Melakukan penggantian ban mobil adalah hal yang tidak mudah. Perlu ada alat khusus agar pergantian ban menjadi lebih mudah. Salah satu alat yang perlu dalam pergantian ban mobil adalah alat pembuka ban mobil hidrolik atau Tyre changer. 

Alat ini penting dimiliki jika ingin lebih muda melakukan pergantian ban. Apalagi jika ingin memulai sebuah usaha bengkel. Dengan adanya Tyre changer, proses membuka ban mobil bakal mempercepat mekanik bengkel dalam membuka ban mobil. 

    Apa itu alat pembuka ban mobil hidrolik?

    Semakin berkembangnya teknologi, sangat membantu kita dalam melakukan berbagai hal. Seperti halnya membuka ban mobil membutuhkan alat pembuka ban mobil hidrolik. Dengan menggunakan alat pembuka ban membuat pekerjaan semakin cepat. Alat pembuka ban atau Tyre changer merupakan mesin untuk mengganti ban dari velgnya secara cepat dan mudah. Keunggulannya, bisa diaplikasi pada kendaraan secara cepat dan presisi.

    Baca juga: Daftar Harga Alat Pembuka Ban Mobil Terbaik dan Terbaru di 2022

    Fungsi alat pembuka ban mobil hidrolik

    Fungsi utama alat pembuka ban hidrolik atau Tyre changer secara umum adalah membantu untuk memisahkan ban dari velgnya. Caranya cukup mudah dan efektif. Prosesnya, pertama tama ban dikempeskan lebih dahulu. Setelah udara kosong, ban sisi dalam ditekan supaya mudah lepas dari pelek. 

    Selanjutnya, ban diletakkan pada mesin Tyre changer. Ban dikunci menggunakan alat press, lanjut ban sisi dalam kembali ditekan. Kemudian ban diputar hingga terlepas dari pelek. Semua dilakukan secara otomatis dengan Tyre changer. 

    Rekomendasi dan harga 

    Nah. jika ingin membuka usaha bengkel, maka wajib memiliki sejumlah alat pendukung. Salah satunya alat pembuka ban mobil hidrolik. Segini harganya.

    Tekiro Tyre Changer 

    Tyre changer Tekiro memiliki spare part yang umum dan mudah didapat. Dengan harga terjangkau, mudah digunakan dan minim perawatan menjadi solusi terbaik bagi pelaku usaha ban dalam menjalankan bisnisnya. Tyre changer Tekiro memiliki daya 750 watt, clamping (pengaturan panjang penjepit ban) 15 hingga 60cm, Wheel Diameter (diameter ban) 100cm dan Wheel Width (tebal ban) 35cm. 

    Dengan spesifikasi tersebut, Tyre changer tekiro bisa digunakan untuk semua varian kendaraan roda dua, seperti matic, bebek, skuter, motor gede, hingga motor trail. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan kompresor yang mampu mengosongkan angin ataupun mengisi angin di dalam ban dengan tekanan hingga 8 bar. Harganya berkisar mulai dari Rp17 juta.

    Baca juga: Cara Lepas Pasang Baut Ban Mobil yang Benar Agar Tidak Dol

    Krisbow Tyre Tyre Changer Epcm24

    Mesin ini berfungsi untuk melepaskan ban dari velgnya secara cepat dan presisi dengan menggunakan tenaga listrik. Alat ini dapat melepaskan ban dari velgnya dengan lebar penjepitan 15-60 cm. 

    Alat ini melepaskan ban tanpa menyebabkan goresan pada velg ataupun merusak ban yang telah dilepas. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan kompresor yang mampu mengosongkan angin ataupun mengisi angin di dalam ban dengan tekanan hingga 8 bar. Harganya ada di kisaran mulai dari Rp27 juta.

    Tyre Changer Fly Speed FS-812 

    Rekomendasi alat pembuka ban berikutnya memiliki daya 110V/220V/400V/50-60Hz dengan motor power 0,75-1,1KW. Dengan diameter roda maksimal 41 inc/1100mm. Tekanan operasi hingga 10 bar dengan berat keseluruhan 209 kilogram. Harganya mulai dari Rp19,8 juta. 

    Tyre Tyre changer hidrolik Vastar

    Model ini cukup direkomendasikan karena bisa mencapai ring 22. Alat ini memiliki tekanan operasi hingga 10 bar. Disuplai dengan daya motor 0,7KW hingga 1,1 KW dengan tegangan 110V/220V/380V. Alat yang dibanderol mulai dari Rp13 juta ini memiliki berat hingga 230 kilogram. 

    Baca juga: Jangan Lengah! Ini Ciri Ban Mobil Harus Diganti

    Tyre changer helping arm 812   

    Jenis tyre changer ini memiliki tekanan operasi 8-10 bar. Disuplai dengan daya motor 1,1 KW dengan tegangan 110V/220V/380V. Harganya dibanderol mulai dari 25 juta. 

    Sebelum membuka bengkel sendiri, bagi OtoFriends yang memiliki kendaraan dan ingin melakukan pergantian ban bisa secara rutin memeriksa kondisi ban di bengkel. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

    Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking service melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.