Mobil dinas Polri terbaru terbagi tidak berdasarkan pada kedudukan atau pangkat dari anggota Polri tersebut saja. Jika OtoFriends perna memperhatikan, ketika unit Polisi sedang bertugas, jenis mobil yang digunakan bisa berbeda-beda. Hal tersebut karena tugas para polisi juga terbagi menjadi beberapa bagian. Disesuaikan dengan fungsi dan pangkat anggota Polri, lantas seperti apa pilihan mobil dinas Polri terbaru? Berikut Otoklix rangkum informasinya lengkap dengan spesifikasinya.

Baca juga: Knalpot Racing Mobil Diperbolehkan Polisi, Ini Aturannya

Jenis Mobil Dinas Polri Terbaru

Perlu diketahui, tugas unit Polri terbagi atas beberapa bagian, mulai dari menjaga lalu lintas, melakukan penangkapan pelanggaran, mengejar penjahat, hingga melakukan patroli dan pengamanan. Berikut beberapa jenis mobil dinas Polri terbaru yang biasa digunakan:

1. Mitsubishi Lancer Ex 

Jenis mobil Mitsubishi Lancer Ex ini biasa digunakan oleh Polri yang bertugas untuk berpatroli di jalan tol. Mobil Mitsubishi Lancer Ex ini dibekali dengan spesifikasi mesin mumpuni namun tidak optimal bila digunakan untuk kejar mengejar. Adapun mesin yang digunakan adalah 4B11T 4 silinder dengan kapasitas 2000 cc dan teknologi MIVEC.

2. Mitsubishi Galant V6

Sama halnya dengan mobil Mitsubishi Lancer Ex, mobil Mitsubishi Galant V6 juga sering digunakan para anggota Polri yang bertugas untuk melakukan patroli. Namun biasanya, mobil Mitsubishi Galant V6 ini lebih sering digunakan untuk kegiatan operasional kepolisian. Sekedar informasi, mobil Mitsubishi Galant V6 ini memiliki kapasitas mesin 2.498 cc dengan 6 silinder mesin 24 katup. Tenaga yang dikeluarkan mampu mencapai 167 hp pada 5.750 rpm.

3. Mazda 6

Sering terlihat di jalanan, mobil dinas Polri terbaru satu ini sering digunakan untuk melakukan pengawalan dan patroli jalan raya. Mobil Mazda 6 ini di dibekali mesin berkapasitas 2.488 cc dan bisa menghasilkan tenaga hingga 194 ps pada putaran 6.000 RPM.

4. Toyota Vios dan Hyundai Elantra

Mobil dinas Polri terbaru selanjutnya adalah mobil Toyota Vios dan Hyundai Elantra yang sering digunakan sebagai PJR. PJR merupakan merupakan singkatan dari mobil patroli jalan raya. Mobil ini digunakan sebagai mobil patroli karena memiliki keunggulan irit bahan bakar. Tidak hanya itu, kedua mobil ini juga memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga dengan desain khas mobil dinas Polri terbaru, mobil Toyota Vios dan Hyundai Elantra mampu dikenal oleh masyarakat sebagai mobil dinas Polri terbaru Indonesia.

Baca juga: 5 Mobil Polisi Indonesia untuk Patroli dengan Performa Mesin Kencang

5. Ford Focus

Beralih ke mobil selanjutnya yaitu Ford Focus yang biasa digunakan untuk melakukan pengamanan obyek vital kepolisian. Mobil ini memiliki kapasitas mesin mumpuni yaitu DURATEC HE dengan kapasitas 2 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 145 ps dengan torsi 185Nm.

6. Ford Ranger

Beralih dari mobil dinas Polri terbaru berjenis sedan, kini kita beralih ke mobil Polri dengan dimensi yang sedikit lebih besar, yaitu Ford Ranger. Mobil ini biasanya digunakan anggota Polri untuk mengangkut motor atau mobil yang terkena razia. Menariknya, mobil ini dilengkapi dengan kapasitas mesin 2.500 cc Duratorq TDI SOHC, hingga bisa menghasilkan tenaga 165 hp dan torsi 308 Nm.

Sekilas Tentang Mobil Patwal

Selain enam mobil di atas, ada berbagai jenis mobil lainnya yang sering digunakan sebagai mobil dinas Polri terbaru. Mobil Patwal menjadi salah satunya. Mobil ini sering digunakan ketika ada kegiatan pengawalan. Kini mobil ini diperbaharui desainnya dari segi warna dan garis panah. Dibalut nuansa putih biru, kini mobil Patwal tampil lebih elegan dan berwibawa.

Sekedar informasi, mobil sedan Patwal dibekali dengan mesin bertenaga 2.488 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 187 tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 252 Nm pada 4.000 rpm. 

Perawatan Mobil di Otoklix

Sudah mengetahui berbagai jenis mobil dinas Polri terbaru sesuai dengan tugas dan fungsinya, ada beberapa hal penting yang harus OtoFriends lakukan jika ingin merawat dan menjaga kondisi mobil dinas Polri terbaru. Sekedar menyukai mobil saja tidak akan cukup. Rutin melakukan perawatan dan mengenali setiap detail komponen dan jenis kerusakan mobil akan membantu OtoFriends untuk menjaga kondisi mobil tetap aman dan nyaman saat digunakan.

OtoFriends bisa mencari bengkel terdekat dan berkualitas untuk melakukan service rutin mobil. Cukup install aplikasi Otoklix di smartphone OtoFriends. Otoklix akan menampilkan harga secara transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Berbagai layanan servis dan perbaikan tersedia, mulai dari layanan ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil.

Baca juga: Servis Rutin Mobil, Cek 6 Komponen Ini Secara Berkala

Estimasi biaya jasa service mobil mulai dari sekitar 300 ribuan, belum ditambah dengan penggantian beberapa komponen. Jenis mobil juga berpengaruh, untuk mobil merk Jepang biasanya lebih murah dibandingkan dengan mobil merk Eropa. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mobil Dinas Polri Terbaru

Jenis mobil Polisi bervariasi mulai dari Mitsubishi hingga Ford Ranger. Jenis mobil dinas Polri terbaru ini tergantung pada pangkat dan tujuan penggunaannya.


Kini warna mobil Polisi sudah diperbaharui menjadi warna putih dan biru dominan.


Ada berbagai jenis mobil lainnya yang sering digunakan sebagai mobil dinas Polri terbaru. Mobil Patwal menjadi salah satunya. Mobil ini sering digunakan ketika ada kegiatan pengawalan.