Cara ganti oli mesin Xenia 1000cc bisa dilakukan di rumah, lho! Pasalnya, cara menggantinya kurang lebih sama dengan oli mesin mobil pada umumnya. Yang berbeda hanya pada kapasitas volume.

Keuntungan mengganti oli mesin sendiri tentu saja lebih hemat budget karena tidak harus membayar biaya montir, tambahan biaya oli yang biasanya lebih mahal di bengkel, dan juga biaya jajan ketika menunggu proses ganti oli. Ini dia cara ganti oli mesin Xenia 1000cc.

1. Mempersiapkan alat

Alat yang digunakan ketika mengganti oli mesin tidak banyak; kunci ukuran 14, bisa menggunakan kunci ring, shock, atau ring; wadah penampung oli bekas; lap bersih. Untuk membantu menuang oli, kamu bisa menggunakan corong.

2. Mempersiapkan oli baru

Pertama, tentu saja kamu harus mempersiapkan oli baru untuk mengganti oli lama. Jumlah atau volume oli yang dibutuhkan bisa berbeda antara satu jenis mobil dengan lainnya. Maka dari itu kamu perlu tahu kapasitas oli mesin Xenia.

Volume ini juga berbeda ketika kamu mengganti oli mesin sekaligus dengan filter olinya atau ketika melakukan kuras oli. Oli yang digunakan pasti akan lebih banyak. Oli yang dibutuhkan Daihatsu Xenia 1000 cc ketika mengganti oli adalah 2,1 liter jika tanpa mengganti filter oli. Sedangkan jika filter oli diganti juga, volume yang dibutuhkan adalah 2,3 liter. Jadi kamu bisa menyiapkan 3 botol oli kemasan 1 liter, atau menggunakan kemasan 4 liter.

3. Memasang wadah penampung oli bekas

Agar oli bekas tidak tercecer dan mengotori garasi, kamu bisa menyiapkan wadah penampung yang ditaruh di bawah mobil di bagian depan. Posisikan di bawah baut drain. Untuk membantu mengalirkan oli, kamu bisa menggunakan dongkrak untuk mengangkat bagian depan mobil. Tetapi pastikan kamu memarkir mobil di permukaan yang rata ya.

4. Membuka penutup oli

Kamu bisa membuka penutup kap mobil dan menemukan penutup oli kemudian membukanya. Membuka penutup oli bertujuan agar oli lama bisa lebih mudah keluar dari baut drain.

5. Kendurkan baut drain

Langkah selanjutnya dalam cara ganti oli mesin Xenia 1000cc adalah melepaskan baut drain. Cara membukanya adalah dengan menggunakan kunci ukuran 14. Kemudian, biarkan oli lama mengalir keluar sampai habis.

Jika ada, kamu bisa menggunakan kompresor, tetapi jika tidak ada, biarkan saja sampai tidak ada lagi oli menetes. Proses ini memang harus “ngolong” karena posisinya berada di bawah mobil.

6. Mengganti filter oli

Sambil menunggu oli selesai terkuras, ketika oli lama sudah tersisa sedikit, kamu bisa mengganti filter oli pada mobil Daihatsu Xenia. Caranya adalah melepaskan dengan diputar ke kiri. Umumnya filter udara pada Xenia 1000cc bisa dilepas dengan tangan kosong tanpa menggunakan alat. Ada mobil lain yang harus menggunakan kunci untuk membukanya.

Kamu bisa memasang plastik atau kain ketika mengganti filter oli agar oli tidak mengotori bagian mobil lainnya. Setelah filter oli lama terlepas, siapkan filter oli yang baru kemudian lumasi sedikit bagian o-ring menggunakan oli. Setelah itu pasang kembali filter oli.

7. Memasukkan oli mesin yang baru

Cara ganti oli mesin Xenia 1000cc selanjutnya adalah memasukkan oli mesin yang baru. Setelah oli lama keluar semua, kamu bisa mengencangkan baut drain yang tadi terbuka menggunakan kunci 14. 

Jika punya gelas ukur, kamu bisa mengukur volume oli yang dibutuhkan. Baru setelah itu tuang oli ke dalam tangki oli menggunakan corong agar tidak tumpah. Hati-hati ketika menuang oli, jangan sampai kelebihan sampai tumpah.

8. Periksa kondisi oli

Setelah oli yang baru sudah tertuang ke tangki oli, kamu bisa memasang penutup oli dan periksa apakah volume oli sudah sesuai atau belum. Kamu bisa melihatnya di deep stick apakah volume oli sudah cukup atau belum. Periksa juga apakah ada oli yang menetes dari baut drain. Kalau ada kebocoran, artinya baut belum terpasang denan benar.

9. Menyalakan mesin

Cara ganti oli mesin Xenia 1000cc terakhir adalah menghidupkan mesin selama kurang lebih 3-5 menit agar oli bersirkulasi di dalam mobil. Setelah itu kamu bisa menggunakan mobil kamu seperti biasa. Dengan demikian, proses penggantian oli mobil Xenia sudah selesai.

Nah, itu tadi langkah-langkah atau cara ganti oli mesin Xenia 1000cc yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kalau ragu dan mencari cara anti ribet, kamu bisa mendatangi bengkel terdekat.

Yuk, segera ganti oli di bengkel terdekat menggunakan aplikasi Otoklix. Kamu juga bisa booking langsung dan bayar sesuai harga yang tertera di aplikasi.