunggulan dari mobil Avanza terbaru terletak pada pengaturan kursi yang bisa diatur sebagai long sofa mode. Sandaran pada kursi baris kedua bisa direbahkan total, kemudian bagian headrest adjustable bisa dilepas. Jadi, kamu bisa duduk di kursi baris ketika dengan kaki yang diluruskan seperti duduk di sofa panjang. Tentunya hal ini membuat berkendara lebih nyaman.

    Kursi baris kedua bisa digeser maju mundursecara fleksibel dengan jarak 20 cm. Kursi baris ketika juga memiliki jarak kaki yang cukup baik, termasuk tinggi bagian ruang kepala.

    Fitur Toyota Avanza 2022

    Sistem hiburan mobil Avanza 2022 sudah dilengkapi dengan head unit terbaru dengan layar 9 inci untuk tipe 1.5 G dan 7 inci untuk tipe 1.3 E MT. Keduanya sudah mendukung koneksi USB dan bluetooth. 

    Terdapat pula fitur New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang dapat memudahkan kamu untuk melakukan pengaturan kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan tombol pada setir.

    New Striking Full Dashboard Design memiliki panel instrumen yang bisa memberikan informasi melalui New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID. ada pula New Illuminating Start/Stop Button. Fitur ini memudakan pengemudi menghidupkan dan mematikan mobil meskipun kondisinya gelap.

    Ada pula fitur new auto A/C yang dapat mendinginkan suhu kabin secara cepat, window jam protection, rear parking camera, spion retractable, dan alarm + immobilizer.

    Mesin Toyota Avanza 2022

    Toyota All New Avanza 1.3 L memilki varian terendah dengan kode 1NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i. Mobil berkapasitas 1.329 cc ini memiliki tenaga sampai dengan hingga 97.9 tenaga kuda @6.000 rpm serta torsi 121 Nm @4.200 rpm.

    Sedangkan pada varian 1.5L menggunakan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i. Mobil ini memiliki tenaga sampai 106 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

    Performa dan handling Toyota Avanza 2022

    Toyota Avanza 2022 ini diklaim lebih ringan daripada pendahulunya. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan (FWD) dengan transmisi CVT. Hal ini meningkatkan performa mobil Avanza.

    Akselerasi mobil ini cukup agresif, tetapi akan terdengar raungan putaran mesin ketika meninggi saat kickdown. Akan tetapi, pada mode S di tuas transmisi memiliki simulasi 6 percepatan. Hal ini membuat pengemudi memiliki sensasi perpindahan transmisi seperti mengendarai mobil bertransmisi otomatis konvensional.

    Konsumsi bahan bakar Toyota Avanza 2022

    Putaran mesin tetap rendah meskipun dipacu dengan kecepatan di atas 60 km/jam. Dengan berbagai medan yang dilakui, Avanza 2022 ini dirasa cukup efisien dalam konsumsi bahan bakar.

    Nah itu dia ulasan lengkap tentang mobil Avanza 2022. Kalau sudah memutuskan untuk membeli, jangan lupa untuk selalu dirawat ya.

    Merawat mobil kini lebih mudah dan praktis. Hanya menggunakan satu aplikasi, kamu bisa mendapatkan segala jenis perawatan mobil di bengkel terdekat, mulai dari ganti oli, ganti aki, tune up, perawatan ban, AC mobil, sampai dengan cuci mobil.

    Temukan 2.000+ bengkel rekomendasi se-Jabodetabek dan lakukan booking langsung via aplikasi Otoklix. Harga hingga 50% lebih hemat!