Pengetahuan yang wajib dimiliki pemilik mobil atau pengendara mobil adalah bagaimana cara jumper aki mobil, khususnya bagaimana cara jumper aki darurat di kondisi-kondisi tertentu.

Bisa saja sewaktu-waktu mobil akan mogok di tengah jalan. Sudah distarter tetapi masih sulit untuk menyala mesin mobilnya sehingga kita perlu melakukan jumper aki dalam keadaan darurat.

Penyebab aki soak adalah usia pemakaian yang sudah habis atau mobil dibiarkan terparkir begitu saja di bagasi tanpa pernah dipanaskan mesinnya. Daripada kita harus ketiban masalah menghadapi mobil mogok di tengah jalan. Yuk, pahami cara jumper aki mobil yang benar.

Cara jumper aki mobil di situasi darurat yang benar

1. Persiapan Jumper Aki Mobil

Sebelum melakukan jumper aki mobil, pastikan bahwa alat-alat yang berhubungan dengan kelistrikan mobil. Cabut dulu pemantik rokok atau charger ponsel karena bisa menyebabkan tenaga tidak stabil saat melakukan proses jumper.

Saat proses jumper, kedua mobil harus dalam keadaan mati dan cabut kunci untuk menghindari mesin yang tiba-tiba hidup. 

Apabila menggunakan mobil transmisi otomatis, atur tuas transmisi di ‘P’, tetapi jika menggunakan mobil transmisi manual, atur ke posisi netral ya. 

Rem tangan atau rem parkir juga diaktifkan agar mobil tetap diam saat dilakukan transfer daya dengan cara jumper aki mobil.

Pastikan aki donor memiliki kapasitas voltase yang sama dengan mobil kita. Setelah itu kita bisa membuka kap mesin mobil dan memperhatikan posisi kutub terminal positif dan negatif dari kedua aki. 

Persiapkan juga kabel jumper yang cocok untuk kedua aki mobil. Kabel jumper memang didesain memiliki bahan yang tebal agar tidak terjadi konsleting saat terjadi arus listrik yang sangat tinggi ketika jumper aki mobil. 

Kabel jumper mudah ditemui di toko aksesoris mobil dengan harga sekitar Rp40-100 ribuan untuk tegangan 100-200 ampere. Harga kabel jumper untuk 400-600 ampere sekitar Rp100-300 ribuan.  Jangan gunakan sembarang kabel ya. 

Baca Juga: Harga Aki Mobil Terbaru, Jenis, dan Tips Pentingnya

2. ​​​​​​​Mengatur posisi mobil

Apabila persiapan sudah siap, maka atur posisi mobil dengan mendekatkan kedua mobil. Hal ini dilakukan karena kabel jumper umumnya tidak terlalu panjang. Atur posisi mobil bersebelahan. Maka dari itu, jika memungkinkan, carilah lahan yang cukup luas.

3. ​​​​​​​Menghubungkan kedua aki dengan kabel jumper

Kabel jumper terlihat seperti kabel biasa, tetapi ada penjepit di kedua ujungnya. Kita perlu memahami posisi kedua kutub terminal aki. Kutub positif ditandai dengan “+” dan kutub negatif ditandai dengan “-”. 

Ada juga aki yang menandai kutub positif dengan warna merah dan kutub negatif dengan warna hitam. Untuk memastikan warna atau tanda kutub ini, bersihkan dulu aki yang kotor dengan lap.

Cara jumper aki mobil ini bisa dilakukan dengan cara menghubungkan kutub positif dengan kutub positif juga, dan sebaliknya. 

Gunakan penjepit kabel ke kutub positif atau kutub berwarna merah pada aki mobil yang bermasalah terlebih dahulu, baru pasang penjepit ke kutub positif aki yang masih berfungsi.

Kemudian, jepit kutub negatif atau ujung klem kabel hitam dari mobil dengan aki yang berfungsi kemudian pasang ke kutub negatif aki yang soak. Pastikan jepitan sudah kokoh dan tidak mudah terlepas ya.

Perhatikan untuk tidak menghubungkan kabel hitam atau negatif ke baterai yang mati karena dapat membahayakan. 

Pasalnya banyak orang yang menganggap aliran setrum bisa lebih maksimal dengan cara tersebut. Padahal, bisa terjadi kemungkinan keluar gas yang mudah terbakar dari aki yang soak.

Baca Juga: Cara Service Aki Mobil yang Soak Tanpa ke Bengkel

4. Hidupkan kembali mesin mobil

Setelah menghubungkan kedua aki, selanjutnya coba menghidupkan kembali mesin mobil. Namun, hidupkan mesin mobil donor dulu baru hidupkan mobil yang akinya soak. Mobil bisa dihidupkan dengan putaran mesin di atas 1.000 rpm. 

Tunggu 5 menit dengan menekan gas secara pelan di atas kondisi idle. Cara ini dilakukan untuk mengisi daya pada aki yang bermasalah. 

Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit pada posisi idle (tidak menginjak gas). Jika mobil tidak mau menyala, maka kita bisa menunggu beberapa menit untuk membiarkan proses pengisian tenaga.

5. ​Melepas kabel jumper aki

Jika mobil sudah berhasil dinyalakan artinya aki yang soak sudah mendapat cukup tenaga. Kemudian, hal terakhir dalam cara jumper aki mobil adalah melepaskan kabel jumper.

Lepaskan kabel pada kutub negatif pada mobil dengan aki soak terlebih dahulu, baru setelah itu lepaskan kabel pada kutub negatif yang menempel di mobil donor. 

Lakukan juga pada kabel di kutub positif dengan urutan yang sama. Hati-hati saat melepaskan kedua kabel ya. Proses cara jumper aki mobil sudah selesai.

Baca Juga: Aki Mobil Tekor? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara jumper aki dengan powerbank

Selain melakukan jumper aki mobil dengan aki mobil lainnya, sebenarnya OtoFriends bisa melakukannya dengan powerbank. Namun dengan catatan, powerbank yang digunakan memang punya fitur khusus dan kapasitas besar sehingga bisa mengisi aki mobil.

Saat ini sudah banyak jenis powerbank di pasaran yang dibekali kemampuan khusus untuk mengisi ulang aki mobil. Hanya saja, untuk harganya mungkin akan jauh lebih mahal dibandingkan jenis powerbank biasa.

Cara kerja powerbank ini mirip dengan baterai. Sedangkan cara jumper aki dengan powerbank sebenarnya tidak jauh berbeda saat menjumper aki dengan memanfaatkan aki mobil pendonor.

Prosesnya juga terbilang mudah, akan tetapi perlu diingat ada risiko yang perlu diperhatikan jika langkah-langkahnya tidak dilakukan dengan benar. Jika sampai salah langkah maka bisa menyebabkan terjadinya korsleting.

Cara jumper aki mobil ini memang praktis dan cepat. Tetapi cara ini hanya boleh dilakukan pada keadaan darurat ya. Setelah mobil berhasil dihidupkan kembali, maka kita perlu segera membawa mobil ke bengkel aki terdekat.

Cara jumper aki dengan power bank, di antaranya:

  • Pastikan bahwa power bank yang kita gunakan adalah produk power bank aki terbaik yang sudah dilengkapi dengan indikator pengaman.
  • Pastikan bawah power bank memiliki daya penuh.
  • Sambungkan kabel dengan ujung yang memiliki 2 penjepit, di mana penjepit warna merah untuk kutub positif dan warna hitam untuk kutub negatif.
  • Tiap-tiap kabel tersebut disambungkan ke kutub aki sesuai dengan kutubnya, kutub positif bertemu kutub positif, kutub negatif bertemu kutub negatif.
  • Pastikan bahwa indikator pengaman masih dalam keadaan mati.
  • Lalu, tekan tombol power pada power bank aki tersebut.
  • Terakhir, starter mobil maka mesin mobil akan menyala.

Cara jumper aki mobil tanpa kabel

Cara menyalakan aki mobil mati bisa juga dilakukan tanpa kabel, cukup memanfaatkan mobil yang ada di sekitar untuk melakukan jumper aki darurat. Langkahnya adalah sebagai berikut.

Mencari mobil di sekitar

Meminta bantuan kepada mobil yang sedang terparkir di sekitar kita. Namun, bila tidak ada maka OtoFriends bisa menghentikan mobil yang sedang melaju, tentunya dengan sopan, ya, biar tidak dicurigai.

Mengutarakan untuk meminjam aki mobil tersebut

Utarakan kepada pemilik mobil tersebut bahwa kita ingin meminjam aki mobilnya untuk menyalakan aki mobil yang mati. Cari tahu cara melepas aki mobil yang tepat untuk meminimalisir kerusakan pada komponen lain.

Menghubungkan aki dari kedua mobil

Cara cas aki mobil melalui jumper aki darurat ini tinggal menghubungkan kutub positif pada mobil kita dengan kutub positif dari mobil lain, begitu pula pada kutub negatif. Hubungkan menggunakan kabel jumper aki. Akan tetapi, bila tidak ada kabel jumper aki kita bisa memanfaatkan kunci roda.

Melakukan starter mobil

Terakhir, starter mobil sembari memegang jumper aki mobil tersebut guna memicu aki mobil untuk menyala.

Bagaimanapun cara yang kita gunakan untuk menyalakan aki mobil yang mati dalam keadaan darurat, saat mesin mobil telah menyala kita tetap harus membawanya ke bengkel terdekat. Cara mencari bengkel terdekat dengan mudah melalui aplikasi Otoklix.

Fitur peta pada aplikasi akan membantu kamu mendapatkan lebih dari 1.000+ bengkel terdekat se-Jabodetabek. Kamu juga bisa melakukan booking langsung via aplikasi dan hanya perlu membayar sesuai harga yang tertera di aplikasi.

Pertanyaan Seputar Jumper Aki Mobil

Jumper aki adalah mengalirkan listrik dari aki mobil donor atau secara eksternal ke mobil kita.

Umumnya, cara jumper aki mobil mulai dari mempersiapkan alat seperti kabel jumper aki dan dua aki mobil, mengatur posisi mobil dan menghubungkan kedua aki mobil menggunakan kabel jumper aki. Selanjutnya kita bisa menghidupkan mobil, bila berhasil menyala maka kita bisa melepas kabel jumper aki tersebut.

Penyebab aki mobil soak bisa karena usia pemakaian yang sudah habis atau mobil dibiarkan terparkir begitu saja tanpa dipanaskan mesinnya.