Mobil yang sering digunakan menerjang hujan akan menyebabkan karat pada bodi mobil. Selain itu juga kolong mobil akan cepat kotor. Cuci steam mobil mungkin dibutuhkan untuk membersihkan bagian mobil secara menyeluruh, bahkan sampai ke bagian dalam mobil.

Memangnya, apa saja kelebihan cuci steam? Apa yang harus diperhatikan ketika melakukan cuci steam mobil?

Kelebihan Cuci Steam untuk Mobil

Cuci steam adalah teknik mencuci mobil menggunakan kompresor yang mampu menghasilkan air bertekanan tinggi. Cuci steam ini digemari oleh sebagian pengguna mobil karena kelebihan-kelebihan di bawah ini. Mereka bahkan merekomendasikan untuk melakukan cuci steam secara berkala. Apa saja kelebihannya?

1. Merawat bagian bawah mobil

Bagian bawah mobil memang rentan kotor, apalagi jika melewati jalanan becek. Tanah akan mengotori kolong mobil dan menempel ke sela-selanya. Mencuci mobil secara manual mungkin bisa bersih, tetapi tergantung montir yang mengerjakan. 

Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan air bertekanan tinggi agar kotoran benar-benar rontok. Kotoran yang dibiarkan lama menempel di kolong mobil lama kelamaan bahkan bisa merusak mesin mobil.

2. Ban lebih terawat

Ban mobil juga biasanya merupakan salah satu bagian yang paling sulit dibersihkan secara manual. Apalagi jika ada tanah basah yang masuk ke sela-sela mobil. Ban yang kotor juga akan mengotori garasi rumah dan tampilan mobil menjadi tidak enak dipandang. Oleh sebab itu, ban mobil perlu dibersihkan dan disemir mobil bersih sempurna.

3. Mobil jadi lebih cantik

Mobil yang bersih secara maksimal akan terlihat lebih cantik. Apabila hanya dibersihkan menggunakan lap saja, bersihkan tidak maksimal karena masih ada jejak debu saat hasil lap mengering.

4. Membersihkan bagian dalam mobil

Di bengkel cuci steam mobil, interior mobil kamu akan divakum sampai celah-celahnya. Sehingga bekas makanan dan jamur akan hilang. Interior mobil yang bersih akan menambah kenyamanan dan juga kesehatan penumpang lebih terjaga. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Cuci Steam Mobil

Di samping kelebihan-kelebihan di atas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika berencana melakukan cuci steam mobil. Salah satunya adalah penggunaan tekanan air yang tinggi. Tekanan air yang tinggi dapat merusak bagian mobil. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal di bawah ini ya.

1. Semprotan air bertekanan tinggi

Cuci steam memang menggunakan mesin kompresor agar air yang dihasilkan memiliki tekanan tinggi. Air bertekanan tinggi tersebut dapat menjangkau kotoran sampai ke sela-sela yang sulit dijangkau. Tetapi hal tersebut juga bisa rentan bagi sebagian mobil karena dapat merusak komponen kelistrikan mobil. Meskipun sebenarnya mobil modern sekarang sudah lebih tahan air.

Selain berbahaya bagi komponen kelistrikan pada sebagian mobil, semprotan air bertekanan tinggi juga dianggap dapat merusak cat mobil. Padahal tidak semua bagian mobil rawan. Mobil-mobil modern memiliki bumper yang terbuat dari plastik (non metal). Cat cenderung tidak merekat kuat seperti pada logam.

Jadi, air bertekanan tinggi dapat merusak atau mengelupas cat pada bagian bumper mobil. Solusinya adalah tidak menyemprot bagian tersebut secara terpusat dan jarak semprotannya pun agak jauh agar arah semprotannya menyebar.

2. Hindari menyemprot sensor kendaraan

Meskipun komponen kelistrikan mobil keluaran terbaru sudah lebih kuat dan tahan air, tetapi jangan terlalu sering mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi. Meskipun sudah menggunakan pelindung seal karet, tetap tidak dianjurkan menembak sensor parkir secara langsung menggunakan air.

Sensor kelistrikan pada lampu-lampu juga terbilang rawan. Air bertekanan tinggi bisa masuk ke sela-sela lampu dan bisa mengakibatkan korslet. Selain itu, sensor ABS juga cukup rawan. Oleh sebab itu, jangan menyemprotkan air bertekanan tinggi pada area sensor ABS ya.

3. Waspada lapisan antikarat

Perlu diperhatikan juga bahwa cuci steam mobil dapat mengikis lapisan antikarat. Lapisan ini dapat terkikis akibat disemprot air bertekanan tinggi. Selain itu juga tukang cuci steam biasanya menggunakan sikat untuk mengangkat kotoran yang menempel. Hal ini akan memperparah kerusakan lapisan ini. Jadi, jangan sampai disikat terlalu keras ya.

4. Merusak bodi mobil

Cat mobil memang tidak akan mudah terkelupas apabila disemprot air bertekanan tinggi. Tetapi hal ini akan berbeda pada mobil yang sudah dilakukan repaint atau pengecatan ulang dengan kualitas cat yang rendah. Bodi samping mobil juga bisa tidak presisi.

5. Mencuci mesin mobil

Ruang mesin mobil juga perlu dicuci karena bisa sangat kotor. Apalagi jika kamu adalah orang yang antiair alias parno jika mencuci mesin mobil. Padahal ada cara tertentu untuk mencuci mesin mobil. Mobil keluaran terbaru biasanya sudah waterproof.

Tetapi jangan lakukan ini pada mobil yang memiliki air suspension. Jika air suspension ini diangkat, mesin akan bingung. Jadi, suspensi udara harus di-lock terlebih dahulu. Selain itu juga perhatikan kelistrikan pada daerah aki. Cuci steam mobil memang tidak akan merusak aki, tetapi konektornya bisa kurang kuat. Sehingga lebih perhatikan hal itu ya.

Nah, itu tadi adalah kelebihan cuci steam mobil dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci mobil dengan cara steam ya.

Pastikan bengkel yang kamu datangi adalah bengkel yang berpengalaman. Temukan bengkel cuci mobil yang direkomendasikan di aplikasi Otoklix. Banyak promo cuci mobil menarik juga lho