Masalah baret kasar pada kaca mobil sudah menjadi masalah yang sangat umum. Namun, kaca mobil yang sudah baret atau lecet dapat mengganggu pandangan pengemudi saat berkendara. Maka dari itu, sangat penting untuk tahu cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil. 

Nah, penjelasan di bawah ini akan mengulas lengkap tentang cara mengatasi baret kasar pada mobil. Selain itu, juga memberikan tips merawat kaca mobil agar masalah ini tidak terulang kembali.

Cara Menghilangkan Baret Kasar pada Kaca Mobil

Dengan permukaan kaca mobil yang masih mulus, mobil tampak lebih cantik dan enak dipandang. Paling penting, bisa menjamin keselamatan pengendara beserta penumpangnya. Namun, saat didapati adanya baret kasar, kamu harus segera mengatasinya dengan cepat. Begini cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi dengan kandungan pemutih seperti hidrogen peroksida dan karbamid peroxide sangatlah berperan penting untuk menghilangkan baret kasar pada mobil. 

Kamu bisa ambil pasta giginya sedikit saja menggunakan kuas atau kain bersih. Oleskan ke bagian kaca yang baret dan diamkan agak lama, kira-kira sampai pastanya mengering. Kemudian, kamu baru bisa membilasnya dengan air bersih. 

Menggunakan Amonia

Cara pemakaiannya yaitu amonia dan air dicampurkan sampai rata. Setelah itu, gunakan kain bersih untuk membersihkan kaca mobil yang baret kasar. Sebaiknya, lakukan pelan-pelan tapi sesekali harus ditekan agar baret cepat hilang. Terakhir, diamkan beberapa saat dan barulah dibersihkan dengan air. 

Menggunakan Cerium Oxide

Cerium Oxide adalah bahan poles kaca yang bisa memberikan kejernihan pada warna kaca mobil. Sebenarnya, ini adalah bahan kimia yang memiliki bentuk serbuk dengan warna kekuningan. 

Pertama, bersihkan dulu bagian kaca yang baret. Basahi permukaan kaca lalu amplas pelan-pelan. Aplikasi campuran cerium oxide dengn air ke kaca menggunakan kain halus atau kuas. 

Oleskan secara perlahan dan tekan sesekali supaya cairan meresap sempurna. Setelah itu, bersihkan kaca dengan kain bersih yang halus untuk menghindari terjadinya baret kembali. 

Menggunakan Kompon

Apakah kamu tahu kompon mobil? Nah, ini adalah bahan kimia yang berbentuk krim dan dapat mengikis permukaan benda. Tak jauh berbeda dari sebelumnya, oleskan kompon menggunakan spons ke semua permukaan kaca yang baret sampai tertutup sempurna.

Lalu, gosok secara perlahan dan jangan terlalu kuat untuk menghindari baret yang terlalu melebar. Direkomendasikan untuk menggosoknya dengan lap microfiber agar bentuk kaca yang baret cepat hilang. 

Menggunakan Pengkilap Logam

Apabila baret pada mobil terjadi akibat bergesekan dengan wiper, maka menggunakan pengkilap logam adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan kaca yang baret. Awali dulu dengan membersihkan kaca yang mungkin sedikit berdebu.

Ambil bahan pengkilap logam dengan kain bersih sedikit saja dan peras supaya kandungan airnya tidak terlalu banyak. Tempelkan lalu usapkan dengan gerakan melingkar sekitar 30 detik. Jika sudah, bersihkan kaca dengan air bersih menggunakan kain baru. 

Tips Merawat Kaca Mobil

Perawatan kaca mobil seringkali menjadi hal yang dilewatkan. Padahal, sudah seharusnya kaca mobil selalu dirawat agar tetap kinclong dan bersih. Untuk itu, berikut kami bagikan tips merawat kaca mobil yang benar agar tidak terjadi baret lagi pada kaca mobil kamu . 

  1. Membersihkan Kaca Mobil dengan Rutin

Jika ingin kaca mobil tetap kinclong setiap hari, cara satu-satunya memang dengan membersihkan kaca mobil secara berkala. Ini karena kaca mobil termasuk bagian yang sangat rentan kotor, entah itu akibat cipratan air, pasir, debu, maupun kotoran. 

Debu atau kotoran yang tidak dibersihkan dan dibiarkan terlalu lama, akan membuat nodanya sulit dibersihkan. Hingga akhirnya, kamu harus memutuskan untuk mengikis noda tersebut dengan benda tajam. 

Alhasil, timbullah baret pada kaca mobil yang bisa memperburuk tampilannya. Terlebih, bisa menyebabkan kecelakaan karena terganggunya pandangan pengemudi ke depan. Untuk membersihkannya secara rutin, cukup dengan air bersih saja atau bisa menggunakan cairan khusus pembersih kaca. 

  1. Memasang Kaca Film

Rata-rata pemilik mobil biasanya menggunakan kaca mobil untuk merawat sekaligus mencegah supaya kaca mobil tidak langsung tergores oleh baret. Kamu juga perlu menghindari goresan apapun terhadap kaca mobil. Sehingga, tidak perlu terlalu sering untuk mengganti kaca filmnya. 

  1. Menggunakan Lap yang Lembut Saat Membersihkan Kaca

Lembut atau tidaknya bahan kain lap yang digunakan ternyata juga berpengaruh loh terhadap kaca mobil. Kain lap yang kasar tentu akan menyebabkan goresan halus pada kaca mobil akibat serat-serat kain yang kasar. 

Untuk itu, sebaiknya kamu membeli lap kain khusus untuk membersihkan kaca mobil. Sehingga, risiko seperti ini bisa segera dihindari. Selama mencuci mobil, sebaiknya kamu juga membedakan kain lap untuk mencuci kaca dan membilas kaca. 

  1. Mengecek Kondisi Karet Wiper Secara Rutin

Siapa sangka, karet wiper yang biasanya sangat bermanfaat saat turunnya hijau untuk memperjelas pandangan, justru bisa menjadi penyebab timbulnya baret loh. Memang, kasus ini tak sedikit dijumpai oleh pemilik mobil.

Hal ini dikarenakan karet wiper sendiri terbuat dari bahan baku karet sehingga usia pakainya tidak seumur hidup. Karena pemakaian terlalu lama ataupun sering terpapar sinar matahari, karet wiper akan menjadi keras. 

Tentu saja, ini sangat berbahaya dan terlebih berpotensi membuat kaca mobil menjadi baret. Apabila karet wipernya memang sudah terlihat sangat jelek, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. 

Itulah informasi lengkap bagaimana cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil. Melakukan perawatan mobil sangat penting untuk menghindari biaya perbaikan dan perawatan yang terlalu mahal di kemudian hari. 

Mungkin, bagi pemilik mobil seringkali terkendala oleh sibuknya pekerjaan sehingga tak punya banyak waktu untuk melakukan perawatan. Namun, hadirnya https://otoklix.com/ sebagai bengkel mobil berkualitas dan resmi bisa membantu kamu untuk service hingga menghilangkan baret. Untuk itu, pastikan bahwa mobil kamu segera mendapatkannya dari https://otoklix.com/