Mengetahui teknik parkir mobil ditempat sempit menjadi pengetahuan yang perlu OtoFriends ketahui sebagai pengemudi mobil. Hal tersebut lantaran tidak semua lahan parkir memiliki area yang luas. Meski area lahan parkir luas, akan tetapi belum tentu ruang parkir yang akan kita dapatkan memiliki luas yang cukup besar.

Belum lagi bila kita harus melakukan parkir mundur di jalan sempit atau teknik parkir lainnya seperti parkir paralel dan parkir lurus. Oleh karena itu, sebelum mengetahui teknik parkir mobil di tempat sempit, OtoFriends mesti percaya diri bahwa kita dapat memarkirkan mobil di lahan yang sempit.

Dengan kepercayaan diri yang maksimal, maka seluruh tubuh kita mengirim sinyal positif sehingga bisa lebih fokus. Nah, berikut ini teknik parkir mobil ditempat sempit yang bisa OtoFriends terapkan.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Parkir Mobil yang Benar

1. Mematikan Audio Lalu Membuka Jendela Mobil

Langkah pertama teknik parkir mobil ditempat sempit yakni dengan mematikan audio mobil, seperti musik ataupun radio agar konsentrasi kita tidak terganggu. Kemudian buka jendela mobil untuk melihat kondisi di sekitar lahan dan ruang parkir tersebut dengan jelas.

2. Mempertimbangkan Luas Ruang Parkir

Bukan hanya lahan atau bangunan parkir saja yang OtoFriends perhatikan luasnya, namun luas ruang parkir untuk satu mobil juga mesti kita perhatikan dan pertimbangkan. Apakah ruang parkir tersebut memiliki luas yang cukup untuk menyimpan mobil. Jangan memaksakan bila kira-kira ruang parkirnya tidak cukup untuk dimensi mobil. Bila kita tetap memaksa, maka resiko body mobil tergores atau dinding tempat parkir rusak menanti.

3. Memanfaatkan Fitur Kamera Belakang atau Sensor Parkir

Mobil terbaru saat ini telah dibekali berbagai fitur canggih yang menerapkan teknologi terbaru di industri otomotif, tak terkecuali mobil. Salah satu fitur terbarunya yakni kamera belakang ataupun fitur sensor parkir. OtoFriends bisa memanfaatkan dua fitur tersebut saat memarkirkan mobil.

Justru parkir mundur jalan sempit akan lebih mudah bila kita menggunakan kamera belakang atau sensor parkir. Sebab jangkauan penglihatan di area belakang akan semakin jelas dengan menggunakan bantuan dua fitur tersebut.

Bagaimana bila mobil belum dilengkapi dengan kamera belakang atau sensor parkir? Tak perlu khawatir karena kita dapat membeli dua fitur tersebut di toko aksesoris mobil dengan berbagai harga yang terjangkau.

Baca juga: Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

4. Menggunakan Kaca Spion

Tips supaya parkir mundur jalan sempit jauh lebih mudah adalah dengan menggunakan kaca spion. Umumnya setiap mobil memiliki 3 kaca spion yakni di bagian kanan, kiri dan di bagian tengah. 

 Masing-masing kaca spion memiliki manfaatnya masing-masing. Misalnya kaca spion tengah untuk membantu pengemudi melihat area belakang mobil saat akan parkir mundur di jalan sempit.

Begitu pula kaca spion kanan dan kiri berfungsi supaya pengemudi dengan mudah melihat sisi kanan dan kiri area sekitar mobil dan ruang parkir. Khususnya memperhatikan jarak antara body mobil dengan objek di sekitar area parkir seperti mobil lain atau dinding tempat parkir sehingga tidak terjadi goresan atau benturan ringan.

5. Memastikan Ada Sisa Ruang untuk Akses Keluar-Masuk Mobil

Saat mendapatkan tempat untuk mobil kita parkir, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan selain dimensi mobil adalah ruang bebas gerak lebih di sekitar mobil. Tujuannya untuk memberikan kemudahan akses keluar dan masuk pengemudi dan penumpang.

6. Membuat Patokan Pembatas Khusus Bila Diperlukan

Beberapa ruang parkir tidak dilengkapi dengan pembatas khusus untuk mengganjal ban mobil sehingga OtoFriends mesti menyiasatinya dengan menggunakan batu berukuran besar atau benda lainnya yang keras dan besar seperti batu bata untuk mengganjal ban mobil.

Tujuan dibuatnya patokan pembatas khusus tersebut supaya mobil tidak mudah tergelincir mundur ke belakang dan sebagai tanda bahwa mobil berada pada jalur yang benar saat akan mundur keluar dari tempat parkir.

7. Melindungi Mobil dengan Karet Pelindung

OtoFriends bisa menambah proteksi mobil dengan memberikan karet pelindung khusus di beberapa sisi seperti di bagian bumper depan atau ujung pintu untuk meminimalisir lecet dan goresan pada body mobil. Karet pelindung tersebut bisa kita temukan secara online maupun offline di toko aksesoris mobil.

8. Memeriksa Kondisi Terakhir Mobil

Cara parkir mobil di tempat sempit yang terakhir adalah dengan memastikan kondisi terakhir mobil dalam keadaan aman. Misalnya saja memastikan apakah rem tangan mobil sudah aktif atau belum sebelum kita tinggal. 

Pasalnya bila rem tangan tidak diaktifkan maka ban mobil dapat bergerak. Untuk mobil matic, OtoFriends perlu memastikan fitur Shift Lock sudah aktif atau belum untuk menjaga ban mobil agar tidak bergerak.

Selain itu, perhatikan sekali lagi posisi mobil yang terparkir. Apakah posisi tersebut menghalangi pengguna parkir lainnya, khususnya mobil lain, atau tidak. Jadi, jangan asal kita sudah mendapatkan ruang parkir saja namun tidak mempertimbangkan apakah lokasi parkir tersebut akan mengganggu pengendara lain atau tidak.

Baca juga: Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Agar Kampas Rem Awet

Tempat Memperbaiki Body Mobil Terbaik

Meski kita sudah berhati-hati dan waspada saat melakukan parkir mobil, namun terkadang body mobil tetap tergores diakibatkan pengguna ruang parkir lainnya. Bisa dikarenakan tergores saat mobil sebelah kita keluar, tergores karena pintu mobil sebelah terbuka, atau tergores karena pejalan kaki yang melintasi area parkir tersebut.

Padahal posisi kita sedang berada di luar kota dan melakukan perjalanan dinas. Tak perlu khawatir karena Otoklix memiliki rekomendasi bengkel body repair untuk memperbaiki body mobil kesayangan.

Temukan informasi seputar bengkel body repair dan promo menarik lainnya melalui aplikasi Otoklix.

Kita dapat menghemat waktu dengan melakukan booking service melalui aplikasi Otoklix. Saat menerima nomor antrian dan lokasi bengkel, kita hanyaperlu datang tepat waktu dan mobil segera diperbaiki.

Pertanyaan Seputar Teknik Parkir Mobil Ditempat Sempit

Teknik parkir mobil ditempat sempit yang paling umum dan mudah diikuti antara lain langkah pertama mematikan audio mobil dan membuka jendela, mempertimbangkan luas ruang parkir, memanfaatkan kamera belakang, sensor parkir, dan kaca spion, hingga melindungi body mobil dengan karet pelindung.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 38 Ayat 1 tentang Jalan Tol tertulis bahwa jalan tol hanya diperuntukkan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Dengan kata lain kendaraan bermotor roda 2 seperti sepeda motor ataupun motor yang memiliki CC besar tetap tidak diperbolehkan melintasi jalan tol.

Ada banyak bengkel body repair yang dapat memperbaiki body mobil, namun kita perlu mempertimbangkan teknisi dan kelengkapan peralatan bengkelnya. Adapun Otoklix memiliki rekomendasi lebih dari 200 bengkel yang dapat memperbaiki mobil dinas dengan hasil pengerjaan terbaik. Cek daftarnya di sini.