Memiliki mesin cuci mobil portable merupakan suatu kebahagiaan bagi para pemilik kendaraan. Sebab kita bebas mencuci mobil sepuasnya dimanapun dan kapanpun. Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Kita dituntut untuk bisa melakukan berbagai hal sendiri di rumah, satu diantaranya adalah mencuci mobil.

Untuk itu memiliki mesin cuci mobil portable adalah pilihan terbaik. Sebab kita bisa membersihkan mobil pribadi tanpa tersentuh oleh orang lain. Selain itu, mesin cuci steam portable juga akan mempersingkat waktu mencuci kendaraan. Oleh karenanya kalian harus memperhatikan beberapa tips berikut sebelum membeli mesin cuci portable.

Perhatikan Daya Listrik Mesin Cuci Mobil yang akan Dibeli

Banyak mesin cuci mobil portable yang dijual di berbagai e commerce. Akan tetapi umumnya terbagi dalam dua jenis, yakni menggunakan baterai dan memanfaatkan arus listrik sebagai sumber tenaganya.

Untuk mesin cuci steam portable yang menggunakan listrik, pastikan penggunaan daya listriknya tidak lebih besar dari daya listrik di rumah. Mesin cuci mobil sendiri memiliki beragam daya.

Kalian bisa menemukan mesin cuci mobil yang memiliki daya mulai dar dari 60 hingga 900 Watt.Sebagai contoh, jika daya rumah kamu hanya 900 Watt, maka kamu masih bisa membeli dan menggunakan mesin cuci steam portable yang memiliki daya 400 hingga 550 watt.

Nah Otoklix ingin memberi sedikit saran untuk menghemat pengeluaran listrik saat mengoperasikan mesin cuci mobil. Sebisa mungkin kalian tidak boleh mengoperasikan alat elektronik lain seperti TV, dispenser, rice cooker, serta heater.

Baca Juga: Harga Mesin Cuci Mobil Watt Kecil, Wajib Tahu!

Perhatikan Tekanan Air

Kemudian tips yang kedua adalah memperhatikan tekanan air. Biasanya, daya yang dibutuhkan oleh mesin cuci steam untuk bekerja akan menentukan tekanannya. 

Tekanan tersebut dihitung dalam satuan Psi. Memang, mesin cuci steam portable dengan tekanan yang besar bagus dan mumpuni untuk merontokkan kotoran seperti lumpur yang menempel pada kendaraan. 

Namun, hal tersebut berbahaya buat bodi kendaraan. Maka dari itu, selain tekanan, kamu juga perlu memperhatikan rasio pencampuran udara dengan air. Untuk mesin steam portable yang bagus adalah 70:30, 70 untuk udara, dan 30 untuk air. Jadi, meski memiliki daya semprot yang kencang, tapi tidak akan membuat baret bodi motor kamu.

Perhatikan Cara Merawatnya

Memiliki mesin cuci steam portable sangatlah menguntungkan. Kalian tidak perlu repot saat harus mencuci aneka debu dan kotoran yang menempel di kendaraan.

Namun yang perlu kamu ingat adalah pilihlah mesin cuci yang gampang digunakan serta mudah dalam hal perawatannya. Hal tersebut akan memudahkan kalian dalam perawatan sehingga mesin cuci steam portable punya umur yang lebih lama.

Fitur yang Ditawarkan

Selain itu jika ingin memberi mesin cuci mobil portable adalah dengan memastikan mesin tersebut memiliki beberapa fitur canggih yang ditawarkan. 

Salah satunya adalah fitur yang akan menghentikan mesin secara otomatis apabila switch pada pistol tidak ditekan, seperti yang dimiliki oleh Lakoni Daytona 100. Fitur ini sangat berguna untuk menghemat biaya pengeluaran listrik.

Selain itu, pastikan juga alat cuci steam portable memiliki fitur yang mampu mencegah overheat saat digunakan. Biasanya, beberapa mesin cuci steam portable kekinian sudah dilengkapi dengan fitur auto cut off saat mesin mati dan menghindari kerusakan mesin saat kepanasan.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Mesin Cuci Mobil untuk yang Hobi Cuci Sendiri

Kemudahan Mendapatkan Spare Part

Sama seperti alat elektronik lainnya, mesin cuci mesin cuci mobil portable juga bisa rusak. Maka dari itu pilihlah mesin cuci steam portable yang mereknya sudah cukup dikenal.

Dengan membeli merek ternama, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan spare partnya di pasaran. Termasuk adanya jaminan garansi resmi yang semakin membuat kamu tenang bila ada kerusakan.

OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.