Mobil Volkswagen Beetle atau yang lebih dikenal mobil VW kodok menjadi mobil ikonik yang berhasil mencatat sejarah penjualan terlaris di dunia otomotif dunia. 

Tercatat sejak pertama kali dirilis sampai tahun dihentikannya produksi yakni 2003, penjualan mobil VW kodok sudah mencapai 21,5 juta unit yang tersebar di seluruh dunia.

Meskipun sudah lama produksinya terhenti, tetapi peminatnya masih saja ada dari tahun ke tahun. Karenanya, tak heran bila harga mobil VW kodok bekasnya cukup mahal untuk ukuran mobil bekas.

Harga mobil VW kodok

Mengutip dari kompas.com, Ketua Harian 1 Volkswagen Indonesia Association (VIA) Didit Soedarto mengungkapkan bahwa saat ini mobil VW kodok yang beredar di Indonesia merupakan mobil VW kodok yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1.200 cc.

Lalu, diikuti dengan mobil VW kodok berkapasitas mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Ada juga mobil VW kodok berkapasitas mesin 1.600 cc sampai 2.000 cc tetapi mobil tersebut sudah dimodifikasi sendiri oleh pemiliknya.

Sementara itu, sebelum adanya APM Volkswagen, produsen mobil VW kodok yang ada di Indonesia berasal dari produsen yang berasal dari Eropa, Asia atau Amerika Latin. 

Perihal harga mobil VW kodok sendiri cukup fantastis. Tak tanggung-tanggung mobil VW kodok termahal dibanderol dengan harga mencapai Rp1,2 miliar. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini harga mobil VW kodok bekas terbaru.

Tipe Mobil VW KodokHarga Mobil VW Kodok
Mobil VW 1.3 tahun 1974Rp37,5 juta – Rp42,5 jutaan
Mobil VW 1.6 Sedan tahun 1973Rp57,5 jutaan
Mobil VW 1.2 1.2 Manual Others tahun 1973Rp70 juta – Rp100 jutaan
Mobil VW 1.6 Coupe tahun 1973Rp72 jutaan
Mobil VW 1.3 1.3 Manual Others tahun 1974Rp85 juta – Rp150 jutaan
Mobil VW 1.3 Coupe tahun 1971Rp85 jutaan
Mobil VW tahun 1964Rp149 jutaan
Mobil VW tahun 2010Rp325 jutaan
Mobil VW tahun 2013Rp599 jutaan
Mobil VW Anti Peluru tahun 1978Rp760 juta – Rp800 jutaan

Baca juga: Wow! 16 Merk Mobil Mewah Ini Harganya Fantastis, Ada yang Rp90 Miliar

Benarkah sulit mencari spare part mobil VW kodok?

Sekalipun produksi mobil VW kodok sendiri telah diberhentikan sejak tahun 2000-an awal, tetapi untuk suku cadangnya sendiri masih banyak produsen yang memproduksinya. Sebut saja negara-negara di Eropa dan Cina masih memproduksi suku cadang mobil VW kodok.

Bahkan, sparepart original untuk mobil VW kodok masih diproduksi di Eropa. Karenanya, kita tak perlu khawatir mencari spare part mobil VW kodok. 

Selama peminat dan penggemar mobil ikonik ini masih ada dan tersebar di seluruh dunia maka selama itu juga masih banyak produsen spare part mobil VW kodok.

Tips memilih mobil VW kodok

Dikarenakan mobil VW kodok yang beredar kini kebanyakan mobil bekasnya, maka kita perlu lebih cermat saat memilih dan membeli mobil VW kodok bekas agar tidak rugi. Berikut ini Otoklix punya tipsnya untuk kamu yang akan membeli mobil VW kodok.

1. Lebih cermat saat melihat body mobil VW kodok

Harus lebih cermat saat memperhatikan bagian body mobil VW kodok. Sekalipun ada karat di bagian tertentu, tetapi bagian yang harus diperhatikan dengan cermat adalah bagian deck dan rangka. 

Apakah bagian tersebut rangka model baut yang memiliki bantalan karet memutar di bawah deck. Pasalnya, banyak pembeli mobil VW kodok bekas yang merasa rugi sebab deck dan rangka mobil diles paten sehingga menyebabkan suspensi mati.

2. Apakah mesin mobil kering?

Mesin mobil VW kodok yang kering merupakan tanda bahwa mobil bekas tersebut dalam kondisi sehat dan prima. Sebaliknya, bila melihat adanya oli yang menetes saat mesin dinyalakan, maka mobil bekas tersebut tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: Keren! Mobil Mewah Ini Pernah Menjajal Jalanan Indonesia

3. Bagaimana kondisi rem mobil?

Rem merupakan bagian komponen mobil yang penting karena menyangkut keselamatan pengemudi dan penumpang. Pada mobil VW kodok bekas, kamu harus lebih cermat dalam melihat apakah ada oli yang menetes atau kampas rem yang telah habis.

4. Cek bagian kelistrikan mobil

Lakukan pengecekan juga terhadap kelistrikan mobil. Perhatikan apakah ada kabel yang berantakan atau ada sistem kelistrikan yang tidak tertutup untuk menghindari terjadinya risiko mesin terbakar.

5. Perhatikan ban mobil VW kodok bekas

Saat mencermati bagian ban mobil VW kodok bekas, OtoFriends perlu memastikan apakah ban mobil dalam keadaan gundul atau tidak. Selain itu, bila velg mobil Asia maka kita perlu melakukan balancing.

6. Cek kelengkapan dan aksesoris mobil

Beberapa kelengkapan dan aksesoris lainnya juga perlu dilihat. Misalnya saja kelengkapan surat-surat seperti nomor mesin dan nomor rangka mobil, aksesoris mobil yang sesuai tahun atau tidak.

Apabila OtoFriends bingung tempat service untuk ganti oli atau ganti ban mobil yang sudah gundul, Otoklix punya rekomendasinya di daftar bengkel mobil terpercaya.