Klakson mobil mati jadi masalah yang tidak bisa disepelekan. Sebab, komponen ini jadi salah satu aspek keselamatan. Apalagi jika dalam situasi terdesak. Otoklix bakal membahas penyebab klakson mobil mati, cara memperbaiki, biaya servis, sampai dengan tipe-tipe klakson mobil. Simak selengkapnya.

Penyebab Klakson Mobil Mati

Sudah mengetahui cara sederhana klakson mobil bekerja, berikut beberapa penyebab klakson mobil mati secara tiba-tiba yang bisa OtoFriends ketahui:

1. Kabel konektor klakson rusak atau putus

Memanfaatkan arus listrik, tentu klakson bekerja mengalirkan arus listrik melalui kabel. Ada kemungkinan jika klakson mobil mati disebabkan oleh putusnya kabel klakson yang kemudian menyebabkan korsleting listrik terjadi.

Jamur dan karat pada kabel juga bisa menjadi penyebab. Mengatasi hal ini, melakukan servis rutin tentu sangat disarankan mengingat bahwa memperbaiki kabel klakson mobil tidak bisa dilakukan secara mandiri.

Segera bawalah ke bengkel, agar OtoFriends dapat segera mengatasi masalah klakson mobil mati dengan cara yang cepat dan tepat.

 2. Sakelar berkarat dan tidak bekerja

Jarang melakukan servis dan membersihkan komponen mesin mobil dari kotoran dan debu juga dapat membuat masalah klakson mobil mati secara tiba-tiba datang menghampiri mobil kesayangan OtoFriends.

Banyak yang lalai melakukan servis dengan alasan sibuk atau tidak ada waktu. Padahal servis mobil bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Otoklix, sehingga OtoFriends pun dapat lebih cepat dalam menentukan bengkel tempat memperbaiki klakson mobil mati miliki OtoFriends.

Saklar berkarat umumnya ditimbulkan dari kotoran dan debu yang menempel dalam jangka waktu yang lama. Sehingga OtoFriends perlu membawanya ke bengkel untuk perbaikan dan pembersihan karena memerlukan teknik dan waktu pembersihan yang rumit dan tidak sebentar.

Oleh sebab itu, rutinlah melakukan servis mobil agar mobil OtoFriends tidak mengalami masalah klakson mobil mati karena saklar yang berkarat.

Berkendara pun menjadi lebih aman dan nyaman, apabila mesin mobil selalu bersih dan terawat.

3. Sekring putus atau rusak

Sama halnya dengan komponen mesin mobil lainnya, sekring juga menjadi komponen kelistrikan mobil yang berperan penting dalam sistem kerja klakson mobil.

Jika sekring terputus bisa dipastikan bahwa rangkaian listrik yang disalurkan tidak akan sampai ke tempat tujuan. Sehingga jika sekring klakson mobil terputus, hal yang harus OtoFriends lakukan adalah segera menggantinya dengan komponen sekring yang baru.

Baca juga: Klakson Mobil: Fungsi, Jenis dan Harga Klakson Mobil

4. Relay klakson bermasalah

Relay klakson mobil yang sudah tua dan usang juga bisa menjadi penyebab klakson mobil mati secara tiba-tiba. Terlebih jika relay klakson mobil terkena air, tentu akan mengakibatkan korsleting yang berujung pada berhentinya sistem kerja klakson mobil. 

Bagi OtoFriends yang belum mengetahui, relay klakson berperan sebagai penghubung arus listrik mobil dengan sumber baterai.

Sehingga relay mobil memiliki peran sangat penting untuk dapat membuat klakson mobil bekerja dan menghasilkan bunyi.

Jika relay klakson mobil OtoFriends sudah tua dan usang, satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti relay klakson mobil dengan yang baru sesuai dengan pabrikan mobil. 

Baca juga: Cara Kerja Relay pada Mobil, Kenali Juga Fungsi-Fungsinya

5. Switch klakson rusak

Sudah pernah mendengar istilah switch klakson mobil? Switch klakson mobil berperan sebagai penghubung tekanan pada stir mobil ke sumber bunyi, sehingga jika switch klakson mobil ini mengalami gangguan atau kerusakan, tentu klakson mobil tidak akan menghasilkan bunyi. 

Jika hal ini terjadi, OtoFriends perlu melakukan pembongkaran stir mobil dan memeriksa bagian switch klakson mobil untuk dapat melakukan perbaikan dan membuat klakson mobil bekerja kembali.

6. Airbag bermasalah

Penyebab klakson mobil mati yang terakhir adalah karena airbag atau kantong udara bermasalah. Kenapa airbag bisa jadi penyebab klakson mobil mati? Sebab, airbag pengemudi terletak di bagian setir.

Kalau ada gangguan pada airbag, jalur kelistrikan juga bisa saja bermasalah dan membuat klakson tidak berfungsi.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki klakson mobil mati?

Cara Memperbaiki Klakson Mobil Mati

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki klakson mobil yang mati. Cara ini bisa dilakukan ketika suara klakson terdengar rendah.

1. Menentukan masalah pada klakson

Pertama, kenali dulu jenis kerusakan klakson mobil untuk memutuskan bagaimana cara memperbaikinya.

2. Membuka kap mesin

Selagi kap mesin dibuka, minta orang lain menekan klakson. Banyak mobil yang punya 2 klakson atau lebih. Kalau bunyi klakson terdengar rendah ketika ditekan, bisa jadi salah satu atau lebih dari klakson tersebut berhenti berfungsi.

3. Melepaskan konektor kabel

Bentuk klakson menyerupai sekring dengan kawat yang mengarah ke luar. Untuk melepas konektor kabel, tekan ke ujung bawah konektor lalu tarik kabel konektor keluar.

Setelah itu, lepaskan baut pemasangan dari pelat sambung yang melekat di kabel. Coba untuk membersihkan komponen tersebut lalu pasang kembali.

4. Minta seseorang kembali menekan klakson

Kalau klakson masih belum berfungsi setelah dibersihkan, maka OtoFriends bisa mengganti dengan klakson yang baru.

Baca juga: Cara Pasang Relay Klakson yang Benar, Harus Sesuai Urutan

Sementara itu, cara-cara di bawah ini bisa dilakukan ketika klakson benar-benar mati.

1. Memeriksa kotak sekring

Cara menemukan kotak sekring adalah dengan membacanya di manual mobil. Pada manual mobil tersebut biasanya terdapat info sekring tertentu yang terhubung dengan klakson.

2. Melepaskan sekring dengan alat

Alat-alat yang bisa digunakan antara lain pinset, tang dengan ujung runcing, atau tang biasa. Sekring tidak berfungsi kalau ada potongan logam di dalamnya yang rusak.

3. Mengganti sekring yang rusak

Kalau sekring sudah rusak, maka bisa membeli gantinya di toko alat kelistrikan mobil. Setelah dipasang yang baru, minta seseorang untuk membunyikan klakson.

4. Memeriksa apakah lampu indikator airbag menyala

Kalau sekring ternyata tidak bermasalah, OtoFriends bisa mengecek apakah lampu indikator kantong udara menyala atau tidak. Saat kantong udara bermasalah, lampu indikatornya akan menyala dan bisa saja membuat klakson gagal berfungsi.

Cara-cara tersebut memang bisa dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, kalau ragu, OtoFriends bisa mendatangi bengkel terdekat untuk ditangani oleh montir profesional. Apalagi jika berhubungan dengan komponen lainnya seperti airbag. Tentu kita tidak ingin komponen lain ikut rusak.

Biaya Servis Klakson Mobil

Pada dasarnya, biaya servis klakson mobil sebenarnya cukup murah. Umumnya mulai dari Rp35 ribu sampai dengan Rp50 ribuan saja. Bahkan, kalau sumber kerusakan hanya karena kemasukan air, biaya servisnya cuma Rp20 ribuan.

Namun, biaya ini bisa membengkak kalau ada komponen yang perlu diganti. Misalnya ingin mengganti klakson dengan tipe lain. Mengganti tipe klakson bisa menghabiskan biaya sekitar Rp100 ribu sampai Rp450 ribu. 

Sedangkan untuk biaya ganti spiral kabel klakson bisa sekitar Rp500 ribu – Rp600 ribu untuk komponen aftermarket dan Rp2 jutaan untuk komponen orisinal di bengkel resmi. Di bawah ini adalah tipe-tipe klakson mobil beserta dengan harganya.

Baca juga: Klakson Mobil Terbaik: Berikut Jenis dan Rekomendasinya

Tipe-tipe Klakson Mobil

Ada dua tipe klakson mobil, yaitu tipe electric horn dan air horn. Electric horn biasa dipakai pada mobil pribadi, sedangkan air horn dipakai pada kendaraan berat seperti bus atau truk. Dari kedua jenis tersebut, dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

1. Disc Horn

Jenis klakson ini berbentuk seperti piringan. Klakson ini terdiri atas plat resonansi, jangkar, membran, magnet listrik, kondensator, serta pegas.

Kelebihannya adalah bisa menghasilkan bunyi bernada tinggi dan juga tahan terhadap air. Harganya berkisar Rp100 ribu sampai Rp250 ribuan, tergantung merek.

2. Fanfare horn

Jenis ini dikenal juga dengan klakson keong karena bentuknya mirip rumah keong. Suara yang dihasilkan lebih berat. Namun, klakson ini mudah kemasukan air.

Oleh sebab itu, kini produsen memberikan penutup pada bagian depan dengan celah-celah agar air tidak mudah masuk. Pemasangannya juga disarankan bagian corong menghadap bawah. Harga klakson jenis ini berkisar Rp150 ribu sampai Rp300 ribuan.

3. Nautilus horn

Jenis terakhir ini sering disebut klakson kapal karena suara yang dihasilkan sangat besar. Klakson ini membutuhkan asupan listrik yang cukup besar dan stabil. Oleh sebab itu, jenis klakson ini kurang populer digunakan. Harganya mulai dari Rp450 ribuan.

Demikian informasi tentang penyebab klakson mobil mati, cara memperbaiki, serta biaya servisnya. Kalau ragu, OtoFriends bisa memperbaiki klakson di bengkel mobil terdekat. Booking servis di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. 

Sebagai tambahan informasi, layanan servis lainnya yang tersedia di aplikasi Otoklix juga lengkap. Mulai dari servis berkala, tune up, bahkan sampai body repair.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Klakson Mobil Mati :


Penyebab utama klakson mobil mati biasanya ada pada masalah kelistrikan. Bisa jadi karena kabel, sakelar, sekring, relay klakson. Namun bisa juga karena switch klakson yang rusak atau airbag bermasalah.


Masalah kelistrikan pada klakson jadi penyebab utama klakson mendadak mati. Bisa jadi karena adanya jamur atau karat pada komponen kelistrikan klakson.


Biaya servis klakson mobil tergolong murah, sekitar Rp20 ribu sampai Rp50 ribuan saja. Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk penggantian klakson yang baru. Misalnya ingin ganti tipe lain, harganya sekitar Rp100 ribu sampai Rp450 ribu, tergantung tipe yang dipilih. Sementara itu, biaya servis spiral klakson bisa mencapai Rp600 ribu untuk komponen aftermarket.