Cara reset head unit mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara, dan cara tersebut terbilang mudah untuk OtoFriends lakukan. Berkendara akan terasa membosankan jika hanya menyetir saja. Oleh karena itu, produsen mobil memberikan sebuah head unit sebagai fitur hiburan di dalam mobil agar pengemudi maupun penumpang tidak merasa bosan.

Sebagian pemilik mobil mungkin sudah tidak asing, tetapi sebagian lain mungkin tahu barangnya tetapi tidak tahu namanya. Head unit mobil ini bagian dari mobil yang berada di depan, yang awalnya hanya bisa memutar radio, kini sudah banyak fitur yang disematkan. Bahkan, kini head unit mobil tersebut bisa terhubung ke perangkat lain, misalnya smartphone.

Sebagai sebuah perangkat, tentu head unit mobil juga berpotensi mengalami berbagai masalah. Biasanya cara memperbaikinya adalah dengan mereset head unit mobil tersebut. Lalu, bagaimana cara mereset head unit mobil dengan mudah? Berikut Otoklix berikan penjelasannya.

Jenis dan Apa Itu Head Unit Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, head unit mobil merupakan panel hiburan yang terdapat di dalam mobil terutama di bagian dasbor tengah. Pada awalnya, head unit hanya bisa digunakan untuk memutar radio maupun lagu menggunakan CD. 

Namun, seiring perkembangan waktu, kini head unit sudah bisa dihubungkan ke perangkat lain menggunakan kabel AUX, kabel USB, Bluetooth, smartphone, dan sebagai tempat disematkannya navigasi.

Tentu saja, head unit ini sangat berguna, terutama ketika OtoFriends harus dihadapkan dengan situasi seperti macet, jalanan sepi, atau bahkan sedang berkendara sendiri. Dengan adanya head unit, pengemudi dan penumpang menjadi tidak bosan dan mengantuk. Berbahaya bukan jika pengemudi mengantuk karena bosan di jalan? Untuk itulah adanya head unit mobil yang memiliki berbagai fungsi.

Baca juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

Dalam penggunaannya, head unit memiliki 2 jenis, single DIN dan double DIN. Lalu, bagaimana perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Single DIN

Jenis head unit mobil yang pertama adalah single DIN. DIN atau Deutsche Institut for Normung merupakan yang menjadi salah satu ukuran baku bagi perangkat head unit.

Single DIN sendiri merupakan jenis head unit dengan ukuran panel 180 mm x 50 mm. Dengan ukurannya yang kecil, membuat panel ini memiliki komponen yang terbatas.

Double DIN

Berbeda dengan single DIN, double DIN memiliki ukuran lebih besar, yaitu 180 mm x 100 mm, sehingga memuat komponen lebih banyak punya pada head unit. Karena ukurannya pula, double DIN memiliki fitur yang lengkap dan canggih sesuai perkembangannya.

Cara Reset Head Unit Mobil

Setelah mengetahui berbagai jenis dari head unit, OtoFriends perlu tahu juga bahwa head unit tersebut rentan mengalami masalah. Biasanya, masalah yang dihadapi pada head unit mobil adalah sering mati sendiri, Bluetooth tidak mau terkoneksi, sulit menyambungkan dengan smartphone, hingga tidak mau menyala.

Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah pada head unit, biasanya dilakukan dengan meresetnya. Ada berbagai cara reset head unit mobil yang bisa OtoFriends lakukan. Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Cara Tepat Service Dashboard Mobil yang Retak

Melepas Kabel

Cara pertama untuk mereset head unit mobil yang bermasalah adalah dengan melepas kabel. Langkah-langkahnya bisa OtoFriends ikuti seperti berikut.

  1. Pertama, persiapkan semua barang yang dibutuhkan, seperti obeng minus, obeng plus, hingga senter.
  2. Kemudian, bukalah bagian panel head unit secara perlahan menggunakan obeng tersebut.
  3. Setelah terbuka, lepaskan bagian kabel-kabel yang terhubung dengan panel.
  4. Selanjutnya, lepaskan pula baut yang terpasang pada head unit.
  5. Lepaskan kabel-kabel yang terhubung di dalam head unit tersebut.
  6. Setelah itu, tunggu hingga beberapa saat sebelum menghubungkan kabel-kabelnya kembali.
  7. Terakhir adalah menghubungkan kabel-kabelnya lagi dan menutup bagian head unit maupun panel head unit seperti semula.

Melepas Semua Switch HU

OtoFriends juga bisa melakukan cara reset head unit mobil kedua ini yang terbilang lebih mudah, sebab hanya melepas bagian switch dari dudukan pada head unit. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, siapkan barang-barang yang dibutuhkan, seperti obeng minus, obeng plus, dan senter.
  2. Kemudian, lepaskan terlebih dahulu head unit dari dudukannya.
  3. Setelah terlepas, angkat head unit mobil dan lepaskan semua switch-nya yang terpasang di bagian belakang.
  4. Selanjutnya, tunggu beberapa saat dan pasang kembali semua swicth yang dilepaskan.
  5. Terakhir, OtoFriends bisa coba untuk menyalakan head unit untuk mengetahui apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Selesai, mudah, bukan?

Reset Menggunakan Pin

Ada beberapa tipe head unit yang bisa menggunakan pin ejector untuk meresetnya. Jika mobil OtoFriends salah satunya, bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk meresetnya.

  1. Pertama, siapkan pin ejector yang biasa digunakan untuk mengeluarkan kartu SIM dari HP.
  2. Kemudian, nyalakan terlebih dahulu tape mobil untuk memulai peresetan.
  3. Selanjutnya, cari apakah ada lubang kecil di atas lubang jack output.
  4. Jika ada, OtoFriends bisa colokkan pin ejector ke dalam lubang kecil tersebut.
  5. Tekan dan tahan beberapa waktu sembari dilihat apakah layar head unit mobil sedang melakukan reset. Selesai, head unit mobil berhasil direset.

Cara-cara tersebut bisa dilakukan sendiri dengan mudah, tetapi jika OtoFriends merasa kesulitan atau bahkan ketiga cara di atas tidak berhasil, OtoFriends bisa membawa mobil ke bengkel resmi dan tepercaya dari Otoklix untuk ditangani.

Baca juga: Biaya Service Interior Mobil dan Cara Merawat secara Rutin

Kapan Harus Melakukan Reset Head Unit Mobil

Mereset head unit mobil merupakan langkah awal memperbaiki head unit yang mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan pada head unit mobil di antaranya layar sentuh susah digunakan, CD tidak terbaca, USB tidak terbaca, dll.

Oleh karena itu, jika OtoFriends sudah mendapati beberapa permasalahan tersebut, OtoFriends bisa mencoba langkah awal penanganan dengan mereset head unit mobil mengikuti cara-cara yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

Namun, jika ternyata masalahnya lebih berat, OtoFriends membutuhkan tenaga profesional di bengkel untuk memperbaikinya.

Baca juga: Head Unit Ternyata Bisa Diganti Sendiri, Begini Caranya!

Harga Head Unit Mobil

Setelah mengetahui cara reset head unit pada mobil, tidak ada salahnya untuk OtoFriends mengetahui berapa harga head unit mobil kalau-kalau diharuskan melakukan penggantian.

Tentu saja, harga head unit ini bervariasi tergantung jenis, merek, kualitas, dan pihak yang menjual. Biasanya harganya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Salah satunya adalah merek terkenal, yaitu Alpine, yang memasang harga head unit untuk single DIN mulai dari Rp2,5 Jutaan. Sementara itu, untuk head unit double DIN dijual dengan harga mulai dari Rp4 Jutaan.

Baca juga: Service Head Unit Mobil Bisa Habis Berapa?

Itulah penjelasan mengenai cara reset head unit yang ternyata bisa OtoFriends lakukan sendiri dengan melepas kabel, melepas switch, atau menggunakan pin ejector. Semua tergantung dari jenis head unit yang dimiliki mobil.

OtoFriends juga bisa simak berbagai informasi menarik seputar otomotif lainnya, mulai dari harga, spesifikasi, tips, dll. hanya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Cara Reset Head Unit Mobil

Head unit mobil merupakan panel hiburan yang terdapat di dalam mobil terutama di bagian dasbor tengah.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti melepas kabel, melepas semua switch head unit, atau menggunakan pin ejector.

Layar sentuh susah digunakan, CD tidak terbaca, USB tidak terbaca, dll.