Pengumuman BBM RON 88 dan 89 bakal dihapus sudah dilakukan oleh pemerintah sejak jauh-jauh hari. Sebagai informasi, penghapusan BBM jenis bensin ini akan berlaku secara efektif mulai 1 Januari 2023 mendatang.

Penghapusan kedua BBM tersebut tertera dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 62.K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Berbagai pro kontra kemudian beredar di masyarakat begitu tahu ada dua jenis BBM yang akan dihapus. Pasalnya, BBM RON 88 atau Premium selama ini menjadi andalan masyarakat untuk bahan bakar kendaraannya. 

Lantas, mengapa BBM RON 88 dan 89 bakal dihapus? Simak jawabannya dalam artikel di bawah ini.

Alasan BBM RON 88 dan 89 Bakal Dihapus

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, per 1 Januari 2023 BBM RON 88 dan 89 bakal dihapus dan ditarik peredarannya. Jika OtoFriends belum tahu, BBM RON 88 didistribusikan oleh Pertamina dengan nama Premium. Sementara BBM RON 89 dijual di Indonesia oleh PT Vivo Energi Indonesia dengan nama Revvo 89.

Kedua BBM yang bakal dihapus dikenal sebagai BBM ramah di kantong lantaran harga per liternya tidak sampai Rp10.000. Meski banyak masyarakat yang mengandalkan keduanya untuk bahan bakar kendaraan mereka, pemerintah tetap menegaskan bahwa BBM RON 89 dan BBM RON 89 bakal dihapus atau ditarik peredarannya.

Ada alasan kuat mengapa BBM RON 88 dan 89 bakal dihapus sekalipun banyak yang kontra dengan keputusan ini. Dalam Keputusan Menteri tertulis bahwa standar dan mutu (spesifikasi) bahan bakar minyak jenis bensin (gasoline) RON 88 yang beredar di dalam negeri telah dinyatakan tidak berlaku terhitung mulai tanggal 1 Januari 2023.

Sebagai gantinya, OtoFriends bisa menggunakan bahan bakar RON 90, RON 92, RON 95, dan RON 98 yang harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan kamu. Perlu diketahui bahwa RON (Research Octane Number) merupakan besaran angka dari bahan bakar yang menunjukan seberapa besar tekanan yang diberikan sebelum pembakaran terjadi.

Dampak Penggunaan BBM RON Rendah

Meski BBM RON 88 dan 89 bakal dihapus, masih ada jenis bahan bakar lainnya dengan nilai RON lebih tinggi yang bisa dipakai untuk kendaraan kita. Penggunaan bahan bakar yang memiliki RON rendah seperti RON 88 dan RON 89 dalam jangka waktu lama akan membawa dampak buruk jika kepada kendaraan.

Kenaikan harga BBM yang terjadi belakangan ini memicu masyarakat beralih ke jenis bahan bakar yang lebih murah untuk menghemat pengeluaran tanpa menyesuaikan kebutuhan kendaraan. Apabila tetap dipaksakan, maka akan menyebabkan dampak negatif yang bisa merugikan kita nantinya.

Boros pemakaian BBM

Pemakaian bahan bakar dengan oktan rendah akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros. Pasalnya, pembakaran yang tidak sempurna dapat membuat pengemudi menginjak pedal gas lebih dalam agar mobil bisa berakselerasi.

Mesin lebih mudah kotor

Kendaraan yang menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan rendah akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna. Alhasil, bagian dalam mesin menjadi lebih kotor karena penumpukan kerak karbon. Kotoran ini cukup sulit dibersihkan kecuali dengan membuka head cylinder.

Performa mesin menurun

Ketika OtoFriends menggunakan bahan bakar dengan oktan di bawah standar, maka tenaga mesin akan menurun. Ini karena pengapian mesin harus menyesuaikan kondisi BBM yang digunakan. Akibatnya, pembakarannya menjadi kurang sempurna dan membuat performa mesin menjadi tidak akan optimal.

Jika performa mesin kendaraan menurun, sebaiknya segera bawa ke bengkel terpercaya untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut dan perbaikan bila diperlukan. OtoFriends disarankan untuk selalu melakukan servis rutin dan tune up mesin agar performa kendaraan tetap baik. Kamu bisa mencari rekomendasi bengkel terpercaya dengan bantuan aplikasi Otoklix.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar BBM RON 88 dan 89 Bakal Dihapus

RON (Research Octane Number) adalah besaran angka dari bahan bakar yang menunjukan seberapa besar tekanan yang diberikan sebelum pembakaran terjadi.

BBM RON 88 dan RON 89 termasuk dalam jenis bensin (gasoline). BBM RON 88 didistribusikan oleh Pertamina dengan nama Premium. Sementara BBM RON 89 dijual di Indonesia oleh PT Vivo Energi Indonesia dengan nama Revvo 89.

Penghapusan BBM RON 88 dan 89 dilakukan karena standar dan mutu (spesifikasi) bahan bakar minyak jenis bensin (gasoline) yang beredar di dalam negeri telah dinyatakan tidak berlaku.