Sebagai komponen yang sangat penting bagi kendaraan, memilih aki mobil tidak bisa sembarangan. Seperti komponen lainnya, aki mobil juga harus disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan. Saat ini kamu bisa memilih aki yang benar-benar sesuai mobil kamu, karena produsen sudah memproduksi beragam jenis aki.

Otoklix akan memberikan informasi tentang jenis-jenis aki mobil berdasarkan tipenya dan juga bagaimana memilih aki mobil yang berkualitas.

Jenis Aki Mobil Berdasarkan Tipenya

Seringkali kita mendengar tentang aki basah dan aki kering. Padahal, aki mobil tidak hanya terbatas di dua jenis itu. Ada 5 tipe aki mobil yang memiliki karakteristik yang berbeda. Apa saja kelima tipe itu?

1. Aki basah

Aki basah paling banyak dan paling mudah ditemui di berbagai kendaraan. Pada aki basah terdapat cairan elektrolit H2SO4 atau asam sulfat. Cairan ini berfungsi sebagai perendam sel-sel pada aki. Air ini mengandung timah antimony yang memiliki fungsi sebagai penguat timbal. 

Tetapi, kandungan ini mudah menguap, sehingga air aki lebih cepat habis. Maka dari itu, bagi satu bulan sekali. Jika airnya sudah berkurang bisa ditambahkan dengan air accu sampai batas yang disarankan. Harga aki basah adalah sekitar Rp500-800 ribuan.

2. Aki kering

Bagi kamu yang malas melakukan perawatan aki basah, kamu bisa menggunakan aki kering. Meskipun namanya aki kering, tetapi sebenarnya menggunakan cairan yang sama dengan aki basah di dalamnya. Tetapi cairan ini mengandung timah kalsium dan berbentuk seperti gel. Tidak seperti cairan pada aki basah yang encer seperti air.

Kandungan timah kalsium ini membuat aki kering menjadi tidak mudah menguap. Tidak ada lubang pengisian juga seperti pada aki basah, kandungannya sudah diatur oleh pabrik. Jadi kamu tidak perlu repot melakukan isi ulang. Meskipun begitu, aki kering memiliki usia pakai. Umumnya usia pakai aki kering adalah 1,5-2 tahun. Harga aki kering dibanderol sekitar Rp700 ribu sampai Rp1,4 jutaan.

3. Aki hybrid

Seperti namanya, aki hybrid digunakan untuk mesin mobil hybrid. Aki ini adalah perpaduan aki kering, aki basah, dan juga kalsium. Aki hybrid tidak mudah menguap, perawatan relatif mudah dan murah.

Tetapi, kekurangan aki hybrid ini adalah adanya efek korosif terhadap mesin mobil. Komponen mesin mobil bisa rusak meskipun penggunaan aki hybrid dalam jangka waktu yang pendek. Aki ini juga jarang ditemui di toko aki mobil. Harga aki mobil hybrid adalah Rp650 ribuan untuk merk GS Astra.

4. Aki kalsium

Jika kamu bertanya, tipe manakah yang paling baik? Aki kalsium adalah jawabannya. Disebut aki kalsium adalah karena kutub aki ini menggunakan material kalsium. Sayangnya, aki kalsium ini jarang ditemukan di Indonesia.

5. Aki gel

Tipe aki mobil terakhir adalah tipe gel. Tipe ini diklaim sebagai tipe aki mobil terbaik dan tercanggih. Bahan cairannya menggunakan gel dengan bahan yang tidak bersifat korosif. Perawatan aki ini juga cukup mudah dengan usia pemakaian aki yang panjang.

Tips Memilih Aki Mobil

Setelah mengetahui tipe-tipe aki mobil, sekarang kita bahas tentang cara memilih aki mobil terbaik. Beberapa cara ini bisa kamu pertimbangkan saat berencana membeli aki.

1. Membeli di toko yang terpercaya

Salah satu faktor penting dalam memilih aki adalah membelinya di toko yang tepercaya. Bisa juga membelinya di toko resmi. Toko yang tepercaya atau toko resmi pasti menjual aki yang asli, karena saat ini banyak juga yang menjual aki palsu.

2. Sesuaikan aki dengan spesifikasi mobil

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu aki yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi mobil. Apalagi jika mobil kamu telah dimodifikasi dengan tambahan aksesoris atau sound system yang membutuhkan lebih banyak daya listrik.

3. Pilih jenis aki yang tepat

Ada beberapa mobil yang hanya cocok dengan jenis aki tertentu. Jadi, sebelum membeli aki, kamu perlu mengetahui apa saja tipe aki mobil seperti yang telah dibahas di atas dan apakah mobil kamu cocok menggunakan aki tersebut. Sehingga kamu bisa mengatur bujet pembelian aki mobil.

4. Pilih berdasarkan kapasitas aki yang akan digunakan

Selain memilih berdasarkan jenis aki, kamu juga perlu memperhatikan kapasitas aki. Kapasitas aki diukur berdasarkan ampere dan tegangan. Kamu bisa mengecek manual mobil kamu untuk mendapatkan kapasitas aki yang sesuai.

Tips memilih aki sesuai kapasitas mobil adalah menggunakan aki yang memiliki tegangan jauh lebih kecil daripada standar mobil. Aki dengan tegangan yang besar akan menyebabkan kerusakan komponen listrik pada mobil.

5. Pertimbangkan merk aki mobil terbaik

Tidak dapat dipungkiri jika merk aki yang sudah terkenal akan mempengaruhi psikologis pembeli. Merk-merk yang banyak digunakan orang biasanya memang sudah terbukti performanya baik. Maka dari itu kamu bisa mencari tahu tentang rekomendasi merk aki mobil terbaik.

6. Hindari membeli aki bekas atau rekondisi

Penjualan aki bekas atau aki rekondisi memang banyak kita jumpai. Aki bekas atau rekondisi ini dianggap bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki anggaran untuk membeli aki baru. Padahal, aki bekas ini dapat berdampak buruk bagi mobil kamu lho.

Jadi, setelah mengetahui tipe aki mobil dan tips memilihnya, semoga kamu tidak salah dalam membeli aki mobil yang tepat ya.

Kamu bisa cari ganti aki melalui Otoklix.com. Otoklix memiliki 1.000+ mitra bengkel se-Jabodetabek dengan sebagian dari daftar tersebut adalah Power Workshop Otoklix. Power Workshop sendiri merupakan bengkel yang menyediakan spare part dan pelayanan terstandardisasi Otoklix.