Aki mobil memiliki peranan yang cukup vital terhadap sistem kelistrikan mobil. Pasalnya komponen-komponen elektrik atau komponen yang membutuhkan aliran listrik pada mobil disuplai oleh aki. Oleh karena itu penting untuk memilih produk aki mobil yang bagus.

Beberapa komponen elektrik mobil yang membutuhkan suplai listrik dari aki mobil di antaranya lampu mobil, lampu sein, klakson, audio hingga sistem pendinginan. Sulit dibayangkan bila semua komponen elektronik tersebut tidak mendapatkan suplai listrik yang benar dari aki mobil.

Karenanya, ketahui jenis-jenis aki mobil, rekomendasi aki mobil yang bagus dan cara memilih produk aki mobil terbaik.

Jenis-jenis aki mobil

Sebelum mengetahui merk atau produk aki mobil terbaik, OtoFriends perlu mengetahui jenis-jenis aki mobil berdasarkan tipenya.

Aki basah

Jenis aki basah merupakan jenis aki yang paling sering ditemukan pada kendaraan, khususnya mobil. Keunggulan dari aki basah adalah terdapat kandungan cairan elektrolit atau cairan asam sulfat di mana kandungan air tersebut terdapat unsur timah antimony yang baik sebagai penguat timbal aki.

Akan tetapi, timah antimony sendiri bisa mempercepat volume air aki sehingga cepat habis karena proses penguapan. OtoFriends yang menggunakan aki basah harus rutin cek air aki. Bila habis maka bisa segera isi ulang.

Aki kering

Keunggulan aki kering adalah jenis aki mobil ini tidak perlu diisi ulang karena sistem pengisiannya sudah diatur oleh pabrik. 

Selain itu, aki kering berisikan cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium yang tidak mudah menguap sehingga penggunaannya cukup hemat sehingga tidak perlu diisi ulang. Perawatan aki kering terbilang cukup mudah dan murah dibandingkan aki basah.

Baca juga: Apa Itu Aki Kering, Ciri Kerusakan, dan Cara Memperbaikinya

Aki kalsium

Apabila OtoFriends mencari aki mobil terbaik maka jenis aki mobil kalsium adalah pilihan yang tepat. Sebab kutub aki kalsium terbuat dari kalsium yang memiliki daya penguapan rendah dibandingkan jenis aki mobil yang lain.

Keunggulan lain dari jenis aki ini adalah kemampuan menyuplai listrik yang baik terhadap komponen mobil. Namun kita sulit menemukan aki kalsium di Indonesia. Sekalinya menemukan aki kalsium, harga aki mobil kalsium terbilang sangat mahal.

Aki hybrid

Sesuai dengan namanya, jenis aki mobil hybrid hanya diperuntukkan untuk mobil yang dibekali mesin mobil hybrid dari pabriknya. 

Cairan yang terdapat di dalam aki hybrid merupakan perpaduan dari aki kering, aki basah, dan kalsium sehingga minim penguapan dan perawatan yang mudah serta murah.

Akan tetapi, jenis aki ini bisa membuat korosif komponen mesin mobil jangka pendek sehingga penggunaannya sendiri tidak terlalu disarankan.

Aki gel

Jenis aki mobil yang terakhir adalah aki gel yang terbuat dari material gel. Jenis aki gel merupakan aki mobil tercanggih karena tidak terdapat cairan elektrolit di dalamnya. 

Selain itu, aki ini tidak memiliki sifat korosif sehingga tidak akan merusak komponen mesin mobil. Berbicara perawatannya, perawatan aki gel cukup mudah dan usia pakainya pun terbilang cukup lama.

Baca juga: 10 Rekomendasi Merk Aki Terbaik, Ratusan Ribu hingga Jutaan

Rekomendasi aki mobil terbaik

Untuk mendukung sistem kelistrikan mobil, kita perlu cermat dalam memilih produk aki mobil yang bagus. Dengan menggunakan aki mobil terbaik maka kita bisa menekan biaya perawatan aki mobil. Berikut ini Otoklix rangkum 11 merk aki mobil yang bagus.

1. GS Astra

Siapa yang tidak kenal dengan aki GS Astra? Nama aki ini sudah familiar di telinga pengguna mobil. Aki ini adalah produksi perusahaan besar dari Astra Group. Kualitasnya terkenal tangguh dan memiliki daya tahan yang lama untuk usia aki.

Harga aki GS Astra ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp600 ribuan. Dengan harga yang terjangkau ini, aki GS menjadi primadona pengguna mobil. Aki ini cocok digunakan di iklim tropis.

Jenis yang paling banyak peminatnya adalah jenis maintenance free atau aki kering yang sangat mudah dalam perawatan. Ini yang membuat aki GS Astra menjadi merk aki kering mobil yang bagus. Selain jenis maintenance free, ada pula tipe VRLA, Hybrid, sampai tipe premium.

2. Yuasa

Yuasa juga merupakan salah satu merk aki yang bagus. Merk ini juga telah dikenal oleh masyarakat. Bahan baku dan material yang digunakan berkualitas dan dirakit secara sistematis dan detail menjadikan kualitas Yuasa menjadi sangat baik.

Dilihat dari fisiknya saja, aki Yuasa memiliki sambungan plat yang presisi dirakit sempurna. Sama seperti GS, aki Yuasa memiliki berbagai tipe aki, yaitu maintenance free AMB, New Perfecta, sampai dengan tipe DIN Type untuk digunakan pada mobil-mobil Eropa. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, mulai dari Rp570 ribuan.

3. Nagoya NS 40

Merk aki yang bagus berikutnya adalah Nagoya NS 40. Aki ini banyak digunakan pada mobil-mobil SUV seperti Terios, Avanza, Xenia, Rush, dan Suzuki Carry. Dimensi aki ini sekitar 215 x 141 x 257 mm yang cocok digunakan pada mobil Daihatsu.

Tipe NS 40 ini adalah aki kering atau dry charge yang usia pakainya lama dan tidak perlu diisi ulang air aki. Tegangan 1.260 Volt dan kapasitas 35 Ah. Aki Nagoya ini memiliki garansi resmi 6 bulan dengan harga mulai Rp560 ribuan.

4. Aki GForce

Aki GForce juga banyak digunakan pada mobil-mobil Indonesia, terutama kendaraan besar seperti truk, pickup, dan bus. Aki ini disebut-sebut sebagai aki mobil diesel terbaik. 

Bahan yang digunakan pada plat aki mobil ini adalah timah murni dengan formulasi khusus untuk membuat performa mobil lebih efisien dan tahan lama. 

Selain itu bahan yang digunakan juga adalah lead alloy. Aki GForce tersedia dalam pilihan aki kering dan aki basah. Harganya juga masih tergolong terjangkau, yaitu Rp540 ribu sampai Rp1,7 jutaan.

5. Global Battery

Aki Global Battery termasuk aki mobil terbaik. Perawatan aki mobil ini tergolong mudah dan termasuk merk aki kering mobil yang bagus. 

Aliran listrik sangat besar pada aki ini membutuhkan waktu singkat untuk menghidupkan mesin mobil. Harga aki Global Battery dibanderol sekitar Rp1,5 jutaan.

6. Motolite DIN 55530

Merk aki mobil yang bagus berikutnya adalah MOtolite DIN 55530, terutama untuk kamu pengguna mobil Chevrolet. Harga Motolite DIN 55530 menjadi pilihan terbaik untukmu. Selain untuk Chevrolet, aki ini juga cocok untuk mobil KIA. Dengan kapasitas 12 Volt, 55 Ah, garansi 6 bulan, serta dibanderol Rp1,2 jutaan, aki ini sangat worth it.

7. Bosch

Mobil-mobil yang menggunakan alternator (Alternator Management System atau AMS) membutuhkan aki yang proses pengisiannya cepat. Merk aki ini sangat cocok memenuhi kebutuhan itu. Bosch AM Hightec Silver AMS juga diklaim bebas perawatan.

Bahan yang digunakan pada aki mobil Bosch adalah logam campuran perak yang memiliki kepadatan tinggi agar menghasilkan tenaga yang lebih besar. 

Aki mobil berkualitas ini juga tahan terhadap pengisian daya yang tinggi sehingga starter lebih bertenaga dan risiko mobil mogok minimal. Harga aki mobil Bosch dibanderol dengan harga Rp670 ribu.

8. Odyssey PC680

Odyssey PC680 juga disebut-sebut sebagai merek aki mobil yang bagus dan cocok digunakan pada mobil MPV. 

Aki mobil terbaik ini cocok digunakan pada mobil-mobil MPV membutuhkan daya listrik yang cukup besar karena banyak komponen yang membutuhkan listrik. Harga aki mobil ini dibanderol sekitar Rp1,8 jutaan. Harga yang agak mahal, tetapi sebanding dengan kualitasnya.

9. Amaron

Apabila kamu bertanya apakah aki Amaron bagus tidak, ini dia jawabannya. Merk aki mobil yang bagus satu ini adalah merk asal India. Aki ini sangat cocok digunakan pada mobil di negara beriklim tropis. 

Teknologi yang digunakan pada sel baterai adalah silver and alloy yang mampu menyimpan daya lebih lama. Teknologi ini juga membuat arus listrik jauh lebih stabil.

Hal ini membuat starter mobil menjadi lebih kuat dan singkat. Aki Amaron tersedia dalam beberapa tipe seperti Hi Life Duro dan Hi Life Pro. 

Harga aki Amaron ini dibanderol sekitar Rp500 ribuan. Harga ini sebanding dengan kapasitas 12V dan 35 Ah. Apalagi dengan garansi satu tahun untuk semua produk Amaron.

10. XS Power D6500

Merk aki berkualitas berikutnya adalah XS Power D6500. Perawatan aki ini mudah dilakukan. Harga aki ini memang cukup mahal, yaitu Rp4,4 juta.

11. Optima 34/78 RedTop

Rekomendasi aki mobil yang bagus terakhir adalah Optima 34/78 RedTop. Komponen yang digunakan adalah pilihan terbaik sehingga aliran listriknya pun optimal. 

Sayangnya, aki ini masih jarang ditemukan di Indonesia, jadi kamu perlu memesannya secara online. Harga aki Optima 34/78 RedTop ini sekitar Rp2,8 jutaan.

Baca juga: Tipe Aki Mobil Beserta Harga dan Tips Memilih yang Pas

Tips memilih aki mobil yang bagus

Sesudah mengetahui produk dan merk aki mobil yang bagus maka semakin sulit untuk menentukan aki mobil mana yang terbaik dan cocok digunakan untuk mobil kita. Berikut ini tips memilih aki mobil terbaik.

Beli aki mobil di toko terpercaya

Ada banyak tempat menjual aki mobil. Mulai dari bengkel mobil resmi, bengkel mobil spesialis sampai membeli aki mobil secara online juga bisa kita lakukan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kredibilitas toko tersebut.

Pilih aki mobil sesuai spesifikasi mobil

Pilih aki mobil sesuai aturan pabrik mobil atau sesuai spesifikasi mobil. Namun, bila mobil kita memiliki beberapa aksesoris tambahan yang membutuhkan aliran listrik lebih seperti modifikasi mobil dan audio mobil maka OtoFriends bisa mendiskusikannya dengan teknisi di bengkel mobil.

Ketahui jenis aki mobil yang tepat untuk mobil

Untuk memudahkan produk aki mobil yang bagus, kita perlu mengetahui jenis aki yang digunakan mobil kita. Jenis aki mobil di antaranya aki basah, aki kering, aki kalsium, aki hybrid dan aki gel.

Jangan membeli aki mobil bekas

Jangan tergiur dengan harga aki mobil murah. Cari tahu terlebih dulu apakah yang dijual aki mobil baru atau aki mobil bekas (rekondisi). Penting untuk memastikan apakah aki mobil tersebut baru atau bekas karena aki mobil bekas berdampak buruk untuk mobil OtoFriends.

Sekian informasi merk aki mobil yang bagus. Beli dan ganti aki di bengkel terpercaya. Kamu bisa menemukan 1.000+ bengkel umum terdekat dan terpercaya untuk memperoleh aki mobil dan juga dapatkan promo ganti aki di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Aki Mobil yang Bagus

Ada banyak aki mobil yang bagus, di antaranya GS Astra, Nagoya NS 40, Global Battery, GForce, Bosch dan masih banyak lagi.

Rata-rata usia pakai mobil berkisar antara 2 sampai 5 tahun.

Jenis-jenis aki mobil di antaranya aki basah, aki kering, aki kalsium, aki hybrid, dan aki gel.