Modifikasi kendaraan kerap tak hanya di bagian mesin atau eksterior namun juga di sektor entertainment atau hiburan. Head unit menjadi salah satu yang menjadi target modifikasi. Head unit bisa diganti dengan berbagai macam model dan fitur. Mengganti head unit mobil selain di bengkel bisa juga diganti sendiri. 

Apa itu head unit mobil?

Head unit atau tape mobil merupakan sarana hiburan dalam kendaraan. Head unit menjadi inti dari sound system mobil. Letaknya biasanya di tengah dashboard. Head unit adalah paket elektronik terintegrasi dari semua fitur yang terdapat di dalamnya. 

Jenis-jenis head unit mobil.

Head unit terdiri dari dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya yaitu single DIN dan double DIN. Masing-masing jenis head unit memiliki fungsi yang berbeda. 

DIN sendiri merupakan standar ukuran head unit yang dikeluarkan oleh organisasi nasional di Jerman dan semua pabrikan mobil harus mengikuti standar ukuran ini. Single DIN biasanya digunakan untuk jenis mobil lawas, sedangkan jenis double DIN digunakan untuk mobil-mobil keluaran terbaru. 

Head unit juga memiliki berbagai macam jenis kelas seperti Low-end, Hi-end dan Mid-end. Semakin tinggi kelasnya maka semakin lengkap fitur yang ditawarkan. Tidak hanya itu, masing-masing jenis tersebut juga memiliki cara pemasangan yang berbeda. 

Baca juga: 15 Daftar Merek Tape Mobil yang Murah dan Berkualitas

Cara pasang head unit mobil.

Modifikasi kendaran dengan meningkatkan audio tentu melibatkan penggantian head unit. Selain meningkatkan performa audio, penggantian head unit juga biasa dilakukan untuk sekadar menambah fitur entertainment dalam mobil. Modifikator yang melakukan penggantian head unit bersamaan dengan komponen speaker dan elektronik lain biasanya dilakukan di bengkel. Namun, jika hanya penggantian head unitnya saja, maka bisa dikerjakan sendiri. Ini cara memasang head unit mobil. 

Siapkan peralatan

Hal pertama yang harus dipersiapkan tentunya peralatan. Dalam melakukan pergantian head unit diperlukan pry tool atau alat yang berguna untuk membuka dashboard mobil yang berbahan plastik. Penggunaan perangkat ini bisa mencegah dashboard mengalami kerusakan saat dibuka. Tidak hanya itu, tool ini juga bisa mempermudah proses membuka dashboard mobil. Selanjutnya, siapkan obeng plus dan minus untuk digunakan membuka baut dan sekrup. Jangan lupa menyiapkan alat-alat penyambung kabel karena mengganti head unit akan sangat berhubungan dengan sektor kelistrikan dalam mobil. Alat penyambung kabel antara lain adalah crimping tool, cutter, kabel, tang potong, isolasi listrik atau shrink tube, soket dan skun dan alat lainnya sesuai dengan kebutuhan. Terakhir, sedia multimeter untuk mengukur dan mengecek jalur kelistrikan pada mobil untuk keperluan head unit. Jadi sebelum mulai membuka dan memasang tape mobil sendiri, pastikan kamu mengetahui sistem perkabelan utama terlebih dahulu.

Periksa jalur kelistrikan

Nah,setelah peralatan disiapkan, maka langkah berikutnya adalah memeriksa jalur kelistrikan. Terdapat 3 jalur kelistrikan utama yang perlu diperhatikan yaitu jalur listrik +12V langsung dari aki, jalur listrik +12V dari kunci kontak, dan jalur ground atau negatif. Jalur kelistrikan juga harus diperiksa di peralatan head unit baru, agar nanti saat memasang tidak ada kesalahan. 

Buka dashboard

Jika sudah memeriksa jalur kelistrikan maka perlahan buka dashboard menggunakan tool yang sudah disiapkan. Jangan lupa lakukan pembukaan dashboard dengan hati-hati agar tidak merusak dashboard tersebut. Pastikan semua baut dan sekrup sudah terbuka.

Lepas head unit lama

Lakukan pelepasan head unit lama dengan cara memisahkan head unit dengan ‘rumah’-nya yang ada di dashboard. 

Tes dulu head unit baru

Setelah semua jalur listrik terpasang dengan baik, kalian dapat mengetes head unit baru ini dengan menyalakannya. Tes semua fungsi-fungsi dan pastikan semua speaker berfungsi dengan baik.

Pasang frame head unit

Setelah memastikan semua komponen terpasang dan head unit berfungsi dengan baik, maka kamu bisa memasang kembali frame head unit yang baru. Selanjutnya kamu bisa menggunakan tape mobil dan menikmati semua fitur yang ditawarkan.

Memasang head unit langsung ke AKI

Untuk cara pasang tape mobil langsung ke aki, harus dipastikan jalur listrik +12V langsung dari aki. Jalur ini biasanya ditandai dengan warna kuning dan digunakan head unit untuk menyimpan memory setting seperti jam dan channel radio. Aki biasanya terintegrasi dengan pengaturan head unit sehingga sebelum melakukan pemasangan periksa dulu jalur kelistrikannya.

Baca juga: Aki mobil berapa ampere? Begini Cara Mengukurnya yang Benar!

Memasang head unit dengan adaptor

Adaptor merupakan salah satu perangkat kelistrikan yang sangat umum ditemukan di berbagai peralatan elektronik, salah satunya seperti laptop. Adaptor mampu mengubah tegangan dari AC ke DC sehingga perangkat bisa dinyalakan. Ternyata perangkat ini juga bisa digunakan untuk cara pasang head unit maupun jenis mobil lainnya. Sebelum memasang tape mobil dengan adaptor, terlebih dahulu perlu membuat tegangan listrik dari perangkat adaptor tersebut. Cara memasang head unit mobil menggunakan adaptor ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pasang tape mobil truk langsung ke aki. Hanya saja cara ini menawarkan lebih banyak keuntungan jika dibandingkan dengan menggunakan aki.

Nah, kesalahan dalam memasang head unit sering terjadi. Apalagi kesalahan dalam penyambungan kabel. Bila head unit tidak berfungsi sebaiknya bawalah ke bengkel elektronik terdekat untuk memeriksa jaringan listriknya. OtoFriends yang ingin memeriksakan kendaraan bisa melakukan booking service melalui OtoKlix

Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.