Ternyata berkendara menjadi pilihan bagi sebagian orang saat merasa penat, bosan atau butuh meluapkan emosi. Mungkin juga kamu pernah mengalaminya atau bahkan menjadikan menyetir mobil menjadi cara jitu meluapkan emosi.

Ada hal-hal yang bisa kamu lakukan agar berkendara menjadi semakin menyenangkan. Ini dia hal-hal yang bikin happy saat menyetir mobil.

Tips Berkendara Menyenangkan

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di dalam mobil maupun sebagai aktivitas yang menyenangkan.

1. Meluapkan emosi dengan berteriak

Tidak semua orang memiliki ruang privasi untuk merenung dan meluapkan emosi. Tetapi mobil bisa menjadi salah satu pilihan tempat paling privasi. Berteriak-teriak di kamar kos atau di rumah tentu akan membuat penghuni lain terganggu.

Maka dari itu, saat kamu stres berat, mobil bisa menjadi salah satu tempat meluapkan emosi. Emosi yang dipendam itu nggak baik, lho.

2. Menyalakan AC

Berkendara di negara beriklim tropis, apalagi di area Jabodetabek, memang membutuhkan suhu dingin di dalam kabin mobil agar tidak semakin penat dan pusing. Maka dari itu jangan lupa nyalakan AC mobil ya.

3. Mendengarkan lagu

Sama seperti berteriak di dalam mobil,, mendengarkan lagu sambil menyetir mobil juga dapat mengalihkan pikiran dari negative thinking. Apalagi jika sambil bernyanyi. Pasti akan semakin seru.

Persiapan Berkendara Jarak Jauh

Selain melakukan hal-hal di atas, menyetir mobil akan lebih menyenangkan apabila kamu sudah mempersiapkan hal-hal berikut sebelum berkendara.

1. Mempersiapkan barang bawaan

Menyetir mobil akan menjadi semakin menyenangkan apabila kamu sebelumnya sudah mempersiapkan barang bawaan. Apalagi ketika akan bepergian jauh. Pastikan di dalam mobil sudah ada barang wajib yang dibawa seperti P3K atau konsumsi ringan.

Tempatkan barang bawaan secara aman. Kalau perlu gunakan organizer agar ketika tiba-tiba kamu harus mengerem mendadak, barang bawaan tidak terjatuh di dalam mobil.

2. Mengetahui kondisi jalan

Berkendara akan terasa nyaman dan menyenangkan ketika kamu sudah merencanakan akan melalui jalan dengan medan yang seperti apa. Contohnya, berapa lama perjalanan akan ditempuh, kondisi dan kualitas jalan, titik berhenti untuk istirahat, dan lainnya. Kamu juga bisa menyiapkan alternatif jalan ketika jalan utama tidak sesuai ekspektasi.

3. Mengemudi dengan tertib

Selain mematuhi aturan negara, mengemudi dengan tertib tentu saja dapat menjadi cara menghindarkan diri dari bahaya. Bayangkan saja jika kamu menerobos lampu lalu lintas saat berwarna merah, hal itu mungkin bisa menyebabkan kecelakaan dengan kendaraan lain.

4. Persiapkan dokumen

Dokumen seperti SIM dan STNK harus dipersiapkan sebelum menyetir mobil dan melakukan perjalanan. Kan tidak lucu kalau tiba-tiba kena tilang. Kamu juga bisa menyiapkan BPKB maupun dokumen asuransi. 

5. Berpikir positif

Emosi kamu sebagai pengemudi mobil juga berpengaruh terhadap keselamatan. Jangan memaksa berkendara dengan perasaan kalut dan tidak bisa dikendalikan. Maka dari itu kamu perlu berpikiran positif dan istirahat yang cukup sebelum mengemudi.

Tubuh yang fit akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Berkendara dalam keadaan mengantuk juga akan membahayakan bagi diri sendiri dan pengendara lain. Saat lelah atau mengantuk ketika perjalanan jauh, kamu bisa istirahat sejenak di rest area untuk sekadar ngopi atau mencuci muka.

6. Memeriksa kondisi kendaraan

Cara terakhir agar nyaman saat menyetir mobil adalah dengan memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian. Tidak hanya kebutuhanmu sebagai pengemudi yang terpenuhi, kebutuhan mobil pun harus dipenuhi agar komponennya bekerja maksimal.

Beberapa komponen mobil yang perlu dicek sebelum mengemudi adalah kondisi oli, air radiator, kipas pendingin, lampu, rem, aki mobil, dan kondisi ban. Ban membutuhkan perhatian khusus karena bersentuhan langsung dengan jalan. Jangan sampai ban mobil sudah aus, tidak seimbang, atau kurang tekanan saat berkendara.

Segera datangi bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan kendaraan. Apalagi jika kamu akan bepergian jauh. Hal ini berguna untuk memperkecil risiko terjadinya kecelakaan di perjalanan.

7. Menyiapkan carseat untuk anak atau balita

Beberapa balita tidak betah duduk berlama-lama di dalam mobil. Maka dari itu butuh kursi khusus untuk balita. Selain lebih aman bagi balita, menggunakan carseat juga mempermudah orang dewasa agar tidak kesulitan memangku anak atau balita.

Pastikan juga menyiapkan mainan atau mengajak bermain anak-anak di dalam mobil agar tidak bosan.

Barang Bawaan yang Harus Tersedia di Dalam Mobil

Berikut ini adalah beberapa barang terkait otomotif yang perlu selalu tersedia di dalam mobil. Tujuannya agar kamu tidak sulit mencari peralatan untuk melakukan perbaikan saat kondisi darurat, misalnya mogok di tengah jalan.

  • Oli dan air radiator

Kamu perlu menyiapkan cadangan beberapa botol oli dan air radiator di dalam mobil. Dengan demikian kamu bisa tenang saat kehabisan cairan di tengah jalan.

  • Ban cadangan

Ban cadangan adalah salah satu barang wajib yang harus selalu ada di mobil. Kita tidak tahu kapan ban akan bocor atau membentur sesuatu sehingga bocor atau penyok.

  • Toolkit dasar

Beberapa peralatan dasar seperti obeng, dongkrak, tang, dan selotip hitam wajib selalu ada di dalam mobil. Kamu bisa menggunakan toolbox agar peralatan tidak tercecer.

Itu tadi tips lengkap tentang hal-hal yang bikin happy saat menyetir mobil. Lakukan pengecekan mobil sebelum berkendara di bengkel terdekat ya.

Temukan bengkel terdekat di lokasimu melalui aplikasi Otoklix. Otoklix menyediakan perawatan lengkap, mulai dari oli, ban, tune up, aki, AC, bahkan sampai detailing.