Mobil minibus keluaran Daihatsu yang terkenal selain Daihatsu Gran Max, ada juga mobil Luxio yang sudah diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2009. Saat ini Daihatsu Luxio dijual dengan harga Rp200 jutaan.

Luxio sendiri merupakan minibus hasil pengembangan dari minivan multiguna kakaknya yakni Daihatsu Gran Max. Di mana mobil Luxio memiliki 3 pilihan trim dalam satu mesin tunggal dengan pilihan 2 transmisi yakni transmisi manual dan otomatis.

Meskipun ada beberapa kabar menyebutkan mobil ini memiliki masalah khusus pada keseimbangannya, akan tetapi roda bagian depannya sendiri telah terhubung dengan rem cakram berventilasi boosters. Seperti apa spesifikasi dan harga mobil Luxio terbaru 2023? Simak penjelasan selengkapnya artikel otomotif berikut ini.

Baca juga: Daihatsu Luxio Bekas, Spesifikasi dan Harga Lengkap

Harga Daihatsu Luxio 2023

Mengutip dari situs resminya Daihatsu, berikut ini harga Daihatsu Luxio 2023 per bulan Agustus. Harga di bawah ini merupakan harga On The Road Jakarta.

Tipe Daihatsu LuxioHarga Daihatsu Luxio
Daihatsu Luxio 1.5 D M/T MC E4Rp231,9 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 X M/T Ambulance E4 STDRp243,4 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 X M/T MC E4Rp251,1 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 X A/T MC E4Rp263,2 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 D M/T MC Ambulance C E4Rp265,8 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 D M/T MC Ambulance E4Rp265,8 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 X M/T Ambulance E4Rp284,8 jutaan

Baca juga: 10+ Mobil yang Cocok Jadi Campervan, Mana yang Terbaik?

Spesifikasi Mobil Luxio 

Daihatsu Luxio merupakan mobil minivan yang masuk ke dalam kelas mobil MPV didesain khusus agar mampu menampung 8 penumpang sekaligus. PT Astra Daihatsu Motor selaku produsen mobil ini sudah memperkenalkan mobil Luxio sejak tahun 2009. 

Bagaimana performa mobil ini dan apa saja facelift yang dilakukan Daihatsu terhadap mobil Luxio? Cek selengkapnya berikut ini.

1. Performa Mesin

Seluruh varian Luxio dibekali mesin berkapasitas 1500 cc dengan kode mesin 3SZ-VE DOHC, VVTi, 4 silinder segaris, 16 katup dan teknologi pendingin cairan. Berbekal mesin tersebut, Luxio mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 97 Ps pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal sebesar 137 Nm pada 4.400 rpm.

Terdapat 2 pilihan transmisi yakni transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri sebesar 43 liter. Untuk sistem pemasok bahan bakarnya Daihatsu telah membekali teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

2. Fitur Keselamatan dan Keamanan

Sayangnya, dari sisi keselamatan dan keamanan, fitur-fitur yang dibekali Daihatsu merupakan fitur-fitur dasar seperti sabuk pengaman belakang, pelindung benturan samping, Anti Lock Braking System (ABS), kantong udara pengemudi, lampu kabut, LED High Mount Stop Lamp, Crash Sensor, pengingat sabuk pengaman dan pintu terbuka.

Sepertinya terlalu berlebihan bila menyebutkan Daihatsu Luxio sebagai adik dari Toyota Alphard hanya karena bentuk rangka dan body yang mengusung konsep boxy serta fitur pintu gesernya.

Untuk fitur pendukung kenyaman lain yang dimiliki Luxio antara lain Power Window depan, Vanity Mirror, Keyless Entry, ventilasi AC belakang, pemanas, cup holder depan dan belakang.

Dari segi infotainment, Daihatsu membekali mobil minibus ini dengan Speaker belakang, Audio 2DIN, Radio AM/FM, pemutar CD, konektivitas USB, dan speaker depan.

Baca juga: Ingin Beli Mobil Pintu Geser? Ini Rekomendasinya

3. Desain Eksterior

Sementara itu, dari desainnya sendiri gak terlalu banyak perubahan yang cukup signifikan. Bentuknya masih mengusung konsep boxy seperti generasi sebelumnya dengan penggunaan teknologi pintu geser.

Bedanya hanya di bagian grill yang menggunakan aksen krom agar terlihat lebih mewah dari generasi sebelumnya. Dimensinya sendiri memiliki panjang panjang 4.165 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.915 mm. Terdapat 4 pilihan warna yakni Classic Silver, Midnight Black Metallic, Icy White, Dark Grey Metallic.

4. Desain Interior

Sebagai mobil MPV, keunggulan mobil Luxio terletak pada kapasitas penumpang yang cukup besar dan kelapangan ruang kabin mobil. Jok mobilnya terbuat dari material fabric. Gak heran bila kita duduk di mobil ini senyaman saat duduk di sofa rumah.

Kapasitas penumpang Luxio mencapai 8 penumpang dengan konfigurasi kursi 3-3-2. Menariknya lagi, kursi penumpangnya dengan mudah dilipat sehingga kita dengan leluasa saat mau masuk ataupun keluar. Bagasi mobil ini juga cukup luas.

Demikianlah informasi seputar spesifikasi dan harga mobil Luxio keluaran terbaru tahun 2023. OtoFriends yang memiliki keluarga atau sering melakukan perjalanan bersama keluarga sangat cocok menggunakan mobil ini agar seluruh anggota keluarga dapat terangkut.

Bagaimana dengan performa mesinnya? Gak perlu khawatir karena performa mesin Daihatsu Luxio bisa lebih optimal lagi jika kita membawanya ke Bengkel Otoklix terdekat. Kenapa begitu?

Sebenarnya, rahasia keganasan suatu mobil adalah bagaimana kondisi kesehatan mesin, fitur dan seluruh komponen mobil itu sendiri. Saat mobil belum diganti olinya, kondisi AC mobil rusak, hingga tekanan ban mobil kurang tentu saja dapat mengurangi performa mobil itu sendiri.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Mobil Luxio


Mengutip dari situs resminya Daihatsu, berikut ini harga Daihatsu Luxio 2023 OTR Jakarta mulai dari Rp231,9 jutaan sampai Rp284,8 jutaan. Tipe Luxio 1.5 D MT MC E4 merupakan tipe terendah seharga Rp231,9 juta, Luxio 1.5 X AT MC E4 Rp263,2 juta, hingga Luxio 1.5 X MT Ambulance E4 tipe tertinggi sebesar Rp284,8 juta.


Kapasitas penumpang Luxio mencapai 8 penumpang dengan konfigurasi kursi 3-3-2. Menariknya lagi, kursi penumpangnya dengan mudah dilipat sehingga kita dengan leluasa saat mau masuk ataupun keluar. Bagasi mobil ini juga cukup luas.


Daihatsu Luxio tipe tertinggi adalah Daihatsu Luxio 1.5 X MT Ambulance E4 yang dijual dengan harga Rp284,8 juta, harga OTR Jakarta per Agustus 2023..