Cara membersihkan interior mobil ternyata bisa dilakukan sendiri, bahkan tidak harus ke bengkel. Hal ini perlu kita pelajari, mengingat kebersihan mobil sangat berpengaruh terhadap aktivitas berkendara.

Biasanya saat membersihkan interior mobil, beberapa hal yang bisa kita mulai kerjakan adalah bagian jok, dashboard, plafon, dan karpet. Nah, untuk cara membersihkan interior mobil tersebut mesti memerhatikan bahannya.

    Bagian Interior Mobil Perlu Dibersihkan

    Mari bagian interior mobil yang biasanya perlu rutin dibersihkan berikut ini:

    1. Membersihkan bagian jok

    Bagian interior yang perlu rutin dibersihkan adalah bagian jok atau kursi di mobil. Jok mobil yang berfungsi sebagai tempat duduk pengemudi dan penumpang harus selalu diperhatikan kebersihannya. Karena, jok mobil, selain berkaitan dengan kesehatan juga berpengaruh pada kenyamanan pengemudi maupun penumpang.

    Jika jok mobil kotor dan berbau bahkan berjamur, tentu saja sangat tidak nyaman saat digunakan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, memastikan kebersihan jok mobil menjadi penting untuk menghindari menempelnya virus atau penyakit menular lainnya.

    Cara membersihkan interior mobil bagian jok mobil menyesuaikan jenis bahan yang digunakan jok mobil.

    • Jok berbahan kulit

    Jika jok mobil berbahan kulit, cara membersihkannya lebih mudah dibandingkan jok berbahan kain karena tidak perlu dikeringkan.

    Cukup bersihkan dengan lap kain bisa dengan air maupun larutan khusus pembersih jok mobil kulit, lalu seka kembali dengan lap kering. Untuk bagian sela-sela jok yang sulit, bisa dibersihkan dengan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner

    • Jok berbahan kain

    Sedangkan, untuk membersihkan jok mobil berbahan kain, langkah pertama yakni terlebih dahulu membersihkan debu-debu dengan vacuum cleaner. Setelah itu, bersihkan dengan jok dengan cairan pembersih khusus untuk jok mobil, bisa juga dengan deterjen. Saat membersihkan jok, gosok permukaan jok dengan searah dan perlahan untuk memastikan kotoran terangkat, tanpa merusak struktur kain jok. Setelah itu, bilas jok kain kemudian lap bersih dan keringkan.

    2. Membersihkan dashboard

    Cara membersihkan interior mobil berikutnya yang juga perlu dipastikan kebersihannya adalah dashboard mobil. Ini karena dashboard mobil komponen yang mudah sekali berdebu.

    Saat kaca atau pintu mobil dibuka, bagian dashboard ini yang sering terkena partikel debu karena berada di paling depan.

    Tidak sulit membersihkan bagian dashboard mobil. Kamu bisa menggunakan lap basah dan kemudian diseka ulang dengan lap kering, menggunakan vacuum cleaner, maupun kemoceng.

    Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu membersihkan bagian dashboard. Karena dashboard mobil ini juga bersinggungan dengan komponen lain yang ada di mobil, mulai dari lampu indikator mobil, elektronik, pusat kontrol fitur mobil, head unit dan lainnya, maka perlu lebih berhati-hati agar cairan tidak masuk mengenai bagian tersebut.

    3. Membersihkan bagian plafon mobil

    Selain bagian jok dan dashboard, bagian plafon atau langit-langit mobil juga penting untuk selalu dibersihkan. Sebab, saat kamu membuka pintu mobil maupun jendela, plafon menjadi bagian yang sering terkena debu dari luar. Jika plafon jarang dibersihkan dan dibiarkan kotor, akan berpengaruh pada keawetan plafon tersebut, apalagi jika terbuat dari bahan fabric berserat.

    Cara membersihkannya pun cukup mudah, bisa menggunakan kain berbahan halus dan lembut. Hal ini agar kain yang digunakan tidak merusak struktur plafon mobil. 

    Kamu juga bisa menambahkan air maupun cairan pembersih khusus plafon mobil saat hendak membersihkan bagian langit-langit. Namun, pastikan plafon mobil dilap hingga kering, untuk memastikan plafon tidak lembab dan juga apek.

    4. Membersihkan bagian karpet mobil

    Karpet mobil menjadi bagian yang juga harus selalu dibersihkan. Sebab, karpet mobil ini menjadi bagian yang paling mudah kotor. Karena letaknya berada di lantai bawah mobil membuat karpet mobil sering diinjak oleh kaki.  Kotoran yang dibawa dari alas kaki kemudian mudah menempel di karpet mobil dan bisa menjadi sarang penyakit.

    Selain itu, jika pengemudi maupun penumpang makan di dalam mobil, sisa maupun remahannya juga sering jatuh di karpet mobil. Karena itu, karpet mobil menjadi bagian yang harus sering dibersihkan.

    Cara membersihkan interior mobil bagian karpet mobil disesuaikan dengan bahan jenis karpet mobil.

    • Karpet mobil berbahan karet

    Jika karpet mobil terbuat dari karet, cara membersihkannya yakni terlebih dahulu keluarkan karpet dari dalam mobil untuk memudahkan pembersihan. Setelah itu, bersihkan debu, kotoran yang ada di karpet mobil.

    Baru kemudian, sikat dan cuci dengan air maupun cairan khusus cuci mobil, lalu bilas. Setelah bersih, jemur sebentar hingga karpet mobil benar-benar kering dan bersih. Karena berbahan dasar karet, kamu tidak perlu lama untuk menunggu karpet kering.

    • Karpet berbahan kain

    Sedangkan jika karpet mobil berbahan dasar kain, pertama kamu terlebih dahulu mengeluarkan karpet mobil dari mobil. Kemudian hilangkan debu maupun kotoran dengan menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan pembersihan dengan membasahi karpet dengan air maupun cairan khusus cuci mobil.

    Lalu sikat menggunakan sikat halus agar debu maupun kotoran atau remah-remah makanan di karpet benar-benar terangkat. Setelah itu, bilas dengan air seluruh bagian karpet mobil. Baru kemudian karpet dijemur hingga kering.

    Setelah karpet dikeluarkan dari dalam mobil, kamu juga perlu membersihkan lantai mobil untuk memastikan tidak ada kotoran atau sisa makanan yang tertinggal. Untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner.

    Tips Menjaga Kebersihan Interior Mobil

    1. Bersihkan secara rutin

    Untuk memastikan interior mobil selalu terjaga kebersihannya, bersihkan interior mobil secara rutin. Tidak perlu menunggu hingga interior mobil sangat kotor, karena cara membersihkan interior mobil akan lebih sulit dan bisa menjadi sarang kuman atau bakteri.

    2. Siapkan tempat sampah di dalam mobil

    Untuk menghindari banyaknya sampah atau kotoran di mobil, sebaiknya sediakan tempat sampah di dalam mobil. Dengan begitu, tidak ada alasan bagi penumpang maupun pengemudi membuang sampah sembarangan di jok mobil, pintu maupun karpet mobil.

    Nah itu dia berbagai alasan kenapa penting menjaga kebersihan mobil. Mari jaga kebersihan mobil demi kenyamanan dan kesehatan pengemudi maupun penumpang.

    Jika tak cukup waktu untuk mempelajari cara membersihkan interior mobil, kamu juga bisa membersihkan mobil kamu di tempat maupun bengkel cuci mobil.

    Tidak perlu khawatir mencari bengkel terdekat, Otoklix, aplikasi booking servis mobil akan memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat. Apalagi biaya servis bisa lebih hemat hingga 50%!