Urusan perawatan mobil kesayangan, bukan hanya sekadar memanaskan mesinnya saja. Ada juga beberapa hal yang harus kita cek, terutama membersihkan bagian kabin atau interior menggunakan cairan pembersih interior mobil.

Apalagi saat ini perkantoran masih banyak menerapkan work from home atau kerja dari rumah. Sehingga membutuhkan perawatan agar kabin mobil selalu bersih dari kotoran. 

Perlu diketahui, interior mobil memiliki beberapa material berbeda tergantung pemilik yang mendesainnya. Ada yang bermaterial fabric atau bahan dan berbahan kulit (leather). Beda material yang ada pada interior mobil, beda pula cara perawatannya.

Salah satu perawatan yang mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan cairan pembersih interior mobil. Peran cairan ini cukup penting agar tampilan interior mobil semakin menarik.

Cara Perawatan Interior dan Jok Kulit Mobil Agar Awet

Merawat interior dan jok mobil bisa saja kita lakukan sendiri. Dengan catatan, kita tahu cara yang tepat. Sebab, setiap mobil memiliki jenis pelapis jok yang tidak sama. Salah satu yang mudah ditemui yaitu jok kulit mobil.

Jok mobil yang dilapisi bahan kulit, akan membuat kesan interior lebih mewah. Biasanya, jok kulit hanya ada pada tipe mobil premium. Bahan kulit yang halus dan tidak terasa panas menjadi keistimewaan pemiliknya. Apabila tidak terawat dengan baik, justru membuatnya lebih kaku dan mudah retak. Agar jok kulit mobil awet, gunakan tips perawatan berikut ini:

Bersihkan Pakai Kain Halus

Cara mudah merawat jok berbahan kulit yaitu dengan menggunakan kain yang teksturnya halus. Tapi, melakukannya harus lebih berhati-hati. Selain itu, kita juga bisa berikan pelapis kulit baru leather coating sebagai pelindung tambahan.

Hilangkan Debu Secara Rutin

Langkah selanjutnya, bersihkan debu yang menempel pada jok mobil secara rutin. Kita bisa melakukannya kurang lebih satu minggu sekali menggunakan vacuum cleaner. Gunakan juga lap kain berbahan halus agar debu dan kotoran mudah terangkat. Mengingat jok mobil menjadi salah satu interior yang cukup vital, tentu cara ini bisa membantu meningkatkan kenyamanan saat berada dalam kendaraan.

Pakai Cairan Pembersih Interior Mobil

Perawatan jok kulit mobil memang tidak bisa sembarangan. Sebaiknya kita gunakan cairan pembersih interior mobil khusus agar tidak merusak lapisan terluar. Sehingga, jok dengan lapisan material kulit, tidak mudah pecah dan bisa lebih awet.

Saat ini, cairan pembersih interior maupun jok mobil sudah banyak tersedia di pasaran. Cara memakainya juga cukup sederhana. Kita bisa memilih varian yang tepat untuk mengatasi jok berdebu dan kotor.

Di era modern seperti ini sudah banyak cairan pembersih interior mobil yang bisa kita gunakan untuk membersihkan noda membandel. Bahkan, pembersih jok mobil ini sangat mudah didapatkan lewat toko offline maupun online.

Daftar Cairan Pembersih Interior Mobil

Seperti diketahui, saat ini cairan pembersih interior mobil sudah banyak pilihannya. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi, sehingga kita bisa membeli sesuai dengan budget yang dimiliki. Nah, agar tidak bingung, Otoklix akan memberikan beberapa pilihan rekomendasi cairan pembersih interior mobil yang ada di pasaran.

  1. Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant

Rekomendasi cairan pembersih interior mobil pertama yakni Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant. Harga yang ditawarkan berkisar Rp170 ribu dengan paket botol berwarna biru.

Salah satu kelebihan dari produk berlabel kura-kura ini adalah diklaim mampu membersihkan LCD screen yang ada di head unit. Cairan ini disebut juga tidak merusak lapisan LCD yang ada di mobil.

Selain bisa digunakan untuk interior mobil, cairan ini juga bisa untuk membersihkan peralatan rumah tangga dan furniture.

  1. Meguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner

Meguiars quick interior detailer cleaner merupakan produk andalan bagi bengkel maupun salon-salon mobil. Harga yang ditawarkan untuk 1 botol ukuran 400ml sekitar Rp180 ribu sampai Rp200 ribu. Cairan ini mampu membersihkan dan menjaga tampilan interior maupun jok mobil lebih berkilau.

Cara menggunakannya cukup semprotkan dan gosok memakai sikat atau lap di bagian interior mobil yang ingin dibersihkan. Kemudian dikeringkan memakai kain bersih.

  1. STP Tuff Stuff

Produk lansiran STP ini bisa menjadi salah satu pilihan pembersih interior mobil yang sering digunakan banyak orang. Harga yang ditawarkan berkisar Rp70 ribu dengan botol berwarna kuning.

Cairan ini berbentuk semprotan dengan cara pakai yang sangat mudah. Pemilik kendaraan cukup menyemprotkan di bagian yang kotor lalu diamkan 10 menit. Setelah itu bilas memakai kain basah dan kotoran bandel akan hilang. Untuk membersihkan noda yang sangat bandel bisa dilakukan dengan cara berulang. Perlu diingat, pembersih satu ini juga tidak berbahaya jika terkena kulit.

  1. Sonax Xtreme Interior Cleaner

Pembersih lain yang bisa digunakan adalah Sonax Xtreme Interior Cleaner. Merek satu ini menjadi salah satu yang paling ampuh untuk membersihkan jok dan bagian interior mobil.

Hanya saja harga yang dibanderol cukup mahal yakni Rp190 ribuan. Salah satu kelebihannya adalah mampu menghilangkan bau tak sedap. Cara pakainya cukup semprotkan cairan ini ke bagian yang kotor, kemudian gosok lembut menggunakan sikat gigi atau lap halus secara merata.

Jika sudah selesai, langkah terakhir keringkan memakai lap bersih. Cairan ini juga bisa untuk membersihkan bagian plafon.

  1. Astonish Leather Conditioning

Pilihan cairan pembersih interior mobil lainnya adalah Astonish Leather Conditioning dengan botol berwarna biru tua. Cairan ini merupakan cairan pembersih khusus bahan kulit.

Selain membersihkan, produk ini juga mampu memberikan kelembaban pada jok kulit agar tidak mudah pecah. Tak hanya itu, cairan ini juga bisa untuk membersihkan tas kulit, sofa, jaket, dan barang-barang yang terbuat dari kulit. Banyak juga yang memakai produk ini untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Di pasaran Astonnish Leather Conditioning dijual dengan harga Rp90 ribuan.

  1. Auto Dazzling Car Care

Auto Dazzling Car Care merupakan cairan pembersih interior mobil yang dibanderol sebesar Rp50 ribuan. Cukup murah dibandingkan dengan para kompetitornya. Meski demikian, kualitas yang ditawarkan cairan pembersih ini tak kalah dengan yang lain.

Salah satu kelebihan Auto Dazzling Car Care yakni mampu membersihkan noda kotor yang berasal dari minyak maupun protein pada permukaan kulit jok mobil. Bisa juga untuk membersihkan bagian dashboard dan trim plastik interior.

  1. Waxco Tough Stain

Waxco Tough Stain juga layak dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi cairan pembersih interior mobil yang ampuh. Cairan yang punya kisaran harga Rp80 ribu ini lebih diperuntukkan untuk membersihkan bahan selain kulit. Misalnya berbahan fabric, suede, plafon bahan kain, karpet, serta beludru. 

Pembersih dengan bentuk busa ini punya keunggulan mengangkat kotoran bandel yang menempel dengan cepat dan mudah. Cara pakainya juga sama dengan beberapa produk yang sudah Otoklix sebutkan. Cukup aplikasikan lalu dilap menggunakan kain bersih saja.

Nah itu dia berbagai macam cairan pembersih interior mobil. Mari jaga kebersihan mobil demi kenyamanan dan kesehatan pengemudi maupun penumpang. Jika tak cukup waktu untuk mempelajari cara membersihkan interior mobil, kamu juga bisa membersihkan mobil kamu di tempat maupun bengkel cuci mobil. Tidak perlu khawatir mencari bengkel terdekat, Otoklix, aplikasi booking servis mobil akan memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat.