Umumnya masalah pada kaca mobil adalah power window macet. Power window adalah salah fitur standar pada mobil yang berfungsi sebagai sistem elektris untuk memudahkan kaca mobil terbuka dan tertutup.

Walaupun menggunakan sistem elektris, akan tetapi seringkali kaca mobil macet atau seret saat akan kita tutup atau buka. Kondisi tersebut wajar terjadi mengingat motor penggerak power window menerapkan sistem elektris.

Oleh karena itu, ketahui apa saja penyebab power window macet dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: 8 Penyebab Kaca Mobil Macet dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

Penyebab Power Window Macet dan Cara Mengatasinya

Salah satu faktor umum penyebab power window mobil macet adalah usia pemakaian power window. Idealnya usia pemakaian power window maksimal selama 5 tahun. Setelah itu, power window bisa macet dan seret sehingga kaca mobil sulit dibuka.

Namun, banyak sering terjadi di mana usia pemakaian power window di bawah 5 tahun tetapi power window sudah macet. Apa saja penyebabnya? Berikut ini penyebab serta langkah langkah memeriksa dan perbaikan power window.

1. Rel Kaca Mobil Kotor

Jendela kaca mobil merupakan komponen mobil yang terpapar langsung dengan debu dan kotoran di luar mobil sehingga lebih mudah kotor bila gak rutin dibersihkan.

Debu, partikel, dan kotoran lain yang menempel di kaca mobil tersebut dapat mengikis sikat motor brush sehingga kaca mobil sulit naik turun. Dampak panjangnya, rel kaca akan macet dan menimbulkan suara decitan kurang nyaman.

Untuk mengatasinya, OtoFriends bisa membersihkan kotoran pada rel kaca dan kaca mobil itu menggunakan spray silikon atau sejenisnya. Kemudian lap bagian jalur rel tersebut dengan kain kering bertekstur lembut supaya gak baret.

2. Saklar Power Window Korsleting

Switch power window atau saklar power window adalah komponen mobil yang dapat menggerakkan kaca naik dan turun secara otomatis serta mematikan fungsi power window tersebut. 

Saklar power window  memiliki 3 perintah antara lain window up, window down, dan window off. Ketiga fungsi tersebut dapat dioperasikan secara otomatis.

Namun, bila kita sering menggunakan saklar tersebut untuk naik atau turunkan kaca mobil, maka switch tersebut berpotensi eror karena terlalu sering atau cepat perintah yang diterima saklar. Gejala switch error yakni koneksi antara saklar dengan kaca mobil kadang-kadang terkoneksi kadang-kadang lepas koneksi.

Apabila kondisi tersebut terjadi secara terus-menerus maka risiko korsleting pada saklar power window bisa saja terjadi. Terjadi hubungan pendek arus listrik. Bila sudah terjadi maka segera ganti saklar dengan yang baru.

3. Motor Penggerak Aus

Selain saklar, power window memiliki motor penggerak khusus berupa mesin kecil yang berperan untuk mendistribusikan arus listrik menuju rotor motor yang berputar.

Sama seperti komponen mesin lainnya, motor penggerak power window dapat aus sejalan dengan usia pemakaiannya. 

Sikat motor atau brush adalah salah satu komponen motor penggerak power window yang rawan rusak dan aus. 

Saat komponen tersebut aus, maka arus listrik yang tersalurkan tertahan dan membuat kaca mobil jadi macet untuk menaik atau turunkan.

Cara mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mengganti motor penggerak power window dengan yang baru.

4. Bagian Sekring Putus

Fuse atau biasa yang kita kenal dengan istilah sekring termasuk salah satu komponen yang berperan untuk mengatur dan mendistribusikan arus listrik yang dibutuhkan komponen kelistrikan mobil.

Apabila kondisi sekring tersebut putus atau korsleting maka aliran listrik menuju power window terhenti sehingga komponen power window gak berfungsi lagi. Untuk mengatasinya kita cukup ganti komponen tersebut dengan yang baru.

Baca juga: Segini Estimasi Biaya Ganti Kaca Mobil Terbaru

5. Kabel dan Wiring Putus

Kemudian periksa kondisi kabel dan wiringnya, apakah 2 komponen tersebut putus atau ga. Apabila 2 komponen tersebut putus maka bisa menjadi penyebab power window macet. Oleh sebab itu, pastikan OtoFriends memeriksa koneksi antar kabel dan wiring.

6. Cairan Pelumasan Power Window

Power window membutuhkan cairan pelumasan untuk melancarkan kerja motor penggerak power window. Saat cairan pelumasan tersebut berkurang, maka jalur kaca mobil dan power window jadi gampang macet.

7. Regulator Power Window Rusak

Penyebab terakhir kenapa power window macet adalah regulatornya yang gak berfungsi dengan baik. Regulator berfungsi sebagai penghubung antara motor power window dengan kaca mobil. Umumnya regulator rusak berada di bagian dudukan kaca yang terlepas sehingga kaca gak bisa naik ataupun turun.

Baca juga: Mengenal Fungsi Regulator Kaca Mobil dan Cara Kerjanya

Tips Merawat Power Window Kaca Mobil

Setelah mengetahui penyebab power window macet dan cara mengatasinya, sebaiknya lakukan langkah-langkah perawatan dan pemeliharaan agar power window awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

Hal yang perlu diingat dalam merawat power window adalah gunakan fitur ini dengan bijaksana. Hilangkan kebiasaan suka menaikkan atau menurunkan kaca mobil dalam waktu cepat dan sering. 

Jika memang mengharuskan untuk membuka kaca mobil, maka OtoFriends bisa membukanya sedikit gak perlu sampai bawah asalkan ada udara yang masuk dari luar.

Tips yang kedua adalah dengan membersihkan kaca mobil secara berkala. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bawah kaca mobil merupakan komponen yang langsung terpapar debu, partikel dan kotoran. 

Karenanya kita perlu membersihkan kaca mobil secara berkala khususnya setelah berkendara di tengah hujan. Tujuannya agar kotoran tersebut gak menempel di kaca mobil.

Cara merawat power window dan kaca mobil yang terakhir adalah dengan menjaga kondisi karet rel atau jalur kaca mobil agar tetap lentur dan gak getas. Rutin bersihkan rel tersebut dengan cairan pembersih khusus.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi power window macet. Saat OtoFriends menemukan fitur atau komponen mobil bermasalah, segera bawa mobil ke Bengkel Otoklix untuk dilakukan perawatan dan pemeliharaan.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Bengkel Otoklix menawarkan harga dan biaya servis transparan dan terjangkau yang bisa kita lihat melalui aplikasi Otoklix

Bahkan Otoklix mempermudah layanan dengan memberikan opsi pembayaran secara online melalui aplikasi yang sama. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Power Window Macet

Penyebab power window macet antara lain rel kaca mobil yang kotor, saklar power window korsleting, motor penggerak aus, bagian sekring putus, kabel dan wiring putus, cairan pelumasan power window kurang hingga regulator yang rusak.

Cara merawat power window agar gak macet adalah gunakan fitur tersebut dengan bijaksana, jangan sering menaikturunkan kaca mobil, rutin membersihkan kaca mobil dan jalur relnya.

Apabila kondisi sekring tersebut putus atau korsleting maka aliran listrik menuju power window terhenti sehingga komponen power window gak berfungsi lagi. Untuk mengatasinya kita cukup ganti komponen tersebut dengan yang baru.