Bila knalpot keluar air hitam saat mesin mobil sedang dipanaskan biasanya respons kita adalah panik dan bertanya-tanya, bagian mesin atau komponen mobil mana yang rusak? Padahal knalpot mobil keluar air tidak melulu menandakan adanya kerusakan. Hal tersebut merupakan kondisi yang wajar terjadi.

Seharusnya knalpot mengeluarkan gas saat mesin mobil dipanaskan. Akan tetapi, saat knalpot mobil keluar embun air adalah kondisi yang normal-normal saja terjadi pada mobil yang menggunakan sistem electronic fuel injection (EFI). Bagaimana dengan mobil yang tidak menggunakan sistem EFI tersebut?

Untuk mengetahui seberapa normal atau seberapa bahayanya knalpot mobil keluar air berikut ini penjelasan lebih lengkapnya dan penyebab knalpot mobil keluar air terus-menerus.

Baca juga: Fuel Injection: Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Kelebihan

Mengapa Knalpot Mobil Keluar Air Terus Menerus?

Knalpot mobil keluar air dan asap adalah hasil proses pembakaran bahan bakar dan udara di ruang pembakaran sehingga menghasilkan karbondioksida dalam bentuk asap dan uap air. 

Namun bila ternyata knalpot mobil keluar air terus-menerus maka penyebabnya adalah proses kondensasi yang terjadi di mana perbedaan temperatur di dalam dan di luar mobil yang cukup tinggi saat mesin dihidupkan. 

Kondensasi merupakan proses perubahan wujud gas menjadi air atau uap air. Perubahan wujud ini bisa terjadi saat mobil berada di suhu tinggi dalam durasi yang lama, misalnya saja saat mobil diparkirkan semalaman dan baru digunakan keesokan harinya. 

Saat malam mobil diselimuti oleh suhu dingin yang begitu tinggi. Sedangkan di pagi hari saat kita menyalakan mesin mobil, maka perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil akan terjadi. 

Apalagi sebagian besar material pembuat mobil berbahan dasar besi yang baik sebagai penghantar panas. Maka tak heran bila air yang keluar dari knalpot sudah bukan tetes demi tetes lagi melainkan dalam volume yang cukup banyak.

Baca juga: 6 Komponen Knalpot Mobil, Fungsi, dan Cara Kerja

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air 

Lain halnya bila kita baru melintasi medan jalan yang digenangi air seperti melintasi jalanan banjir. Maka air yang masuk ke dalam mobil akan ditampung di dalam pipa pembuangan.

Sekalipun tidak masuk ke bagian ruang mesin, tetapi air yang berada di dalam pipa pembuangan cukup banyak sehingga kita perlu menyalakan mesin mobil untuk membuatnya keluar melalui knalpot mobil. 

Selain karena banjir, ada 5 penyebab knalpot mobil keluar terus-menerus dalam volume yang cukup banyak.

Terdapat catalytic converter di dalam mesin mobil

Catalytic converter yang disimpan di dalam mesin mobil membuat gas-gas karbondioksida atau gas beracun yang keluar melalui pipa pembuangan ini berkurang volumenya. Saat sisa gas tersebut akan keluar namun terkena suhu dingin, maka gas tersebut akan berubah menjadi tetesan air saat keluar dari knalpot mobil.

Reaksi kondensasi di dalam knalpot mobil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa sebagian besar mobil yang mengalami kondisi di mana knalpot mobil keluar air disebabkan oleh reaksi kondensasi di dalam knalpot mobil akibat perbedaan temperatur atau suhu di dalam mobil dan di luar mobil. 

Contoh kasus yang paling mudah ditemukan adalah saat mobil terparkir semalaman. Saat mesin mobil dipanaskan di hari berikutnya maka kita bisa melihat air menetes dari knalpot mobil karena proses pembakaran tersebut menghasilkan suhu panas dan gas karbondioksida sedangkan di luar mobil bersuhu tinggi.

Gejala kerusakan piston mobil

Namun pada beberapa kasus saat knalpot mobil keluar air dan asap juga bisa menjadi tanda atau gejala kerusakan pada piston mobil. Biasanya gejala lanjutannya dengan tercium aroma yang kurang sedap seperti bau hangus atau bau terbakar dari knalpot mobil.

Saat hal ini terjadi maka sudah waktunya membawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa lebih lanjut oleh teknisi. Sebab saat piston mobil rusak maka solusi terbaiknya adalah dengan mengganti komponen piston tersebut.

Mobil melintasi genangan air

Penyebab knalpot mobil keluar air yang terakhir adalah saat mobil terendam air, atau mobil melintasi permukaan jalan yang tergenang air atau melintasi area banjir.

Termasuk saat kita selesai mencuci mobil, biasanya ada sisa air yang terendam di dalam knalpot mobil. Oleh karena itu wajar saja bila knalpot mobil keluar air karena untuk mengeluarkan sisa air tersebut.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dan 5 Penyebabnya

Itulah penyebab knalpot mobil keluar air. Untuk mencari tahu informasi lain tentang bagaimana cara merawat mobil, OtoFriends bisa mencari tahu di situs otomotif terpercaya. Namun bila mencari bengkel mobil berkualitas maka bisa mencari tahunya di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Knalpot Mobil Keluar Air

Knalpot mobil keluar air merupakan hal yang normal untuk mobil yang menggunakan sistem EFI. Selain itu karena perbedaan suhu di dalam komponen mobil dan di luar mobil maka terjadi kondensasi yang menyebabkan knalpot mobil keluar air.

Knalpot mobil keluar air dan asap berwarna putih disebabkan terendam dan terperangkapnya air di dalam knalpot mobil yang menguap bersama gas buangan.

Dampak yang terjadi saat air masuk ke dalam knalpot mobil adalah mesin mobil sulit dinyalakan sehingga diperlukan perbaikan khusus.