Membersihkan plafon mobil selalu menjadi bagian pentin, sebab kita tidak boleh asal dalam memilih cairan pembersih. Saat ini banyak tersedia pembersih plafon mobil yang mudah didapatkan.

Memang cairan pembersih eksterior dan pembersih plafon mobil berbeda ? Iya tentu saja sangat berbeda. Hal itu karena objek material yang akan dibersihkan pun berbeda.

Jadi, kandungan yang terdapat pada cairan pembersih di masing-masing objek tentunya berbeda-beda. Cairan untuk pembersih mobil memiliki beberapa jenis, sesuai dengan peruntukannya.

Oleh sebab itu, Otoklix akan mengulas jenis-jenis cairan pembersih interior mobil yang beredar di pasaran saat ini. Berikut rangkumannya.

Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant

Cairan pembersih plafon mobil yang pertama ada Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant. Produk ini aman untuk digunakan pada material berbahan vinyl, plastik, kulit, dan fabric. 

Selain itu produk ini juga diklaim bisa membunuh kuman serta melindungi dari sinar ultraviolet. Produk ini dijual dengan kisaran harga Rp 230 ribu dengan ukuran 900  gram.

Penggunaannya pun cukup mudah. OtoFriends hanya perlu mengocok  terlebih dahulu dan kemudian semprotkan ke bagian yang terkena noda. Setelah itu gosok dengan menggunakan kain microfiber.

Baca Juga: Mudah, 4 Langkah Bersihkan Plafon Mobil Sendiri di Rumah!

Merguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner

Cairan pembersih plafon mobil selanjutnya adalah  Meguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner. Kelebihan dari cairan merek ini adalah tidak meninggalkan bau yang menyengat saat digunakan.

Sehingga banyak pemilik mobil mempercayakan Meguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner untuk membersihkan bagian interior mobilnya.cara penggunaannya pun mudah.

Kalian bisa semprotkan cairan tersebut ke bagian-bagian plafon yang kotor dan kemudian gosok dengan sikat halus atau lap bersih. Oh ya, cairan ini hanya bisa digunakan untuk material plastic, vinyl, kulit, karet dan besi.

Soal harga, Meguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner berukuran 473 ml dijual dengan kisaran harga Rp 187 ribuan. Murah bukan.

Sonax Xtreme Interior Cleaner

Pembersih yang satu ini cukup aman untuk kamu gunakan pada material yang berbahan kulit, sintetis serta fabric, juga bahan plastik. Produk foam pembersih interior mobil ini, selain dipakai untuk membersihkan jok dan dashboard, digunakan juga untuk membersihkan bagian plafon serta menjadi pembersih kabin mobil.

Untuk cara menggunakannya, kamu hanya tinggal menyemprotkan cairan ini ke area objek yang kotor. Selanjutnya, gosoklah dengan perlahan menggunakan kain microfiber.

Kemudian, kamu hanya perlu mengelapnya kembali dengan memakai kain yang bersih. Harga pembersih mobil dari produk ini ada pada kisaran Rp200 ribu cairan pembersih interior mobilan.

Armor All Cleaning Wipes

Produk kit pembersih interior mobil selanjutnya yakni Armor All Cleaning Wipes, yang mana produk ini berbentuk seperti tisu basah. Adapun harga pembersih interior mobil ini yakni Rp80 ribu untuk isian sebanyak 20 pcs.

Untuk cara penggunaannya, kamu hanya perlu mengelap langsung ke bagian yang terkena noda, sambil digosok secara perlahan. Setelah itu, lap kembali dengan menggunakan kain bersih.

Waxco Tough Stain

Terakhir, ada Waxco Tough Stain, yang diklaim sebagai produk yang bisa membersihkan noda-noda yang menempel pada material suede, fabric, plafon berbahan kain, beludru serta karpet.

Harga dari produk yang satu ini yaitu Rp75 ribuan saja dengan isinya sebesar 500 gram. Untuk cara pemakaiannya, sama dengan beberapa cairan yang sudah kamu ketahui sebelumnya.

Hanya saja, setelah kamu menyemprotkan, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1-2 menit. Kemudian, lap dengan menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan sedikit air.

Setelah mengetahui cairan pembersih plafon mobil, ada baiknya OtoFriends mengetahui cara membersihkan plafon yang benar. Terdapat beberapa cara membersihkan plafon mobil berbahan kain dengan efektif dan mudah untuk dilakukan juga.

Gunakan Lap Microfiber

Saat akan membersihkan plafon mobil OtoFriends bisa menggunakan lap berjenis microfiber. Kain jenis ini memang memiliki kemampuan untuk mengangkat debu serta kotoran di plafon mobil Anda. 

Akan tetapi jangan menggunakan lap ini dalam keadaan basah. Anda harus menjaganya tetap kering dan bersih untuk menyeka plafon.

Lakukan beberapa kali sambil menyeka searah dengan arah kain. Dengan cara ini, maka kotoran di langit mobil yang bisa dibersihkan menjadi lebih banyak lagi.

Baca Juga: 4 Bengkel Jok Mobil dan Sarung Jok Mobil Terbaik untuk Anda

Aplikasikan Cairan Pembersih Plafon

OtoFriends bisa menggunakan cairan pembersih plafon yang ada. Hal itu agar digunakan secara khusus untuk membersihkan plafon mobil dengan efektif.

Bahkan terhitung untuk seluruh material yang ada. Cara penggunaannya pun mudah.

Kalian tinggal menyemprotkan cairan ke seluruh permukaan plafon. Kemudian seka secara perlahan menggunakan lap microfiber untuk bersihkan plafon mobil.

Lakukan Berulang Kali

Guna mendapatkan hasil yang maksimal OtoFriends disarankan untuk melakukan penyemprotan cairan secara berulang-ulang. Ingat, untuk mengulangi langkah yang sama dalam satu kali kesempatan.

Tunggu sampai plafon kering, lalu lanjutkan kembali prosesnya. Dengan begitu, lem dan kain plafon pada mobil bisa tetap terjaga kualitasnya tanpa terkelupas atau copot dengan sendirinya.

Untuk OtoFriends yang ingin membersihkan plafon atau interior mobil kalian bisa datang langsung ke bengkel spesialis yang ada. Kalian bisa mencari bengkel yang ada di website dan aplikasi OtoKlix.