Memiliki mobil baru tentu harus siap dengan segala perawatan yang harus dilakukan, termasuk pentingnya melakukan servis pertama mobil baru. Ketika memiliki mobil baru, OtoFriends tentu saja ingin membawa mobil tersebut berkendara ke mana pun, apalagi ketika jadwal liburan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan servis pertama setelah berkendara dengan mobil baru.

Servis pertama ini biasanya ditentukan berdasarkan jarak yang sudah ditempuh, misalnya setelah menempuh jarak 1.000 km pertama. Lalu selanjutnya, servis dilakukan setiap menempuh jarak dengan kelipatan 10.000 km atau 6 bulan sekali. Alangkah baiknya agar lebih pasti dan sesuai, OtoFriends bisa membaca terlebih dahulu penjelasan dari buku manual agar tahu bagaimana spek teknis dan berbagai fitur dari mobil di dalamnya.

Jika dilihat dari jarak tempuh, memang, servis pertama pada mobil baru dilakukan lebih cepat. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab saran dari pabrikan mobil tersebut perlu kamu ikuti demi kondisi mobil yang tetap optimal.

Oleh karena itu, OtoFriends perlu menyimak penjelasan Otoklix berikut ini tentang mengapa perlu melakukan servis pertama pada mobil baru, apa saja yang diperiksa, kapan waktunya, dan apa saja manfaat yang didapat.

Alasan Harus Melakukan Servis Pertama Mobil Baru

Ketika memiliki mobil baru, kenapa OtoFriends perlu melakukan servis pertama? Alasannya adalah untuk dapat memastikan bahwa seluruh komponen mobil bekerja dengan baik dan optimal tanpa adanya masalah. Hal ini disebabkan karena ketika mobil baru digunakan setelah keluar dari pabrikan, komponen-komponennya harus dicek kembali apakah terdapat kendala atau tidak, baik pada mesin, rem, maupun komponen lain.

Dengan memeriksa setiap komponen, jika ditemukan adanya kerusakan maupun kerja komponen yang tidak optimal, kerusakan tersebut bisa langsung ditangani. Tujuannya agar kerusakan yang timbul dari suatu komponen tidak serta mempengaruhi komponen lainnya.

OtoFriends tentu tidak ingin merasakan ketidaknyamanan ketika berkendara dengan mobil baru, bukan? Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan servis pertama pada mobil baru ketika waktunya sudah tiba!

Baca juga: Service Rutin Mobil, Cek 6 Komponen Ini secara Berkala

Waktu yang Tepat untuk Servis Pertama Mobil Baru

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis pertama mobil baru? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, OtoFriends dapat melakukan servis pertama ketika telah menempuh jarak 1.000 km atau dalam 1 bulan pertama tergantung mana yang lebih dahulu terjadi. 

Jika dalam 1 bulan pertama jumlah jarak tempuh belum 1.000 km tetap disarankan servis pertama, sebaliknya jika sudah menempuh 1.000 km padahal belum 1 bulan tetap melakukan servis pertama.

Hal ini tentu untuk memeriksa kondisi komponen-komponen pada mobil apakah terjadi kerusakan atau kerja yang tidak optimal agar jika ada dapat segera ditangani.

Setelah melakukan servis pertama, OtoFriends mulai bisa melakukan servis rutin setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung mana yang lebih dahulu tercapai. Dan tentu saja, OtoFriends dapat melakukan servis rutin di bengkel-bengkel terpercaya dari Otoklix.

Namun, ada yang perlu diingat bahwa mobil yang sering melewati lalu lintas yang padat dan macet, perlu melakukan servis rutin lebih awal. Hal ini disebabkan karena ketika mobil sering melewati lalu lintas yang macet, oli mesin mobil bekerja menjadi lebih berat dan mempengaruhi berbagai komponen mesin.

Jika dalam keadaan normal, mobil sebaiknya diservis rutin setiap menempuh jarak kelipatan 10.000 km atau 6 bulan sekali, mobil yang sering terkena kemacetan perlu servis rutin setelah menempuh jarak 3.000 km atau dalam waktu 3 bulan sekali.

Baca juga: Berapa Jangka Waktu Service Mobil yang Tepat?

Komponen yang Diperiksa

Ketika melakukan servis pertama, ada berbagai komponen yang akan diperiksa, di antaranya sebagai berikut:

  • Oli mesin
  • Aki
  • Komponen tali kipas
  • Pipa gas buang termasuk dudukannya
  • Sistem pendingin dan heater termasuk sambungan dan selang-selangnya
  • Cairan pendingin mesin
  • Cairan refrigerant AC
  • Minyak rem, minyak kopling, dan minyak power steering
  • Suspensi
  • Pedal rem, pedal kopling (bagi mobil manual), dan rem parkir
  • Mur dan baut pada sasis dan bodi
  • Lampu, klakson, wiper
  • Ban dan ban serep

Itulah beberapa komponen yang perlu diperiksa ketika melakukan servis pertama mobil baru. OtoFriends tidak perlu melakukan penggantian oli mesin, tetapi hanya memeriksa berbagai komponen yang sudah disebutkan di atas setelah menempuh jarak 1.000 km atau setelah digunakan selama 1 bulan pertama.

Baca juga: 8 Komponen Mesin Mobil yang Berperan Menggerakkan Mobil

Manfaat Melakukan Servis Mobil

Melakukan servis pertama pada mobil baru tentu memberikan berbagai manfaat. Selain mampu memeriksa kerusakan yang terjadi pada komponen mobil, OtoFriends juga mendapat manfaat lain, seperti menjaga performa mesin, membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit, hingga meningkatkan harga jual mobil kalau-kalau mobil tersebut ingin dijual lagi. 

Mengapa bisa seperti itu? Berikut penjelasannya.

Menjaga Performa Mesin

Pertama, dengan melakukan perawatan atau servis pertama dan servis rutin setelahnya, komponen mesin pada mobil OtoFriends tentu akan terjaga performanya. Ketika servis rutin dilakukan, biasanya oli mesin, filter oli mesin, hingga busi akan diganti dengan yang baru jika dirasa sudah perlu. Namun, pada servis pertama hanya dilakukan pengecekan saja untuk melihat kondisi komponen setelah digunakan berkendara keluar dari pabrikan.

Dengan melakukan penggantian komponen ke yang baru tersebut, performa dan kinerja mesin mobil akan tetap terjaga. OtoFriends pun akan tetap nyaman berkendara.

Membuat Konsumsi BBM Menjadi Irit

Tidak hanya menjaga performa mesin, mobil yang sering servis rutin juga bermanfaat terhadap konsumsi BBM yang menjadi lebih irit. Hal ini disebabkan karena sistem pembakaran di dalam mesin selalu bekerja dalam keadaan optimal, karena oli mesin, filter udara, filter oli, dan busi sering dibersihkan.

Berbeda dengan mobil yang tidak pernah diservis rutin, justru akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros bahkan tak jarang mobil mengalami mogok.

Jadi, pastikan untuk selalu melakukan servis rutin dan mengganti oli mesin sesuai dengan yang disarankan terhadap mobil yang digunakan. OtoFriends bisa melakukannya di bengkel ganti oli terpercaya dari Otoklix.

Meningkatkan Harga Jual Mobil

Jika OtoFriends memiliki niat untuk menjual mobil, merawat mobil dengan selalu melakukan servis rutin adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini bermanfaat agar harga jual mobil tersebut tidak turun terlalu jauh, bahkan cenderung meningkat dibanding harga pasar mobil bekas serupa karena kondisi mobil selalu terjaga.

Mobil yang sering dirawat dengan rutin pun tidak akan mengalami kesulitan mendapatkan pembeli sebab mereka lebih tertarik dengan mobil yang selalu dijaga kondisinya. Dengan begitu, OtoFriends dapat memasang harga lebih tinggi dari harga pasaran sebab kondisi mobil yang dijual terjaga performanya.

Baca juga: 9 Tips Memilih Jasa Service Mobil, Teknisi, Hingga Garansi

Itulah penjelasan dan informasi mengenai pentingnya melakukan servis pertama mobil baru yang OtoFriends miliki. Hal ini dimaksudkan agar kondisi komponen-komponen mobil dipastikan tidak ada yang rusak ketika digunakan kembali. Selain itu, melakukan servis pertama hingga servis rutin setelahnya memiliki berbagai manfaat yang tidak bisa OtoFriends lewatkan.

Tidak hanya untuk mobil baru, servis rutin tentu perlu sekali dilakukan terhadap kendaraan, terutama yang sering digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

Jika artikel ini bermanfaat, OtoFriends juga bisa kunjungi berbagai informasi menarik seputar otomotif lainnya, seperti harga, spesifikasi kendaraan, tips, dll. hanya di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Servis Pertama Mobil Baru:

Untuk dapat memastikan bahwa seluruh komponen mobil bekerja dengan baik dan optimal tanpa adanya masalah.

Ketika telah menempuh jarak 1.000 km atau dalam 1 bulan pertama tergantung mana yang lebih dahulu terjadi.

Menjaga performa mesin mobil, membuat konsumsi BBM menjadi irit, meningkatkan harga jual mobil.