Apakah kamu pernah terjebak di situasi menakutkan ketika berkendara, yaitu mobil mogok di rel kereta api? Hal ini adalah hal menakutkan dan pasti membuat panik dan bingung, apalagi jika palang rel sudah memberikan tanda bahwa akan ada kereta melintas.

Lantas, apa penyebab mobil mogok di rel kereta api dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Mobil Mogok di Rel Kereta Api

1. Akibat medan magnet dari kabel penghantar arus listrik

Penyebab pertama adalah karena kabel penghantar arus listrik. Ternyata di rel kereta terdapat emisi elektromagnetik. Ada kabel penghantar arus yang tidak kompatibel dengan mesin mobil yang terpasang di rel kereta api.

Apalagi jika ada kereta yang akan melintas di jarak sekitar 600 meter. Arus listrik itu akan menghantarkan medan magnet yang tinggi. Medan magnet tersebut akhirnya membuat putaran mesin tiba-tiba mati karena ECU yang menjadi penggerak mobil berhenti bekerja.

2. Akibat medan magnet dari lokomotif

Penyebab kedua adalah karena adanya medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta. Kondisi ini dapat terjadi bahkan dalam radius satu kilometer. Itu dia alasannya palang pintu rel kereta tertutup meskipun kereta belum terlihat. Jadi jangan mencoba menerobos palang pintu ketika sirine sudah dibunyikan ya.

3. Putaran dinamo mobil mati

Mobil yang melaju di rel kereta dengan kecepatan rendah dan menggunakan gigi mesin di putaran rendah menjadi putaran mesin dinamo dan koil bisa mati. Ini juga disebabkan oleh medan magnet dari lokomotif.

4. Kondisi psikis pengendara

Siapa yang tidak panik ketika mobil mogok di rel kereta api? Ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat pengendara sulit menyalakan mesin mobil. Maka dari itu, coba untuk menenangkan diri sebelum mencoba menyalakan mesin mobil ya.

Cara Mengatasi Mobil Mogok di Rel Kereta Api 

Ketika mobil mogok di rel kereta api, usahakan untuk tidak panik dan melakukan hal-hal ini ya. Ada cara yang dapat dilakukan untuk melepaskan diri dari situasi bahaya.

1. Membunyikan klakson terus menerus

Membunyikan klakson ketika mobil mogok di rel kereta bukan bertujuan untuk mengusir setan penunggu rel kereta karena memang penyebab mobil mogok di rel kereta bukan makhluk astral. Tetapi membunyikan klakson terus menerus dapat memutus medan magnet dan rangkaian listrik di sekitarnya sehingga mobil bisa bergerak kembali.

2. Keluar dari mobil

Jika cara pertama tidak berhasil dan palang rel sudah menunjukkan akan ada kereta melintas, sebaiknya kamu segera keluar dari mobil dan menjauhi perlintasan kereta api untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Mobil mungkin bisa rusak, yang terpenting adalah nyawa selamat.

Patuhi “Aturan Aman” Saat Melintas di Rel Kereta Api

Ada aturan-aturan yang harus dipatuhi ketika melintas di rel kereta untuk menjaga keselamatan. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mematuhi “aturan aman” agar mobil dapat melintas di rel kereta api dengan lancar.

1. Kondisi ban baik

Pastikan kondisi ban mobil kamu bagus. Ban mobil yang sudah gundul bisa berpotensi terjadinya slip atau bahkan pecah saat melintasi rel kereta. Aturan ini tidak hanya dilakukan ketika melintas rel kereta api saja, tetapi saat berkendara di jalanan biasa juga. Apalagi ketika jalanan licin karena air hujan.

2. Kecilkan volume musik

Berkendara sambil mendengarkan musik memang menyenangkan. Bisa menjadi solusi agar tidak mengantuk ketika menyetir. Tetapi jaga agar volume musik atau radio tidak menghalangi pendengaran kamu ya, tujuannya agar ketika peringatan sirine peringatan kereta akan melintas tetap terdengar.

3. Kurangi kecepatan dan atur jarak aman

Ketika akan melintasi rel kereta, sebaiknya kamu mengurangi kecepatan dan mengatur jarak aman dengan rel kereta. Jangan memaksakan diri ketika terjebak macet di rel kereta.

4. Hindari kesempatan aji mumpung

Sirine tanda peringatan kereta akan lewat sudah berbunyi tetapi palang pintu belum menutup. Jangan sekali-sekali mengambil risiko! Segera hentikan mobil kamu. Memaksa melewati palang pintu bisa berisiko tertimpa palang atau malah mobil mogok di rel kereta api.

Nah, itu tadi adalah penyebab mobil mogok di rel kereta api serta cara mengatasinya. Tetap patuhi rambu lalu lintas dan juga jaga kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Lakukan perawatan rutin melalui aplikasi one stop solution untuk servis kendaraan kamu mulai dari ganti ban, ganti oli, ganti aki, sampai dengan cuci mobil. Instal Otoklix sekarang ya!