Berkendara di tengah kemacetan atau menempuh jarak yang cukup jauh pasti melelahkan dan membosankan. Apalagi jika tidak ada teman mengobrol. Maka, komponen hiburan di mobil menjadi hal yang penting bagi pengendara. Salah satunya audio mobil.

Namun, sayangnya terkadang head unit atau tape mobil mengalami kerusakan sehingga perlu service ke bengkel audio mobil. Sebelum membawanya ke bengkel audio mobil, kita coba cari tahu dulu yuk penyebab tape mobil rusak.

Penyebab Tape Mobil Rusak

1. Kesalahan instalasi

Salah satu penyebab tape mobil tidak bersuara adalah kesalahan instalasi. Namun, jika ternyata sudah dipasang lama dan tiba-tiba tape mobil rusak bisa jadi karena ada komponen audio yang penempatannya tidak tepat.

Kamu harus hati-hati jika ada indikasi korsleting karena bisa merambat hingga ke bagian lampu indikator sehingga keamanan kamu ketika berkendara bisa terganggu. 

2. Spesifikasi komponen audio tidak tepat

Sebagai penyuka media hiburan, pasti kamu sangat tergoda dengan segala jenis komponen audio. Kamu ingin audio mobil kamu sempurna sehingga perjalanan menjadi lebih asyik. Tetapi ternyata pemilihan audio harus disesuaikan dengan kapasitas daya listrik mobil kamu, lho.

Jika menggunakan komponen audio yang tidak tepat, maka bisa merusak komponen lainnya. Jadi, sebelum memasang komponen audio, sebaiknya kamu berkonsultasi di bengkel audio mobil. 

3. Sistem kelistrikan mobil bermasalah

Komponen audio mobil sangat berkaitan dengan kelistrikan. Kelistrikan mobil bersumber dari aki mobil. Jika kondisi aki mobil kamu rusak atau aus, maka bisa terjadi ketidakstabilan arus listrik. Hal ini yang menyebabkan kerusakan pada komponen audio kamu.

4. Debu masuk ke sistem audio

Salah satu manfaat jika kita rajin membersihkan mobil secara keseluruhan adalah meminimalisasi masuknya debu ke sistem audio. Apalagi jika sistem audio kamu memiliki penutup yang rapat. Jika debu sudah masuk maka akan susah keluar tanpa usaha pembersihan.

5. Memasang dan mematikan audio dengan paksa

Hal terakhir yang bisa menjadikan audio mobil kamu tiba-tiba mati adalah mematikan audio dengan paksa. Ini menjadi kebiasaan buruk ketika mematikan mesin mobil saat audio masih menyala. Maka, ketika mobil kembali dinyalakan audio akan langsung menyala. Hal ini membutuhkan arus listrik yang besar.

Arus listrik yang besar dan tiba-tiba ini membuat komponen menghentak secara tiba-tiba. Tidak menutup kemungkinan akan ada komponen yang berisiko jebol atau hangus.

Kapan Harus ke Bengkel Audio Mobil?

Jika kamu benar-benar membutuhkan sistem audio pada mobil kamu, sebaiknya kamu melakukan perawatan rutin di bengkel audio mobil. Jangka waktunya bisa tiga bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk mendeteksi dini kerusakan audio mobil.

Bengkel audio mobil bisa menjadi alternatif jika kamu tidak bisa atau segan untuk memperbaiki audio mobil sendiri. Service audio mobil ini memang butuh kehati-hatian karena berurusan dengan kelistrikan mobil. Jika salah dalam penanganan, bisa-bisa terjadi korsleting.

Untuk melakukan service di bengkel audio mobil resmi, kamu bisa menyiapkan bujet sekitar Rp 300 ribuan untuk biaya jasanya. Harga ini belum termasuk suku cadang atau aksesoris lainnya.

Service audio mobil jika terjadi kerusakan pada optik saja dan head unit yang dipakai di mobilmu adalah merek asal China, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 250 ribu. Sedangkan jika menggunakan merek Jepang seperti Pioneer, biaya servicenya bisa mencapai Rp 800 ribu.

Bagian USB juga kerap rusak. Biaya service USB mobil sekitar Rp 250 ribuan. Berbeda lagi jika bagian IC (Integrated Circuit) yang rusak, maka biayanya bisa mencapai Rp 700 ribuan. IC umumnya digunakan sebagai penguat dan pengolah sinyal suara dari DVD atau USB.

Innovation Car Audio

Salah satu bengkel audio mobil yang direkomendasikan adalah Innovation Car Audio. Innovation Car Audio berdiri sejak September 2000. Dengan berjalannya waktu Innovation Car Audio terus berinovasi, melakukan perbaikan di semua sisi, mulai dari instalasi, setting, marketing hingga final tuning hingga pernah meraih juara satu di kontes car audio “Sound Quality” pada tahun 2005.

Sejak saat itu Innovation Car Audio semakin dikenal di kalangan car audio mania dan menjadi workshop/toko audio mobil yang direkomendasikan di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya.

Sejak tahun 2011, Innovation Car Audio telah menggandeng vendor-vendor profesional. Peralatan yang digunakan oleh Innovation Car Audio juga lengkap. Innovation Car Audio memiliki alat RTA (Real Time Analyzer), yaitu alat yang biasa dipakai untuk membaca grafik frekuensi audio mobil dan final tuning di Amerika. Tentunya dilengkapi dengan teknisi yang andal.

Jika kamu ingin melakukan booking service di bengkel audio mobil Innovation Car Audio, kamu bisa instal aplikasi Otoklix. Harga yang harus kamu bayar hanya yang tertera di aplikasi saat booking, lho.

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!