Talang air memang menjadi salah satu part pelengkap pada mobil kita. Namun, tidak semua orang mengetahui cara pasang talang air mobil sendiri di rumah.

Talang air memang bisa  mempercantik tampilan mobil kalian.  selain berfungsi untuk menaikan estetika mobil, talang air juga berfungsi menghalangi air hujan agar tidak membasahi bagian kaca mobil.

Sehingga pas hujan dan kaca dibuka, air hujan tidak masuk ke dalam mobil. Pemasangan talang air mobil memang harus dengan cara yang benar agar tetap kuat dan presisi. 

Tapi bagaimana cara memasang talang air agar kuat dan presisi ? ternyata langkahnya cukup mudah. Anda pun dapat memasangnya sendiri tanpa pergi ke bengkel.

Kalian cukup melakukannya di rumah saja dengan alat yang ada di sekitar kita juga. Nah hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan alat yang akan digunakan.

Kalian bisa mempersiapkan talang air yang dapat dibeli di online shop atau aksesoris mobil. Sedikit tips dari Otoklix, pilih talang air yang memang sesuai dengan mobil kamu.

Alasan utamanya adalah karena setiap mobil memiliki bentuk talang air yang berbeda, tergantung dari desain pintu sendiri. Oleh sebab itu, pastikan membeli talang air yang pas ya OtoFriends.

Kemudian, kalian bisa menyiapkan beberapa alat, seperti gunting, larutan sabun, kain lap seperti kanebo atau biasa saja, double tape untuk memasang talang air. pilih double tape yang memiliki daya rekat tinggi dengan bahan seperti busa agak lebar. 

Setelah menyiapkan alat untuk memasang talang air mobil, kalian bisa melakukan beberapa hal selanjutnya, berikut caranya.

Baca Juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

Beli Talang Air yang PNP

Saat akan membeli talang air untuk mobil kalian, pastikan memilih yang sudah pas atau PNP (Plug and Play). Sebab, talang air memiliki berbagai jenis. Namun untuk jumlah satu set sudah pasti empat buah untuk masing-masing pintu mobil.

Agar lebih mempermudah proses pemasangan, kamu pisahkan setiap talang air terlebih dahulu sesuai posisi pintunya. Kemudian lakukan pengukuran pemasangan agar kamu bisa mengira-ngira ketika proses sudah dimulai.

Selain itu jenis talang air harus PNP yang artinya ukuran dan lekukannya sudah pas. Jika tidak merupakan jenis PNP, kamu harus memotong talang air saat proses pemasangan agar pas.

Bersihkan Permukaan Pintu dan Talang Air

Langkah selanjutnya, OtoFriends  bisa memulai pembersihan permukaan pintu dan talang air agar tidak ada debu, minyak, atau kotoran lainnya. Dengan begitu permukaan tetap bersih saat diberikan double tape. 

Ketika masih ada kotoran, maka double tape sulit untuk merekat dengan maksimal. Nanti talang air mudah terlepas. Untuk pembersihan permukaan pintu dan talang air, gunakan saja air sabun hingga tiap permukaan menjadi keset. 

Kemudian keringkan dengan kain lap agar tidak ada air yang tersisa. Dengan begitu, double tape yang akan digunakan dapat merekat sempurna.

Baca Juga: 6 Tren Modifikasi Interior Mobil Kekinian Biar Makin Wow

Gunakan Perekat pada Permukaan Talang Air

Anda bisa memulai memasangkan double tape ke permukaan talang air yang nantinya ditempelkan ke pintu. Ingat, yang diberikan double tape adalah talang air, bukan permukaan pintu.

Pasang Talang Air di Tempat yang Telah Disiapkan

Selanjutnya, kalian tinggal memasang talang air ke permukaan pintu bagian atas. Lakukan langkah ini secara hati-hati dan perlahan agar tetap presisi.

Kamu bisa kembali menekan tiap sisi talang air setelah tertempel dengan baik agar melekat sempurna. Setelah itu kalian bisa mengecek setiap talang air yang telah dipasang telah menempel sempurna.

Itu dia cara dan langkah memasang talang air pada mobil sendiri. Jika kalian tidak mau repot, OtoFriends bisa pergi ke bengkel yang telah terdaftar di website dan aplikasi Otoklix.