Mobil China di Indonesia kini semakin menjadi primadona. Pasalnya mobil China di Indonesia mampu menggaet minat masyarakat dengan cara yang menarik yaitu memberikan kualitas mobil yang mumpuni di kelasnya dengan harga yang pas di kantong. Walaupun mobil China di Indonesia terkadang masih kalah saing dengan mobil-mobil asal pabrikan Jepang dan Eropa, OtoFriends perlu mengetahui kira-kira sejauh mana mobil China di Indonesia unggul di persaingan pasar otomotif Indonesia. Berikut ulasannya

Kelebihan Mobil China di Indonesia

Keunggulan yang ditawarkan mobil China di Indonesia tidak hanya dari segi harga, fasilitas dan layanan lainnya seperti dealer dan garansi membuat masyarakat Indonesia akhirnya jatuh hati pada produk-produk mobil China di Indonesia. 

Baca juga: 9 Tips Memilih Jasa Servis Mobil, teknisi, Hingga Garansi

Jika OtoFriends perhatikan, ada begitu banyak dealer mobil China di Indonesia yang menandakan bahwa penjualan mobil China di Indonesia sudah mulai menguasai pangsa pasar otomotif Indonesia. Selain itu, mobil China di Indonesia juga menawarkan garansi yang berbeda dengan pabrikan mobil lainnya. OtoFriends sebagai konsumen tidak perlu khawatir lagi apabila terjadi masalah atau kerusakan mesin, karena dengan durasi garansi 7 tahun OtoFriends akan aman untuk melakukan perbaikan mobil OtoFriends.

Dari segi desain dan fitur mobil yang ditawarkan, mobil China di Indonesia juga tidak kalah kerennya dengan mobil-mobil keluaran jepang dan eropa. Meski terkadang desain mobil tergantung pada selera, tentu OtoFriends harus melakukan eksplorasi tersendiri untuk menemukan kecocokan terhadap desain mobil yang ditawarkan.

Kekurangan Mobil China di Indonesia

Meski dibanderol dengan harga yang relatif murah dan pas di kantong, memiliki fitur dan kualitas mesin yang mumpuni serta layanan dan fasilitas dealer yang baik, mobil China di Indonesia juga memiliki kekurangannya tersendiri. Terlihat dari segi performa mesin, mobil China di Indonesia masih memiliki kualitas mesin yang kalah jika dibandingkan dengan kualitas mesin mobil pabrikan jepang. Selain itu, untuk mobil China di Indonesia yang dijual dengan harga bekas memiliki harga yang sangat jatuh. Sehingga muncul stigma negatif di kalangan masyarakat Indonesia terkait kualitas dan komponen mesin mobil. 

Tidak hanya itu, walaupun dealer mobil China di Indonesia sudah mulai bertumbuh pesat dan menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, ternyata jumlah dari dealer mobil China masih terbilang cukup terbatas, dengan kata lain dealer mobil China di Indonesia tidak sebanyak mobil pabrikan jepang. Begitu pula dengan bengkel dan layanan servis, yang tentu akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi setiap konsumen untuk melakukan servis dan perawatan apabila masa garansi 7 tahun mobil telah habis.

Rekomendasi Merk dan Harga Mobil China di Indonesia

Sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mobil China di Indonesia secara umum, jika Otofriends memiliki ketertarikan yang tinggi untuk dapat membeli mobil China ada baiknya Otofriends memperhatikan beberapa rekomendasi mobil China di Indonesia dari Otoklix yang sudah disaring berdasarkan harga dan kualitas, antara lain:

  1. Mobil China Chery

Suka berkendara dengan mobil mini? Mobil China dengan merk Chery ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk otofriends. Cocok digunakan berkendara di area perkotaan. Mobil China Chery ini sama halnya seperti mobil Wuling, sempat mendominasi pasar otomotif Indonesia. Harganya cukup murah dan pas dikantong, yaitu dibanderol mulai dari harga Rp190 jutaan.

Baca juga: Pilihan Mobil Mini, Si Gesit Irit untuk Mobilitas Perkotaan

  1. Mobil China DFSK

Pernah mendengar mobil China DFSK? Mobil China yang satu ini sudah memproduksi beberapa mobil China dengan kualitas yang cukup baik. Mobil tersebut seperti, mobil China Gelora yang dibanderol mulai dari harga Rp169 jutaan, Mobil China Gelora Electric yang dibanderol dengan harga Rp480 jutaan, Mobil China Glory i-Auto dengan harga Rp335 jutaan, mobil Glory 560 dan mobil Glory 580 dengan harga mulai dari Rp200 jutaan dan juga mobil China Super Crab yang dibanderol dengan harga Rp135 jutaan.

Mobil-mobiil China DFSK tersebut sudah masuk ke pasar otomotif Indonesia dan memiliki penggemar tersendiri. Sehingga bisa OtoFriends jadikan sebagai referensi jika ingin memiliki mobil China dengan harga murah.

  1. Mobil China Wuling

Mobil Wuling, adalah salah satu merk mobil China di Indonesia yang cukup dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Mobil Wuling ini bisa dibilang sebagai mobil saingan Avanza karena kerap kali memiliki sebutan yang sama yaitu sebagai mobil andalan keluarga. Berbeda dengan mobil Avanza yang merupakan mobil pabrikan Jepang, mobil wuling sebagai mobil China ini dibanderol dengan harga yang cukup miring dibandingkan dengan mobil Avanza. Harga barunya sekitar Rp 350 jutaan untuk tipe mobil SUV, sedangkan mobil Wuling dengan tipe Formo dibanderol mulai dari harga Rp140 jutaan. 

  1. Mobil China Geely

Sama halnya dengan mobil Chery, mobil China Geely juga cocok untuk menjadi mobil pilihan jika Otofriends lebih menyukai berkendara dengan mobil mini. Dijual di pasaran mulai dari harga Rp90 jutaan hingga Rp150 jutaan, tentu mobil Geely ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi OtoFriends. Sayangnya mobil Geely kini semakin menipis di pasaran, sehingga akan sangat sulit bagi OtoFriends untuk bisa memilikinya.

Baca juga: Mengenal Mobil Geely, Ada SUV, Crossover, Sedan dan City Car

Sudah mengetahui ulasan lengkap mengenai mobil China di Indonesia, mulai dari harga, kekurangan dan juga kelebihannya, kini apakah OtoFriends masih memiliki minat yang tinggi untuk dapat menggunakan mobil China dalam beraktivitas sehari-hari? Pada dasarnya setiap mobil dan pabrikan tentu memiliki kekurangannya masing-masing. Terkait desain dan fitur juga bergantung dari selera setiap pengendara. Tidak ada salahnya untuk memilih mobil China jika OtoFriends hanya memiliki budget mobil yang terbatas. OtoFriends hanya perlu melakukan servis rutin dan perawatan mobil dengan baik sehingga mobil China yang OtoFriends miliki tidak cepat rusak dan tergerus oleh umur. 

Melakukan servis rutin di bengkel rekanan Otoklix dapat menjadi pilihan yang tepat. Bengkel rekanan Otoklix memiliki tenaga ahli dan profesional yang tentu dapat memberikan perawatan dan perbaikan maksimal terhadap mobil China milik otoFriends. Hubungi kami lebih lanjut jika ada pertanyaan seputar layanan servis dan juga perawatan mobil. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Booking layanan servis dan perawatan mobil lebih mudah di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Mobil China di Indonesia

Ada beberapa merk mobil China di Indonesia, antara lain mobil DFSK, Wuling, Cherry, dan juga Geely. Setiap mobil memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Mobil China di Indonesia dibanderol dengan harga yang cukup murah dan pas dikantong. Mulai dari harga Rp90 jutaan hingga Rp 250 jutaan, OtoFriends sebagai konsumen dapat memiliki mobil dengan kualitas yang cukup mumpuni.

Mobil Wuling merupakan salah satu mobil pabrikan China yang hingga kini mendominasi pasar otomotif Indonesia. Mobil Wuling kerap kali disebut-sebut sebagai mobil keluarga buatan China yang menjadi pesaing dari mobil Avanza yang merupakan mobil keluarga pabrikan jepang.