Suara knalpot standar pabrikan mungkin bagi sebagian orang kurang menarik. Banyak para pemilik mobil yang ingin membuat suara knalpot menjadi ngebas padat, bukan hanya knalpot racing yang memiliki suara bising. Mengganti knalpot standar dengan knalpot racing memang bisa meningkatkan performa mobil.

Pertanyaannya, lalu bagaimana cara membuat knalpot ngebas padat pada mobil dan performanya bisa meningkat? OtoFriends tidak perlu khawatir karena tim Otoklix sudah menemukan 8 cara membuat suara knalpot racing pada mobil menjadi lebih enak didengar. Simak penjelasannya sampai akhir ya OtoFriends! 

    Cara Membuat Knalpot Ngebas Padat

    Sebelum melakukan modifikasi knalpot standar atau menggantinya dengan knalpot racing, pastikan sudah sesuai dengan aturan ya. Kamu bisa mengukur tingkat kebisingan dengan menggunakan alat pengukur suara knalpot seperti desibel meter.

    Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor menyatakan bahwa baku mutu maksimal untuk suara kendaraan mobil berpenumpang adalah 77 desibel (dB). Jadi pastikan suara knalpot mobil OtoFriends tidak lebih dari 77 dB ya.

    Berikut cara membuat knalpot ngebas padat yang bisa dicoba:

    1. Membobok knalpot

    Membobok knalpot adalah cara yang paling mudah dan umum yang dilakukan oleh pemilik kendaraan. Membobok mobil ini memerlukan biaya yang paling murah karena hanya memodifikasi knalpot standar saja. Membobok knalpot adalah proses menghilangkan beberapa komponen penyekat yang ada pada knalpot.

    Membobok knalpot bisa dilakukan di bengkel spesialis knalpot custom atau datang ke tempat las. Caranya dengan memotong pada ujung knalpot. Kemudian saat knalpot sudah terbuka silahkan ambil penyekat/saringan yang terletak pada silincer knalpot.

    Jika sudah knalpot bisa disambung lagi menggunakan las. Silahkan dicoba apakah hasilnya sudah sesuai atau belum.

    Baca juga: Modifikasi Knalpot Mobil Racing Anti-Mahal, di Bawah 500 Ribu

    2.  Menambah panjang corong/silincer knalpot

    Cara kedua membuat knalpot ngebas padat ini lebih mudah dan simpel. Karena kamu tidak perlu memodifikasi knalpot standar. Kamu cukup menambahkan corong/silincer khusus pada ujung knalpot dengan ukuran yang lebih besar.

    Komponen ini bisa kamu dapatkan di bengkel-bengkel aksesoris mobil. Sebelum membeli, pastikan ujung corong knalpot ini sesuai dengan tipe mobil ya agar pas saat pemasangan.

    3. Menggunakan glasswool/peredam

    Glasswool atau peredam merupakan komponen yang ada pada knalpot yang berfungsi membuat knalpot racing menjadi lebih padat dan ngebas. Tanda peredam knalpot sudah minta ganti bisa diketahui dari suara knalpot menjadi pecah. Saat penggantian glasswool, usahakan spesifikasinya sama mulai dari jenis, ukuran dan ketebalannya. 

    4. Gunakan knalpot dengan header panjang

    Header atau leher knalpot bisa membuat suara knalpot ngebas. Caranya dengan menambah panjang leher knalpot standar. Kamu bisa menggunakan satu leher knalpot atau dua leher knalpot. Jika menggunakan satu, maka diameter pipa akan lebih besar. Sedangkan untuk dua leher knalpot, ukuran pipa lebih kecil sesuai kebutuhan saja.

    Baca juga: Begini Cara Membuat Knalpot Mobil Nembak dan Keluar Api

    5. Menutup sebagian lubang knalpot

    Bagian yang ditutup terletak pada ujung knalpot. Tidak semua bagian knalpot ditutup, hanya pada bagian tertentu saja yang ditutup agar hasil pembakaran tetap bisa keluar lewat knalpot. Jadi tidak akan berpengaruh atau menurunkan performa mobil.

    Kamu bisa datang ke bengkel modifikasi knalpot. Untuk ukuran idealnya berapa ukuran penutup setiap mobil pasti berbeda. Teknisi yang berpengalaman akan lebih tahu berapa ukuran yang ideal agar bisa membuat knalpot ngebas padat. Silahkan konsultasikan terlebih dahulu apakah memungkinkan dan berapa biayanya.

    6. Upgrade knalpot racing satu set

    Jika OtoFriends tidak mau ambil pusing, cara membuat knalpot ngebas padat adalah dengan mengganti knalpot racing mobil satu set. Jadi kamu tinggal membeli knalpot mulai dari header sampai lubang knalpot. Tetapi biaya upgrade satu set knalpot yang pasti lebih mahal. Contoh beberapa merk knalpot ternama seperti Spoon,  Fujitsubo, HKS, Greedy, Mugen dan sebagainya.

    7. Periksa kebocoran pada sambungan knalpot

    Saat suara knalpot mobil sudah ngebas dan padat, tetapi tiba-tiba suara berubah tidak seperti biasa. Langkah yang pertama adalah cek apakah ada kebocoran pada sambungan knalpot atau tidak.

    Karena menggunakan knalpot hasil modifikasi, besar kemungkinan kebocoran suara knalpot sering terjadi. Cara memeriksanya dengan memperhatikan suara knalpot apakah ada suara aneh angin yang bocor.

    Baca juga: 4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air Terus-Menerus

    8. Jangan lupa seting kembali

    Suara knalpot aftermarket mobil kebanyakan mengeluarkan suara yang kencang, nyaring dan kurang enak didengarkan. Jadi setelah melakukan modifikasi atau mengganti knalpot baru, usahakan untuk melakukan setting ulang. Pastikan suara yang keluar sudah sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai dengan batas aturan dari pemerintah. Dengan begini kamu bisa mendapatkan suara yang enak didengar tanpa harus melanggar aturan hukum.

    Bagaimana OtoFriends, knalpot mobil kamu sudah bisa mengeluarkan suara ngebas padat seperti mobil balap? Setelah mengganti atau memodifikasi knalpot, jangan lupa untuk melakukan setting ulang pada mesin mobil. Karena mengganti knalpot standar akan meningkatkan kompresi udara pada ruang bakar sehingga aliran gas buang lebih lancar.

    Untuk itu disarankan setelah melakukan penggantian atau modifikasi knalpot supaya melakukan seting karbu atau ECU mobil di bengkel langganan. Pastikan mobil untuk selalu dilakukan service rutin dan ganti oli secara berkala agar mesin tetap normal tidak ada kendala. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik di sekitar tempat tinggal kamu, yuk coba sekarang!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Cara Membuat Knalpot Ngebas Padat :


    Suara knalpot berubah bisa disebabkan karena kebocoran pada knalpot, untuk itu lakukan pengecekan apakah knalpot normal atau bermasalah.


    Suara knalpot menjadi berubah dibarengi dengan kinerja mesin yang lebih berat, pastikan untuk melakukan setting ulang setelah memodifikasi knalpot.


    Suara cempreng terjadi karena pipa saringan pada knalpot yang bergetar sehingga membuat suara knalpot menjadi cempreng.