Mengetahui konsumsi BBM Xpander menjadi hal utama yang harus kita ketahui saat membeli mobil. Berapa konsumsi bahan bakar Xpander? Apakah tergolong irit atau justru boros?

Mitsubishi kembali mengeluarkan Xpander generasi terbaru, Mitsubishi New Xpander Cross dengan kapasitas 7 seater. Melihat dari jumlah penumpangnya mobil ini tergolong mobil MPV, akan tetapi mesin yang dibekali Mitsubishi pada Xpander adalah mesin untuk mobil LSUV.

Seperti apa spesifikasi mesinnya sehingga diklaim kita mampu menghemat konsumsi bahan bakarnya? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Konsumsi BBM Xpander Diklaim Irit, Seperti Apa Spesifikasinya?

Konsumsi BBM Xpander

Hasil uji coba untuk mengetahui konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander Cross 2023 tercatat konsumsi BBM Xpander sekitar 14,6 – 15,4 km/liter untuk pemakaian dalam kota dengan kondisi jalanan padat. 

Adapun untuk pemakaian ke luar kota melalui jalan tol dengan kecepatan konstan sebesar 19,7 – 20,6 km/liter. Atau, secara garis besar rata-rata konsumsi BBM Mitsubishi Xpander sekitar 8,33 L per 100 km.

Bahan bakar yang digunakan selama uji coba menggunakan Pertamax dan melintasi konstruksi jalan tanjakan dengan kemiringan 15-20 derajat hingga jalanan padat ibu kota.

Perlu diingat bahwa mobil Xpander direkomendasikan menggunakan bensin Pertamax. Hal ini sesuai dengan aturan dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

Kesan yang tertinggal pasca uji coba yakni mobil ini memiliki impresi mesin baik, respons mesin halus mulai dari putaran bawah, fitur stop and go merespons cepat tanpa kendala, perpindahan transmisi smooth karena Mitsubishi membekali transmisi CVT serta suara mesin halus sampai gak terdengar di dalam ruang kabin.

Baca juga: Bengkel Mobil Mitsubishi, Pilih Bengkel Resmi atau Umum?

Fakta-fakta Dibalik Konsumsi BBM Xpander yang Irit

Dibalik konsumsi BBM yang irit, ada fakta-fakta pendukung lainnya seperti spesifikasi mesin, fitur eco mode khusus yang berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, hingga desain mobil secara menyeluruh. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Spesifikasi Mesin Mobil

Mitsubishi membekali mesin berkapasitas 1.500 cc untuk mobil Xpander dan Xpander Cross dengan konfigurasi mesin DOHC 4-silinder segaris 16 katup. Bentuk mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 Ps pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil MPV yang mampu memuat penumpang sebanyak 7 orang ini menggunakan teknologi Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control System (MIVEC) untuk mengoptimalkan proses pembakaran sehingga konsumsi BBM lebih efisien.

2. Penggunaan Teknologi Transmisi

Hasil konfigurasi mesinnya mampu menciptakan tenaga dan torsi maksimal sehingga laju mobil terasa pas digunakan untuk penggunaan sehari-hari.

Mitsubishi membekali transmisi otomatis berkecepatan ganda atau dual-clutch transmission dan transmisi CVT ikut memaksimalkan respons mesin mobil. Impresi mesinnya cukup responsif dan terasa halus saat berada di tarikan bawah.

Termasuk saat kita melakukan stop and go atau saat berkendara di tanjakan, tarikan bawahnya tetap bertenaga dan gak bikin mesin menggerung.

3. Sistem Penyaluran Tenaga Linear

Kemudian, penyaluran tenaga pada mobil Xpander ini menggunakan sistem penyaluran linear untuk tarikan bawah-tengah-atas sehingga lebih baik, khususnya saat mobil melaju di jalur bebas hambatan.

Mitsubishi cukup teliti dan serius menjadikan mobil Xpander menjadi mobil harian. Hal ini terbukti saat kita menginjak pedal gas, tarikan mesin Mitsubishi Xpander mengeluarkan rpm tengah ke atas yang pas.

4. Eco Mode

Beberapa varian dari Xpander sudah dilengkapi dengan mode berkendara Eco Mode yang berfungsi untuk mengontrol performa mesin dan transmisi untuk mendukung efisiensi konsumsi BBM, meminimalisir respons gas dan mengoptimalkan perpindahan gigi.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Hybrid Bakal Rilis 2023, Berapa Harganya?

5. Desain Body Aerodinamis

Untuk menghemat penggunaan konsumsi BBM, Mitsubishi mendesain body mobil Xpander dengan konsep aerodinamis sehingga efisiensi bahan bakar semakin maksimal.

Desain aerodinamis tersebut mampu mengurangi hambatan udara serta mengoptimalkan kerja mobil secara menyeluruh untuk mengefisiensikan bahan bakar.

6. Rutin Merawat Mobil Secara Berkala

Walaupun Mitsubishi membekali seluruh komponen dan rangka Xpander sebaik mungkin untuk menghasilkan mobil irit BBM, kita sebagai pemilik mobil perlu merawat dan memelihara kendaraan bermotor roda 4 ini.

Sebab, ada faktor-faktor lain yang bisa menjadi penyebab mobil jadi boros BBM seperti gaya berkendara pengemudi, menggunakan BBM yang kurang tepat, hingga jarang melakukan servis berkala.

Perawatan berkala yang dimaksud seperti rutin mengganti oli mobil dan seluruh cairan pelumasan kendaraan, rutin membersihkan filter udara dan fitur lainnya, rutin memeriksa tekanan ban mobil hingga rutin melakukan servis tune up secara berkala.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Kini kita gak perlu menunggu antrean lama saat melakukan servis mobil. Cukup lakukan booking service online melalui aplikasi Otoklix. Buat jadwal kapan waktu senggang kita untuk melakukan servis mobil, tinggal datang ke bengkel di waktu yang telah ditentukan.

Menariknya, Bengkel Otoklix menawarkan harga dan biaya yang transparan dan terjangkau melalui aplikasi, kemudian kita bisa memilih metode pembayaran secara online melalui aplikasi Otoklix. Segera download aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Xpander :


Hasil uji coba untuk mengetahui konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander Cross 2023 tercatat konsumsi BBM Xpander sekitar 14,6 – 15,4 km/liter untuk pemakaian dalam kota dengan kondisi jalanan padat. Adapun untuk pemakaian ke luar kota melalui jalan tol dengan kecepatan konstan sebesar 19,7 – 20,6 km/liter.


Perlu diingat bahwa mobil Xpander direkomendasikan menggunakan bensin Pertamax. Hal ini sesuai dengan aturan dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.


Alasan dibalik hematnya konsumsi BBM mobil Mitsubishi Xpander adalah tenaga dan torsi yang keluar cukup optimal didukung dengan penggunaan transmisi CVT, tersedia eco mode, sistem penyaluran tenaga linear, hingga desain body yang aerodinamis.