Konsumsi BBM Avanza yang bisa dikategorikan irit membuat mobil sejuta umat ini banyak digunakan sebagai kendaraan pribadi maupun kendaraan komersial. Keunggulan tersebut dipadukan dengan harga jual yang relatif terjangkau untuk ukuran mobil berkapasitas angkut hingga 7 orang penumpang.

Meski konsumsi BBM Avanza tergolong irit, tenaganya masih bisa diandalkan dengan transmisi 5 percepatan. Lantas, berapa sebenarnya konsumsi BBM Avanza? Berikut ini Otoklix berikan informasi terkait konsumsi bahan bakar Avanza sebagai gambarannya.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Mobil Avanza 2022, Gagah dan Canggih!

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Cara Menghitung Konsumsi BBM Avanza

Sebelum mengetahui berapa konsumsi BBM Avanza, OtoFriends juga perlu mengetahui bagaimana cara menghitungnya. Secara umum ada dua cara untuk mengukur tingkat konsumsi BBM suatu kendaraan. 

Konsumsi BBM Avanza bisa dihitung dengan cara melakukan perjalanan rute pendek yang memiliki lalu lintas ramai atau biasa disebut rute dalam kota. Pada rute ini, transmisi gigi yang digunakan sering naik turun dan kecepatan mobil cenderung berubah-ubah. Mobil sering berhenti karena situasi kepadatan di jalan raya dan lampu lalu lintas.

Sedangkan cara kedua untuk mengukur konsumsi BBM yaitu dengan melakukan perjalanan rute panjang jarak jauh atau rute luar kota. Dalam rute jarak jauh, putaran gigi akan relatif tinggi dan kecepatan mobil relatif lebih stabil. Mobil yang menjelajah saat kecepatan tinggi di putaran mesin stabil malah tidak membebankan kinerja mesin.

Konsumsi BBM Avanza

Toyota Avanza dibekali dengan mesin berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Konsumsi BBM Avanza dari kedua pilihan mesin tersebut tentunya berbeda-beda. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Konsumsi BBM Avanza 1.3

Dari sekian banyak model yang dikeluarkan oleh Toyota, Avanza 1.3 dengan transmisi manual menjadi yang paling dicari karena memiliki konsumsi BBM yang irit. Meski memakai  mesin 1.300 cc dengan kapasitas tangki 43 liter yang membuat tenaganya pas-pasan dan tidak terlalu besar, Toyota membekali Avanza 1.3 dengan teknologi VVT-i untuk menghemat BBM.

Konsumsi BBM Avanza 1.3 mencapai kisaran 13,5 km/liter hingga 14,6 km/liter di rute dalam kota. Sementara untuk rute luar kota melalui jalan tol dengan kecepatan di kisaran 80 km/jam, konsumsi BBM Avanza bisa mencapai rata-rata 18,4 km/liter. 

Jika OtoFriends mengemudikannya di kisaran 60 km/jam, konsumsi bahan bakarnya bisa tembus 22 km/liter. Pemakaian transmisi manual juga bisa menekan konsumsi BBM Avanza 1.3 melalui metode eco driving.

Konsumsi BBM Avanza 1.5

Bagaimana dengan konsumsi BBM Avanza 1.5 liter? Toyota Avanza terbaru bermesin 1.5 liter masih cenderung efisien. Pada rute perkotaan, konsumsi BBM Avanza 1.5 liter mencapai 11,6 km/liter. Sementara untuk rute luar kota melalui jalan tol, konsumsi BBM Avanza 1.5 mencapai 14,8 km/liter.

Mesin yang disematkan pada Toyota Avanza terbaru memang dikenal cukup efisien. Mobil MPV ini juga didukung dengan fitur-fitur yang semakin canggih, perawatannya yang mudah, serta suku cadangnya pun mudah untuk ditemukan.

Hanya saja, konsumsi BBM Avanza 1.5 liter masih kalah dengan Avanza 1.3 liter. Jika OtoFriends mencari mobil irit bensin, Avanza 1.3 bisa menjadi salah satu opsinya karena sudah teruji soal konsumsi bahan bakarnya.

Tips Menghemat Konsumsi BBM Avanza

Untuk lebih menghemat penggunaan bahan bakar Avanza yang OtoFriends miliki, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Simak tips berikut agar konsumsi BBM Avanza bisa lebih irit.

Pilih bahan bakar berkualitas tinggi

Pemilihan jenis bahan bakar untuk setiap mobil tergantung dari jenis mesin dan rasio kompresinya. Jika OtoFriends memilih bahan bakar yang tidak sesuai, maka akan menimbulkan berbagai permasalahan pada mesin.

Mobil Avanza direkomendasikan untuk memakai bahan bakar yang mengandung oktan minimal RON 90. Dengan kata lain, bahan bakar yang cocok untuk Toyota Avanza adalah jenis Pertalite atau Pertamax untuk hasil kinerja mesin lebih optimal.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

Nyalakan AC sesuai kebutuhan

Pemakaian AC turut mengurangi konsumsi bahan bakar Avanza. OtoFriends sebaiknya memakai AC mobil sesuai kebutuhan mengingat penggunaannya bisa memberatkan kinerja mesin mobil. 

Agar bisa lebih irit bahan bakar, OtoFriends harus mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk menyalakan dan mematikan AC. Jika cuaca sedang tidak terlalu panas, kita bisa membuka sedikit jendela mobil sebagai opsi selain penggunaan AC mobil.

Cek tekanan angin

Tekanan angin yang tidak pas bisa meningkatkan risiko ban mobil pecah. Sebaiknya, hindari menggunakan mobil yang memiliki tekanan angin pada bannya terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. 

OtoFriends perlu mengeceknya secara rutin dan menjaga levelnya sesuai dengan ketentuan pabrik. Apabila tekanan angin pada ban sesuai, mobil bisa berjalan dalam jarak tempuh yang jauh dan konsumsi bahan bakarnya pun lebih stabil.

Aktifkan fitur penghemat BBM

Toyota Avanza dibekali dengan mode berkendara ECO mode yang merupakan mode berkendara agar lebih hemat bahan bakar. OtoFriends bisa memanfaatkan bantuan eco indicator yang ada di instrument cluster untuk mengaktifkannya. Saat lampunya menyala, itu mode berkendara eco driving telah aktif

Teknologi ini dapat memberikan indikasi terhadap kebiasaan berkendara yang OtoFriends lakukan agar bisa lebih efisien dan maksimal. Cara kerja dari fitur penghemat BBM ini yaitu dengan mengaktifkan tombol Eco-Mode, kemudian akselerasi akan menyesuaikan dengan perpindahan gigi pada putaran mesin yang lebih rendah.

Parkir di tempat teduh

Meski terdengar sepele, memarkirkan mobil di tempat yang teduh ternyata juga bisa memengaruhi konsumsi BBM Avanza. Semakin dingin mobil, akan semakin sedikit bahan bakar yang menguap dari tangki.

Selain berguna untuk menghemat konsumsi BBM Avanza, parkir di area yang teduh juga bisa melindungi cat mobil agar tidak mudah pudar dan menjaga kualitas kursi penumpang di dalamnya.

Jaga laju mobil

Menjaga laju mobil tetap stabil wajib diperhatikan saat berkendara di jalan lurus tanpa hambatan seperti jalan tol. OtoFriends bisa menjaga kecepatan mobil di bawah batas maksimal jalan tol. Pada batas kecepatan 80 km/jam misalnya, mobil sebaiknya melaju di angka 60-70 km per jam.

Apabila ingin meningkatkan kecepatan, maka lakukan secara bertahap dan tidak melakukannya dengan tiba-tiba. Sebab, hal itu justru akan membuat mobil mengonsumsi lebih banyak bahan bakar.

Servis mobil secara berkala

Ketika ingin menghemat konsumsi BBM Avanza, OtoFriends perlu memerhatikan jadwal servis mobil dengan membaca panduan tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis rutin.

Perlu diingat bahwa produksi masing-masing produsen mobil merekomendasikan jadwal servis yang berbeda. Ada yang menganjurkan untuk melakukan servis mobil ketika jarak tempuh mencapai 10.000 km, ada pula yang merekomendasikan servis mobil perlu dilakukan ketika ukuran kilometer berada di angka 5.000.

OtoFriends bisa memilih bengkel terpercaya untuk perawatan mobil melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Avanza

Toyota Avanza termasuk salah satu mobil MPV yang irit bahan bakar karena dibekali dengan teknologi VVT-i.

Mobil Avanza direkomendasikan untuk memakai bahan bakar yang mengandung oktan minimal RON 90, seperti Pertalite atau Pertamax.

Konsumsi BBM Avanza 1.3 mencapai kisaran 13,5 km/liter hingga 14,6 km/liter di rute dalam kota. Sementara untuk rute luar kota melalui jalan tol dengan kecepatan di kisaran 80 km/jam, konsumsi BBM Avanza bisa mencapai rata-rata 18,4 km/liter.