Sangat menjengkelkan bila mengetahui ada kecoa di dalam mobil. Sekalipun kecoanya berukuran kecil, tetapi biasanya jumlahnya lebih dari satu dan berpotensi akan berkembang biak bila tidak segera dibasmi. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang cara menghilangkan kecoa di mobil.

Kecoa terkenal sebagai hewan terjorok karena kehadirannya berbarengan dengan 30 jenis bakteri, salah satunya adalah salmonella typhi. Bakteri tersebut berpotensi membuat manusia mengalami penyakit asma, alergi, diare, sampai tifus.

Cukup sulit mengusir kecoa di dalam kabin mobil karena mereka bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau oleh kita. Karenanya, berikut ini Otoklix berikan 13 cara menghilangkan kecoa di mobil lengkap dengan penyebab ada kecoa di mobil dan cara mencegah kehadiran kecoa di mobil.

Pentingnya membersihkan mobil

Kondisi pasca pandemi membuat kita lebih aware dengan kebersihan kendaraan. Kendaraan yang tidak rutin dibersihkan akan lebih mengundang penyakit. Kondisi cuaca yang tidak menentu juga bisa memperburuk kesehatan jika mobil tidak sering dibersihkan. 

Namun, selain mencuci mobil bagian luar, kita juga perlu menjaga kebersihan mobil bagian dalam. Terlebih lagi kita melakukan aktivitas saat berkendara di kabin mobil, karenanya penting untuk menjaga kebersihan kabin mobil agar terhindar dari hewan dan penyakit apapun.

Apabila terlalu sulit membersihkan kabin mobil sendiri karena banyak komponen di dalamnya yang perlu dibersihkan, seperti karpet mobil dan jok mobil, maka OtoFriends bisa mempercayakannya di salon cuci mobil terdekat.

Baca juga: Catat! Begini Cara Cuci Interior Mobil yang Benar

Cara menghilangkan kecoa di mobil

Nah, selain membersihkan body, mesin dan interior, perlu juga memperhatikan soal serangga yang menempati sudut-sudut kendaraan. Untuk menghindarinya, setelah mencuci, bersihkan juga beberapa sisi mobil yang kerap ditempati serangga. Berikut ini 13 cara menghilangkan kecoa di mobil.

1. Bunga melati

Cara menghilangkan kecoa di mobil yang pertama adalah menggunakan bunga melati yang masih segar. Taburkan bagian kelopak bunga melati itu ke bagian karpet mobil dan celah yang menjadi tempat tinggal kecoa. Nantinya kecoa akan otomatis pergi sendiri setelah menghirup aroma bunga melati di dalam mobil.

2. Kapur barus

Cara berikutnya adalah kapur barus. Walaupun cara ini jarang ada yang memakainya, namun kapur barus sangat efektif. Kekurangannya, aromanya tidak disukai sebagian besar orang.

3. Insektisida

Selanjutnya, mengusir serangga bisa dilakukan dengan pestisida. Namun, awalnya hindarkan terlebih dahulu mobil kita dengan anak-anak. 

Cara memakai insektisida untuk mengusir kecoa di dalam mobil cukup mudah. Tutup semua lubang yang ada di mobil lalu semprotkan insektisida di dalam mobil atau lebih bagusnya ke kecoa tersebut jika kelihatan.

Baca juga: Daftar Cairan Pembersih Interior Mobil Terbaik, Lengkap dengan Harganya

4. Daun pandan

Cara menghilangkan kecoa di mobil dengan menggunakan bahan alami lainnya adalah menggunakan daun pandan. Seperti bunga melati, aroma daun pandan tidak disukai oleh kecoa. Sehingga otomatis jika daun pandan tersebut ada di dalam mobil. Kecoa akan kabur dan tidak berani lagi ke mobil. 

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, tinggal potong daun pandan menjadi bagian kecil, lalu taruh bagian pandan tersebut ke celah yang biasanya menjadi pintu masuk kecoa ke mobil kita.

5. Air serai

Selanjutnya bisa menggunakan air serai untuk mengusir kecoa di dalam mobil. Tinggal direbus daun serai, lalu cipratkan air rebusan serai tersebut di beberapa bagian dalam mobil.

6. Lem kecoa

Cara menghilangkan kecoa di mobil yang gampang bisa menggunakan lem perangkap kecoa yang tersedia di minimarket. Dengan lem ini, otomatis kecoa akan terjebak di dalam lem. Namun jangan lupa membuang perangkap lem kecoa.

7. Baking soda

Baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi pengusir kecoa alami. Caranya tinggal dicampurkan baking soda dengan gula. 

Lalu campuran tersebut disebarkan ke perangkap yang ada di bagian dalam mobil. Nantinya kecoa akan tertarik ke campuran baking soda tersebut dan otomatis terjebak di dalamnya.

8. Daun sirsak

Selanjutnya daun sirsak. Caranya, keringkan daun sirsak, kemudian tumbuk sampai hancur. Masukkan dalam wadah tertentu dan gantungkan di kendaraan. Ini akan menghasilkan aroma yang tidak disukai oleh serangga berwarna coklat satu ini.

9. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner juga bisa jadi alat pembersih kecoa. Alat pembersih debu ini bisa dimanfaatkan dengan baik karena bisa masuk ke celah terkecil.

10. Perangkap botol bekas

Perangkap botol bekas juga bisa jadi cara ampuh. Caranya diberi umpan di dalamnya, kemudian dibiarkan hingga kecoa masuk ke dalam perangkap.

Baca juga: Cara Membersihkan Interior Mobil, Perhatikan 4 Bagian Ini!

11. Daun salam

Cara mengusir kecoa dengan bahan alami bisa menggunakan daun salam. Caranya cukup mudah yakni dengan memotong daun salam ke dalam beberapa bagian terkecil. 

Selanjutnya simpan irisan daun salam tersebut di celah-celah atau area yang memungkinkan akan dilewati atau dihuni kecoa. Saat daun salam telah mengering, kita bisa membuang dan membuatnya kembali.

12. Bubuk kopi

Cara menghilangkan kecoa di dalam mobil selanjutnya menggunakan bubuk kopi. Kopi mengandung aroma yang dianggap asam oleh kecoa sehingga kecoa enggan mendekati aroma kopi tersebut. OtoFriends cukup menaburkan bubuk atau ampas kopi di beberapa sudut mobil.

Selain menjadi pengusir kecoa dalam mobil terampuh, bubuk kopi juga bisa dijadikan bahan pencegah kecoa masuk kembali ke dalam mobil. Asalkan, kita rutin menaburkan ampas atau bubuk kopi sebulan sekali.

13. Daun mint

Cara menghilangkan kecoa di mobil yang terakhir adalah dengan menggunakan daun mint. Jika OtoFriends sulit mencari daun mint, maka kita bisa menggunakan obat kumur rasa mint.

Caranya cukup mudah dengan menyemprotkan obat kumur rasa mint tersebut di dalam mobil, di bawah jok mobil, karpet mobil dan celah lainnya di dalam kabin mobil yang memungkinkan menjadi sarang kecoa.

Cara menghindari kecoa

Selain membersihkan kecoa di dalam mobil, alangkah baiknya kita tau cara menghindarinya. Berikut cara menghindari serangga di mobil.

Jangan makan di dalam mobil

Jika tidak ingin ada kecoa di mobil, hal yang paling penting adalah jangan meninggalkan kotoran di mobil. Apalagi makan di mobil. Karena hal itu akan menarik kecoa untuk datang ke dalam mobil. Kalaupun makan di dalam mobil usahakan untuk bersihkan sisa-sisa makanan secara manual atau memakai blower.

Bersihkan mobil secara rutin

Agar tidak ada kecoa di mobil maka rutinlah melakukan pembersihan. Rawatlah mobil secara disiplin agar kecoa tidak masuk ke dalam mobil. Membersihkan kaca mobil juga penting selain bagian interior dan eksterior mobil.

Baca juga: Penting! Sebelum Cuci Steam Mobil, Perhatikan Hal Ini

Selalu tutup jendela dan pintu

Usahakan jika mobil sudah tidak digunakan atau dalam kondisi parkir, kaca jendela mobil dan pintu mobil tidak terbuka. Karena jika terbuka, akan menjadi akses kecoa masuk ke dalam mobil.

Pilih tempat parkir yang bersih

Yang terakhir, parkirlah di tempat yang bersih. Rawat juga garasi rumah, jangan sampai jorok apalagi banyak sampah di dalam garasi mobil. Karena faktor ini juga bisa mengundang kecoa masuk ke mobil.

Penyebab ada kecoa di mobil

Sebenarnya, kehadiran kecoa di dalam mobil tidak begitu saja, tetapi melalui kita. Tanpa kita sadari, kita masuk ke dalam mobil membawa tas yang di dalamnya ada kecoa atau bahkan kecoa masuk ke dalam sepatu. Selain yang telah disebutkan sebelumnya, berikut ini penyebab ada kecoa di mobil, di antaranya:

  • Kebiasaan buruk makan-minum di dalam mobil. Sisa makanan dan minuman tersebut kita biarkan begitu saja di dalam kabin.
  • Bekas kemasan makanan dan minuman yang ditinggal di dalam mobil terlalu lama juga bisa mengundang kecoa di dalam mobil.
  • Kebiasan buruk lainnya adalah tidak menjaga kebersihan garasi rumah sehingga kotor dan lembab.
  • Rupanya, kebiasaan suka membuka kaca dan pintu mobil berpotensi memberikan akses masuk langsung kepada kecoa.
  • Terakhir adalah kamu memarkirkan mobil di tempat-tempat yang kurang bersih, seperti di pinggir selokan, rawa, atau memarkirkan di dekat tempat pembuangan sampah atau pembuangan air limbah.

Jika melihat anak kecoa atau kecoa dalam ukuran kecil di dalam mobil, maka segera basmi dengan mengetahui cara menghilangkan kecoa di mobil sebelum ada banyak kecoa-kecoa lainnya. 

Karena, terlepas dari itu semua, sejatinya penyebab ada kecoa di mobil adalah karena kecoa menyukai tempat yang kotor dan lembab. Kecoa yang tidak dibersihkan akan membuat risiko komponen rusak. Komponen yang rusak bisa bermasalah bagi seluruh mesin. 

Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan mesin yang disebabkan oleh kecoa maka kendaraan harus rutin rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal berkala melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking service melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil 

Penyebab ada banyak kecoa di mobil lantaran kita kurang rutin membersihkan kabin mobil dan kebiasaan buruk seperti meninggalkan sisa makanan dan minuman di dalam mobil.

Ada banyak cara mengusir kecoa, mulai dari menggunakan bunga melati, daun salam, daun mint, bubuk kopi, kapur barus, baking soda, sampai vacuum cleaner.

Kelemahan kecoa adalah mereka kurang menyukai aroma bubuk kopi, daun pandan, dan daun sirsak.