Apakah OtoFriends pernah mengalami kipas radiator mobil nyala terus ketika mesin dalam kondisi mati? Hal ini menunjukkan ada yang rusak pada sistem pendinginan mobil. Seperti diketahui, fungsi kipas radiator mobil adalah menjaga air pendingin dalam mesin tetap dalam batas normal. Selain itu, kipas radiator mobil juga dapat mendinginkan suhu kondensor AC. Berikut beberapa penyebab kipas radiator mobil nyala terus. Simak selengkapnya!

Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

1. Water Temperature Sensor (WTS) rusak

Water Temperature Sensor (WTS) juga biasa disebut ECT (Engine Coolant Temperature Sensor). Fungsi dari WTS adalah mengatur suhu mesin serta mencegah terjadinya overheat. WTS bisa rusak apabila ada korsleting. Apabila hal itu terjadi, nilai tahanan WTS tetap 0, sementara arus listrik akan terus mengalir ke ECU. Selanjutnya, ECU menerima sinyal tersebut sebagai tanda suhu air pendingin berubah jadi panas.

2. Fan control unit rusak

Fan Control Unit merupakan microcontroller yang fungsinya mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai kebutuhan mesin. Fan control unit ini biasanya ada pada tipe mobil lama. Apabila mobil OtoFriends masih menggunakan teknologi ini, lakukan pemeriksaan mesin. Apabila bagian microcontroller rusak, dapat dipastikan penyebabnya kipas radiator nyala terus.

3. Refrigerant Pressure Sensor rusak

Putaran kipas radiator akan mengikuti kondisi pendingin mesin saat AC tidak menyala dalam kondisi normal. Akan tetapi, apabila refrigerant pressure sensore rusak, ECU dapat memerintahkan kipas angin nyala terus.

Baca juga: Kapan Kipas Radiator Mobil Berputar? Ini Penjelasannya

4. Relay fan radiator rusak

Relay fan radiator adalah saklar elektrik yang bekerja secara elektromagnetik. Saklar tersebut bekerja sesuai arus input di bagian kumparan. Rusaknya komponen tersebut akan menyebabkan kipas radiator mobil nyala terus ketika mesin mati. Hal itulah yang menyebabkan kipas radiator mobil nyala terus ketika AC dinyalakan.

5. Air radiator kurang

Apabila air radiator mobil kurang hingga mencapai sisa 1/3 bagian radiator, mesin akan mengalami panas berlebihan di bagian silinder head. Hal itu akan memicu sensor suhu untuk menyalakan kipas radiator. 

Kipas radiator tersebut akan menyala terus apabila cairan pada radiator kurang. Hal itu disebabkan suhu mesin semakin tinggi dan panas, sementara kipas radiator tidak bisa mendinginkan dengan maksimal.

6. RPM rendah

RPM merupakan unit untuk frekuensi yang menunjukkan kecepatan mesin sebuah mobil. Setiap mobil memiliki angka standar RPM mobil. Saat mesin berputar dalam durasi lama, RPM menjadi rendah sehingga kipas radiator mobil nyala terus ketika mesin mati.

Akibatnya, suhu mesin naik sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 95 derajat celcius. Tidak hanya itu, kabel yang rusak atau terlepas dari sensor suhu cairan pendingin juga menyebabkan kipas radiator mobil nyala terus.

Apabila mobil OtoFriends kipas radiator mobil nyala terus, ini tandanya mobil OtoFriends harus segera dirawat. OtoFriends bisa memeriksa kondisi mesin di bengkel terdekat. Jangan lupa gunakan aplikasi Otoklix untuk booking online agar terhindar dari antrian panjang.

Baca juga: Cara Kerja Kipas Radiator Avanza dan Cara Memperbaikinya

Dampak Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

1. Aki akan soak

Aki mobil akan cepat habis saat kipas radiator menyala terus-menerus saat mesin mati. Akibatnya, sistem kelistrikan mobil akan bermasalah. Bahkan, hal itu juga bisa menimbulkan masalah lain, misalnya mesin mobil mogok.

2. Perjalanan terasa tidak nyaman

Saat kipas radiator mobil nyala terus, tentu hal itu akan membuat perjalanan terganggu. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan secara teratur pada kondisi mesin apabila terdapat tanda-tanda kerusakan pada kipas radiator ataupun gangguan mesin lainnya.

3. Mesin cepat rusak

Selain aki lebih boros, kipas radiator mobil nyala terus juga menyebabkan mesin boros dan cepat rusak. Mesin yang boros mengakibatkan tarikan bahan bakar lebih boros, dan tarikan mesin juga semakin kasar.

Baca juga: Cara Service Radiator Mobil Sendiri & Tips Merawatnya

Tips Mengatasi Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

1. Periksa modul kontrol radiator

Segera lakukan penggantian jika mobil kontrol radiator rusak. Jika setelah diganti tidak ada tanda-tanda kipas radiator menyala terus, artinya aman.

 2. Lepaskan sensor suhu

Waspadai apabila kipas radiator berhenti bekerja setelah sensor kipas radiator mobil dilepas. Itu menandakan ada masalah pada sensor.

3. Perhatikan relay kipas pendingin

Relay kipas pendingin biasanya bekerja dengan daya langsung. Kipas akan terus bekerja apabila relay kipas pendingin tertutup atau macet. Solusinya, segera ganti relay kipas pendingin.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Salah satu penyebab kipas radiator mobil nyala terus adalah terjadinya kerusakan pada Water Temperature Sensor (WTS) atau ECT (Engine Coolant Temperature Sensor). Rusaknya WTS biasanya disebabkan oleh short circuit atau korsleting. Penyebab lain kipas radiator mobil nyala terus adalah fan control unit rusak, refrigerant pressure sensore rusak, relay fan radiator rusak, air radiator kurang, dan RPM rendah.

Kipas radiator yang menyala terus-menerus disebabkan oleh rusaknya refrigerant pressure sensor. Kerusakan tersebut menyebabkan kipas nyala terus ketika AC dinyalakan. Dalam kondisi normal, saat AC tidak dinyalakan, putaran kipas akan normal mengikuti pendingin mesin.

Kipas radiator mobil tidak bekerja setiap waktu. Komponen tersebut baru akan bekerja saat AC dinyalakan dan ketika suhu mobil terdeteksi sangat tinggi atau panas.