Salah satu mobil mungil mewah yang tinggi permintaan adalah mini cooper. Mobil jenis ini memiliki beberapa versi dan salah satu yang terbaik di antaranya adalah mini 5-door. Mengapa? Karena mobil satu ini dapat menampung penumpang lebih banyak.

Tentu saja terdapat banyak lagi kelebihan dan fitur menarik yang ditawarkannya. Jika, OtoFriends tertarik memiliki mobil unik nan mewah ini maka sebaiknya ketahui spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Spesifikasi Lengkap Mini 5-Door

Layaknya pada mobil lain, mobil mini clubman dan yang setara dengannya pasti memiliki berbagai spesifikasi khusus, seperti:

Dimensi

Walaupun tergolong tetap mungil, ternyata mini 5-door memiliki dimensi yang berbeda dari versi mini cooper lainnya. Adapun dimensi lengkap mobil ini terdiri dari:

  • Panjang 4.036 mm
  • Lebar 1.727 mm
  • Tinggi 1.425 mm
  • Jarak sumbu roda 2.567 mm

Mesin

Walaupun mungil, ternyata mobil ini menggunakan berkapasitas besar dengan 1.499 cc. Tipe drive yang disematkan adalah rear wheel drive dengan konfigurasi mesin mini twinpower turbo technology. Mesin tersebut memakai direct injection serta valvetronic.

Jenis bahan bakar yang digunakan adalah bensin. Mesin ini menggunakan 3 silinder utama. Sedangkan dari konfigurasi transmisi memakai 7 speed dual clutch transmission.

Performa

Mesin yang digunakan di atas ternyata memberikan performa yang sangat baik. Mini 5-Door ini memiliki tenaga setara dengan 136 hp atau 4.500-6.500 rpm. Kemudian dari sisi torsi juga tidak kalah menarik karena menghasilkan 220 Nm atau setara dengan 1.480-4.100 rpm.

Suspensi

Suspensi juga menjadi bagian penting dalam sebuah kendaraan mobil ini. Suspensi depan mobil ini menggunakan MacPherson Strut yang baik dalam meredam teleskopik yang kemudian menjadi poros utama kemudi atas.

Sedangkan suspensi belakang menggunakan multi link. Rem yang dipakai pada mobil ini baik pada rem depan dan belakang adalah disc brake yang bekerja dengan baik sehingga keamanan dan kenyamanan berkendara terjaga dengan baik.

Baca Juga: Sejarah Dan Harga Mini Cooper Baru Juli 2022

Eksterior

Sebagai mobil mini cooper tentu tampilan mobil yang mungil dan menawan menjadi ciri khasnya. Namun, tampilan ini juga dilengkapi dengan eksterior yang berkesan pula. Contohnya saja penggunaan lampu depan LED highlights dan lampu belakang hanya lampu LED biasa.

Lalu, pada kaca spion memakai electric mirror dan retract serta adanya spoiler. Spoiler ini berguna untuk menambah tekanan ke bawah sehingga tidak mudah terangkat terutama ketika digunakan pada kecepatan tinggi. 

Fitur ini sangat penting mengingat mini 5-door merupakan mobil mungil dengan bobot di bawah rata-rata mobil pada umumnya.

Velg dan Ban

Pada umumnya mobil jenis ini menggunakan velg dengan 17 inch scissor spoke 2. Ukuran bannya sendiri 205/45/R17 RFT (run flat tire). Jadi, ban yang dipakai memang khusus dan sulit menggunakan ban biasa karena akan membuat tampilan mobil menjadi tidak sesuai dan tidak seindah seharusnya.

Safety

Jika dilihat dari sisi keamanan maka mobil ini cukup standar karena memakai sistem alarm untuk anti maling serta engine immobilizer yang bekerja ketika kunci kontak tidak sesuai dengan yang aslinya.

Walaupun demikian, mobil mungil memiliki seperangkat keamanan aktif dan pasif, yaitu:

  • Anti lock braking system
  • Brake assist
  • Electronic brake distribution
  • Sensor parkir
  • Rearview camera
  • Hill asist
  • Vehicle stability control system

Sedangkan keamanan pasif terdiri dari:

  • ISOFIX
  • Airbag system yang berada di depan samping pengemudi dan penumpang depan. Sedangkan 4 bangku penumpang lainnya tersedia di bagian kepala.
  • Terdapat child safety locks
  • Sabuk pengaman depan yang terbuat dari bahan berkualitas dan berfungsi dengan baik serta nyaman digunakan.

Baca Juga: Harga Mobil MINI dan Modelnya, Antik, Elegan, dan Mewah

Kelebihan Mini 5-Door

Baik mini 5-door bekas ataupun baru tentu memiliki beberapa kelebihan yang mencolok, yaitu:

  • Desain yang unik, namun tetap terlihat mewah dan berkelas
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang baik bahkan untuk balita sekalipun.
  • Ukuran kecil namun muat digunakan hingga 5 orang sekaligus. Bisa dikatakan versi ini merupakan yang lebih besar daripada mini 3-door yang hanya bisa mengangkut jumlah penumpang yang sangat terbatas.
  • Performa mesin sangat tangguh dan bisa melaju dengan cepat walaupun ukuran mobilnya kecil.
  • Fitur interior nyaman namun tetap canggih sehingga nyaman digunakan.
  • Sensasi berkendara ketika memakai mobil ini sangat menyenangkan, aman dan pastinya nyaman.

Kekurangan Mini 5-Door

Walaupun memiliki sederetan kelebihan, mini cooper ini tentu memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Harganya cukup mahal.
  • Walaupun bisa menggunakan bensin bukan berarti OtoFriends bisa menggunakan Pertalite. Mobil ini menggunakan mesin bertenaga tinggi sehingga bensin dengan oktan tinggi lebih direkomendasikan. 

Bahkan banyak orang yang mengharuskan untuk memakai bensin dengan oktan minimal 95. Jadi, minimalnya Anda harus menggunakan Pertamax Plus untuk mobil ini yang pastinya harga BBM akan melonjak tinggi.

Baca Juga: Pilihan Mobil Mini, Si Gesit Irit untuk Mobilitas Perkotaan

Harga Mini 5-Door

Mini 5-door harga yang dibanderol cukup mahal. Karena walaupun kecil ternyata mobil satu ini merupakan salah satu mobil mewah yang ada di dunia. Jadi, OtoFriends jangan heran dengan harganya. Harga mobil unik ini berada di kisaran Rp905 juta – Rp1.005 milyar.

Tentu saja terdapat beberapa pilihan warna yang tersedia di pasaran, yaitu; blazing red metallic, british racing green, deep blue, midnight black, moonwalk grey metallic, lapis luxury blue, dan white silver metallic.

Sebagai salah satu mobil mewah tentu perawatan yang rutin dan berkualitas menjadi hal wajib. OtoFriends tidak perlu khawatir karena bisa memakai Otoklix.com untuk menemukan bengkel berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi, tunggu apa lagi dan segera gunakan bengkel yang bekerja dengan Otoklix tersebut.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mini 5 Door

Harganya berkisar antara Rp905 juta hingga Rp1.005 milyar.

Untuk mini 5-door 1.499 cc untuk tipe mesin 1.5L mini twin turbo 3. Sedangkan mesin 2.0L mini twin turbo 4 memiliki kapasitas hingga 1.988 cc.

Sekitar 40-44 liter.