Interior mobil OtoFriends nampak kotor dan berbau apek? Mungkin sudah saatnya cuci interior mobil secara menyeluruh. Seperti diketahui, membersihkan mobil bukan perkara mudah terutama proses cuci interior mobil. Butuh metode khusus agar interior mobil bersih maksimal dan bebas bau. 

Pada artikel ini, OtoFriends akan menemukan tips mudah mencuci interior mobil sendiri di rumah sekaligus perbandingannya dengan cuci mobil di bengkel. Sebagai tambahan, di akhir artikel OtoFriends juga bisa melihat informasi seputar biaya cuci interior mobil di bengkel beserta beragam jenis perawatannya.

Simak sampai habis ya!

Tips Cuci Interior Mobil Sendiri

Seperti dikatakan tadi, cuci interior mobil bisa dilakukan secara mandiri atau sendiri di rumah. Hanya saja, butuh beberapa peralatan agar mencuci interior lebih mudah. Berikut penjelasannya:

  1. Cara Membersihkan Setir dan Dasbor Mobil

Kegiatan mencuci interior mobil bisa dimulai dari bagian setir dan dasbor mobil. Begini cara membersihkannya:

  • Bersihkan kotoran dan debu yang menempel di permukaan setir dan dasbor mobil menggunakan sikat kering seperti sikat gigi atau kuas,
  • Bila perlu bersihkan juga menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner mini yang banyak tersedia di e-commerce,
  • Untuk membersihkan kuman dan noda atau kerak membandel yang menempel di sana, gunakan kain mikrofiber,
  • Basahi kain microfiber ke dalam campuran dua gelas air dan beberapa tetes sabun cuci piring. (Sabunnya tak perlu banyak-banyak, secukupnya saja, dan sebisa mungkin jangan sampai berbusa),
  • Sebelum mulai membersihkan, pastikan tangan kamu sudah bersih (menggunakan hand sanitizer),
  • Bersihkan perlahan seluruh bagian setir dan dasbor mobil menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi tadi,
  • Lalu, keringkan dengan kain microfiber kering lainnya.
  1. Cara Membersihkan Konsol Box Mobil

Bagian selanjutnya adalah konsol box mobil. Adapun proses membersihkan bagian ini hampir sama dengan setir dan dasbor mobil. Hanya saja perlu lebih teliti dan alat pembersih tambahan sebab banyak celah kecil yang agak sulit dijangkau oleh tangan.

Kini, sudah tersedia berbagai macam set pembersih interior mobil salah satunya yang bisa dicari di e-commerce adalah set Brush Detailing. Set tersebut biasanya terdiri dari 5 ukuran kuas yang berbeda-beda. 

Bila tak ingin repot membeli kuas yang baru, coba cari saja sejenis stick bekas es krim atau sumpit, lalu balut ujungnya dengan tisu basah dan jadikan alat tersebut sebagai pengganti kuas. Perannya adalah untuk menjangkau celah-celah sempit di konsol box mobil OtoFriends. 

  1. Cara Membersihkan Jok Mobil

Area berikutnya adalah jok mobil. Untuk area satu ini, ada dua metode pembersihan yang berbeda disesuaikan dengan jenis bahan jok mobilnya. 

Sebagaimana diketahui, ada 2 jenis bahan jok mobil yang umumnya dijumpai yakni berbahan kulit dan kain. Berikut cara membersihkan jok mobil berdasarkan jenis bahannya:

  • Cara membersihkan jok mobil dari bahan kain
  • Pertama, bersihkan debu dan kotoran dengan vacuum cleaner.
  • Selanjutnya, bila ada noda yang menempel, bersihkan dengan cairan berisi campuran 1 cangkir air, ½ cangkir cuka, dan 1/2 sendok makan sabun cuci piring.
  • Semprotkan pada noda dan gosok-gosok dengan kain microfiber sudah dibasahi sampai noda itu menghilang. 
  • Cara Membersihkan Jok Mobil dari bahan Kulit
  • Bersihkan debu dan kotoran dengan vacuum cleaner
  • Lalu, bersihkan dengan larutan 2 gelas air dan 5 tetes sabun cuci piring.
  • Semprotkan jok mobil dengan cairan tersebut dan lap sampai benar-benar kering. 
  1. Cara Membersihkan Jendela Mobil

Jendela mobil mungkin menjadi bagian yang cukup sulit dibersihkan. Sebab, bagian ini terdiri dari dua sisi yakni luar dan dalam, kotorannya lebih sulit dibersihkan, serta rawan tergoret bila tidak hati-hari.

Namun, jangan khawatir, berikut cara mudah membersihkan jendela mobil:

  • Basahi jendela mobil dengan cairan yang mengandung 50 persen cuka dan 50 persen air
  • Gunakan kain microfiber untuk mengelapnya
  • Lakukan proses mengelap dengan pola vertikal lalu dilanjutkan dengan pola horizontal
  1. Cara Membersihkan Karpet Mobil

Area ini mungkin yang paling kotor dan bau di mobil OtoFriends, bukan? Berikut cara membersihkan sekaligus menghilangkan baunya:

  • Lepaskan dan keluarkan karpet dari mobil
  • Kibas-kibaskan karpet hingga debu dan kotoran yang menempel luruh semua
  • Bersihkan lagi dengan vacuum cleaner
  • Basahi karpet mobil dengan air
  • Taburkan karpet mobil dengan campuran sabun dan soda kue
  • Lalu diamkan setidaknya 1/2 jam
  • Sikat-sikat sampai noda yang menempel hilang
  • Bersihkan busa dengan air 
  • Jemur karpet mobil sampai kering
  1. Cara Menghilangkan Bau Mobil

Langkah terakhir dalam rangkaian cuci interior mobil adalah menghilangkan bau. Biasanya bau dalam mobil berasal dari kotoran atau sampah yang dibiarkan menumpuk, juga karena kurangnya pergantian udara. Sebaiknya kedua langkah ini dilakukan sebelum atau bersamaan dengan proses membersihkan mobil.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuang seluruh sampah yang ada di mobil. Lalu, membuka semua pintu dan jendela agar pergantian udara berjalan maksimal.

Selanjutnya, taburkan soda kue di lantai dan jok mobil gunanya untuk menghilangkan bau lembab yang menempel di mobil. Bila masih bau, gunakan pembersih enzimatik (berbahan enzim) untuk menghilangkan bau terutama bau rokok.

Sebagai tambahan, bisa juga dengan menaruh semangkuk kecil soda kue dan beberapa tetes essential oil (wanginya sesuainya dengan selera masing-masing) di mobil selama semalaman.

Cuci Interior Mobil di Bengkel

Bila OtoFriends tak punya banyak waktu untuk membersihkan mobil sendiri di rumah, maka cuci di bengkel bisa jadi opsi yang pas buat kamu. Selain hemat waktu dan energi, berikut keunggulan dan biaya cuci interior mobil di bengkel:

  1. Keunggulan Cuci Interior Mobil di Bengkel

Beberapa bengkel umum kini sudah banyak yang menyediakan layanan salon mobil dan auto detailing mobil. Jadi, sebelum melakukan booking service di bengkel terdekat, pertimbangkan dulu, layanan apa yang ingin dipilih?

Sedikit penjelasan saja bedanya cuci mobil biasa dengan salon dan detailing mobil.Cuci mobil biasa di bengkel prosedurnya seperti yang sudah sering dijumpai yakni membersihkan eksterior dan interior mobil sesuai dengan standarnya saja.

Sedangkan salon mobil sesuai namanya lebih fokus pada tampilan. Adapun perawatan yang ditawarkan terdiri dari cuci mobil secara menyeluruh, poles, waxing, semir ban, pembersihkan kaca, penyedotan debu di dalam kabin, membersihkan ruang mesin mobil dan sebagainya. Ada juga layanan membersihkan interior dengan disinfektan atau fogging.

Lalu, bedanya dengan auto detailing seperti apa? Auto detailing lebih mengedepankan layanan pembersihan dan perawatan yang lebih detail dan menyeluruh. Mulai dari ruang mesin, sampai kebersihan kolong dan baut mobil sangat diperhatikan. Biasanya, layanan ini menggunakan cairan pembersih yang berbeda dari layanan lainnya. 

Auto detailing juga menyediakan layanan paint correction, polishing and glazing, atau coating yang bisa membuat tampilan mobil makin kinclong. Ditambah, ada layanan proteksi dan after sales berupa maintenance dengan jangka waktu tergantung dari paket-paket perawatan yang dipilih.

Jadi, keunggulan yang bisa didapat dari cuci interior mobil di bengkel juga tergantung dari jenis perawatan yang dipilih. Semakin lengkap paket perawatan yang dipilih semakin memuaskan pula hasilnya.

  1. Biaya Cuci Interior Mobil di Bengkel

Biaya cuci dan perawatan mobil di bengkel tentu berbeda-beda tergantung paket service yang dipilih. Bila hanya mencuci mobil biasa, biaya yang perlu dikeluarkan berkisar antara Rp40 ribu – Rp50 ribu, ditambah Engine Cleaning maka biayanya menjadi antara Rp100 ribuan. 

Sementara, bila memilih perawatan di salon mobil, dengan tambahan perawatan tanpa coating berkisar antara Rp500 ribu – Rp700 ribu tergantung metode dan cairan yang digunakan. Jika ditambah dengan coating maka menjadi Rp3 juta – Rp6 juta. Khusus, untuk cuci interior mobil saja berkisar antara Rp500 ribu – Rp1 juta.

Auto detailing mobil lebih mahal lagi. Perawatan untuk mobil berukuran kecil seperti sedan kecil, city car, hatchback, dsb butuh merogoh kocek sekitar Rp2,5 jutaan. Akan tetapi ada juga yang mematok sebesar Rp950 ribu untuk paket terminim, meliputi pengerjaan paint correction, poles kaca, protection dengan wax, dressing trim dan ban mobil.

Sementara itu, untuk mobil berukuran sedang dengan 5 seater biayanya sekitar Rp1 juta – Rp3 juta. Mobil berukuran besar yang berkapasitas 7 penumpang umumnya berharga Rp1 juta – Rp3,5 jutaan.

Pada beberapa bengkel auto detailing, ada tambahan biaya untuk perawatan ekstra seperti nano coating, maka biayanya menjadi Rp3 juta sampai Rp3,5 jutaan. 

Nah, OtoFriends lebih tertarik cuci interior mobil di mana? Di rumah sendiri, di bengkel, salon mobil, atau auto detailing mobil? Tulis di kolom komentar ya!

Untuk menemukan bengkel yang menyediakan salon dan auto detailing mobil terdekat bisa dicari melalui aplikasi Otoklix. Dari aplikasi tersebut, kamu juga bisa melakukan booking service sehingga tak perlu mengantri menunggu giliran cuci mobil lagi.