Kamu pasti sudah sering mendengar istilah dinamo. Ada dinamo starter dan ada juga dinamo ampere atau yang biasa disebut alternator. Fungsi dinamo ampere ini adalah sebagai pembangkit energi pada mobil. Energi listrik ini akan disalurkan kepada aki mobil.

Kerusakan pada dinamo akan menyebabkan mobil sulit di-starter. Meskipun mobil sulit di-starter juga bisa jadi karena aki yang bermasalah. Tetapi memang aki dan dinamo ampere mobil sangat berkaitan erat. Sebenarnya, dinamo ampere ini jarang rusak, tetapi jika sudah mencapai masa pakainya, dinamo ampere bisa saja rusak. 

Mari kita bahas tentang service dinamo ampere mobil, biaya yang diperlukan, penyebab dan ciri-ciri kerusakan dinamo ampere mobil. 

Cara Service Dinamo Ampere Mobil 

Meskipun dinamo ampere mobil ini jarang rusak, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara service dinamo ampere mobil. 

Proses ini memang cukup rumit. Jika kamu ragu bisa memperbaikinya, sebaiknya percayakan saja service dinamo ampere mobil ini kepada bengkel terdekat langgananmu.

  • Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk service dinamo ampere mobil adalah mengecek bagian bearing dinamo. Caranya adalah memutar manual bagian puller pada dinamo ampere. Selain menggunakan tangan, kamu juga bisa menggunakan bantuan alat yang bernama dinamo tester.
  • Kemudian kamu bisa membongkar komponen dinamo ampere mobil dan memeriksa bagian-bagiannya seperti bearing, bush, dan slip ring. Bersihkan dinamo ampere mobil yang sudah dibongkar.
  • Langkah selanjutnya adalah memeriksa dan mengukur komponen menggunakan dinamo tester. Setelah memastikan semua bekerja normal, kamu bisa memasang kembali dan mencoba menyalakan mobil.

Dinamo yang sudah rusak biasanya harus dilakukan penggantian dengan yang baru.

Baca Juga: Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Biaya Service Dinamo Ampere Mobil

Jika kamu sudah membeli dinamo di luar bengkel kemudian membawanya ke bengkel untuk dilakukan pembongkaran dan pemasangan, maka biayanya hanya sekitar Rp125 ribu. Tetapi memang harga dinamo ampere mobil cukup mahal.

Dinamo ampere mobil yang tersedia di pasaran memiliki harga yang beragam sesuai merek dan kualitas. Mulai dari harga ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Harga dinamo paling mahal bisa mencapai Rp15 jutaan tergantung tipe mobil kamu.

Seperti suku cadang lainnya, biasanya mobil Eropa memiliki harga dinamo ampere yang lebih mahal dibandingkan mobil Jepang.

Penyebab Kerusakan Dinamo Ampere Mobil

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dinamo ampere mobil adalah sebagai berikut:

  1. Output energi dinamo ampere yang tidak sesuai, biasanya terlalu tinggi. Hal ini terjadi karena pemasangan komponen elektrik yang tidak sesuai dan dengan beban yang besar.
  2. Ada hambatan arus listrik ke rotor coil akibat adanya kontak antara carbon brush dengan rotor slip rings.
  3. Belt kendur atau bahkan lepas dari putarannya. Masalah belt ini bisa dideteksi dengan terciumnya bau terbakar pada mobil kamu.

Ciri-Ciri Dinamo Ampere Rusak

1. Aki tetap tak berfungsi normal

Dinamo ampere mobil berkaitan erat dengan komponen kelistrikan mobil. Jadi ciri pertama yang dirasakan ketika dinamo ampere rusak adalah mobil sulit di-starter. Hal ini terjadi karena kurangnya arus listrik pada mobil kamu. Bisa juga terjadi karena tegangan dinamo ampere yang tiba-tiba drop saat pengisian ulang daya.

Mobil sulit di-starter ini juga erat kaitannya dengan aki. Jadi, apabila aki mobil kamu baik-baik saja tetapi mobil sulit di-starter, kemungkinan penyebabnya adalah dinamo ampere mobil yang bermasalah.

2. Terdengar decitan atau suara mesin kasar

Apabila terjadi suara kasar atau decitan pada mesin mobil. Suara mendecit disebabkan oleh posisi pulley yang tidak sejajar dan membuat belt alternator melintir. Suara mesin kasar disebabkan oleh bearing dinamo ampere mobil yang bermasalah sehingga aki mengalami overcharge.

Baca Juga: Modifikasi Mobil Avanza Simple Harian Tidak Berlebihan

3. Lampu sorot mobil meredup

Masih berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil, dinamo ampere yang bermasalah juga menyebabkan lampu sorot mobil meredup. Kamu bisa mengeceknya saat berkendara di malam hari. Jika mengalami tanda-tanda ini, kamu bisa ke bengkel service dinamo ampere mobil untuk dilakukan pengecekan.

4. Lampu indikator di dashboard menyala

Pada bagian dashboard mobil, kamu akan menemukan lampu indikator aki. Lampu ini berbentuk aki dan akan menyala apabila kondisi baterai melemah atau ada masalah pada dinamo ampere mobil. Lampu indikator ini akan terlihat berkedip jika aliran listrik tidak baik. 

5. Tercium bau terbakar

Tanda lain kamu perlu melakukan service dinamo ampere mobil adalah tercium bau seperti karet terbakar. Bau terbakar ini berasal dari gesekan belt alternator yang tidak terpasang dengan baik. Kamu bisa memastikan sumber bau terbakar ini sebelum membawa ke bengkel terdekat.

Cara mudah untuk mencari bengkel umum terdekat adalah dengan menggunakan aplikasi Otoklix. Otoklix adalah aplikasi booking service yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, booking perawatan mobilmu via Otoklix!​​​​​​​