Mobil mogok di tengah jalan dan tidak ada bengkel terdekat. Di situasi seperti ini, jasa towing mobil sangat dibutuhkan. Namun, masih banyak pengemudi yang salah kaprah mengenali mobil yang diangkut disebut dengan mobil derek. Istilah mobil derek sendiri tidak selamanya digunakan, karena beberapa justru merupakan kegiatan towing. 

Apa itu towing mobil?

Istilah towing berarti proses pengangkutan kendaraan secara penuh menggunakan truk. Secara sederhana, towing adalah sebuah truk yang mengangkut satu jenis mobil di bagian belakangnya. 

Pengangkutan ini dilakukan dengan tujuan untuk pengiriman mobil jarak jauh maupun dekat sesuai dengan permintaan pengirim. Jasa towing sering dibutuhkan bila ada kendaraan mogok, dalam keadaan banjir atau hanya sekedar memindahkan kendaraan dari satu titik ke titik yang lain. 

Jasa towing tidak hanya digunakan untuk kendaraan roda empat atau lebih, namun juga bisa dipakai untuk pengiriman atau pemindahan motor. Apalagi motor sport, atau motor besar seperti Harley Davidson. Proses pengirimannya hanya membutuhkan syarat berupa STNK serta BPKB. Soal biaya biasanya menentukan jarak pengiriman, semakin jauh harganya akan lebih mahal. 

Ada beberapa jenis towing mobil. Yang pertama towing gendong. Di mana mobil akan diangkut seperti biasa di bagian bak truk. Jenis kedua adalah towing hidrolik yaitu pengangkutan di mana bak belakang truk akan diturunkan sejajar dengan jalan. Biasanya teknik yang kedua ini banyak diterapkan pada mobil yang memiliki ground clearance rendah. 

Jika mobil dinaikan dengan cara biasa ke dalam truk maka akan merusak bagian bawahnya. Oleh karena itu teknik hidrolik ini jadi solusi tepat, karena biasanya mobil mewah memiliki ground clearance yang rendah.

Beda towing dan derek mobil

Masih banyak yang sulit membedakan antara derek dan towing. Hal penting yang harus dipahami justru perbedaan antara towing dan derek mobil ada dalam beberapa faktor. Mulai dari cara mengangkut mobil yaitu, mobil derek menggunakan alat khusus di bagian belakang truk yang fungsinya menarik atau menderek mobil. Alat ini dikaitkan dengan bagian depan mobil sehingga bagian ban depan terangkat. Kemudian ditarik sesuai dengan kebutuhan. Jadi hanya bagian roda belakang saja yang menyentuh tanah kemudian mobil akan diderek. 

Cara mengangkut ini tentu saja jauh berbeda dengan towing yang justru mengangkut mobil secara keseluruhan. Perbedaan lainnya yakni dari penyedia jasa. Jasa towing sebagian besar dibuka oleh swasta yang membantu masyarakat untuk mengangkut mobil sesuai kebutuhan. Baik itu mudik, masalah banjir atau ingin menjual mobil. 

Sedangkan untuk derek, biasanya dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Perhubungan untuk menarik mobil-mobil yang melanggar peraturan. Misalnya seperti parkir di tempat sembarangan atau karena mengalami kecelakaan. 

Baca juga: Penting! Baca Ini Biar Mobilmu Tidak Mogok di Jalan pada Malam Hari!

Berikutnya, perbedaan jenis kendaraan yang mengangkut. Proses derek atau towing mobil harus menggunakan kendaraan khusus yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan yang diangkut atau ditarik. 

Khusus untuk kendaraan derek bisa berupa mini truck yang sudah dilengkapi dengan katrol. Sedangkan untuk towing, jenis kendaraan yang digunakan juga berupa truk tapi cukup besar agar mobil bisa muat di belakangnya. Jenisnya pun disesuaikan dengan proses pengangkutan.

Selain jenis kendaraan pengangkut, perbedaan berikut ada di jenis kendaraan yang bisa diangkut. Hadirnya komponen katrol pada truk derek membuat jenis kendaraan yang bisa ditarik pun berbeda dengan towing mobil. 

Proses derek memungkinkan kendaraan yang lebih besar seperti truk bahkan bus untuk ditarik. Sedangkan untuk towing, mobil yang diangkut tidak bisa lebih besar dari mobil yang mengangkut. 

Rekomendasi jasa towing di Jakarta 

Kebutuhan jasa towing kendaraan sudah cukup marak di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Tak hanya jika kendaraan mogok, namun juga untuk sekedar memindahkan kendaraan atau mengirim mobil dari dealer ke rumah pembeli. Berikut rekomendasi jasa towing kendaraan di Jakarta dan sekitarnya.

Jakarta Towing Service

Yang pertama, Jakarta Towing Service (JTS). Lokasinya berada di Jl Cirendeu Indah 1 Nomor 56, Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, nomor telepon 087780887070. JTS melayani konsumen 24 jam serta menggunakan kendaraan towing jenis flat deck hidrolik. Untuk harga, berada di kisaran Rp850 ribuan (update Januari 2022). Namun jika untuk ke luar kota bisa lebih mahal, di atas Rp1 juta. 

Baca juga: Rawat Kendaraan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Rutin

Tristar Transindo

Tristar Transindo melayani jasa towing mobil 24 jam dengan nomor kontak 081802122626. Alamatnya berada di Jl Boulevard Kelapa Gading Blok WB 2 Nomor 7-8 Jakarta Utara. Selain di Kelapa Gading, jasa towing yang juga melayani untuk corporate ini juga mempunyai kantor cabang di Jl Raya Tapos nomor 26, Tapos Cimanggis Depok serta di jalan Raya Tanjungpura-Klari KM 2, Karang Pawitan, Karawang. Biayanya mulai dari Rp550 ribu untuk dalam kota (update Januari 2022).

Zicoster Towing

Zicoster towing adalah rekomendasi jasa towing berikutnya. Selain ada, Zicoster juga memiliki cabang di Surabaya selain di Jakarta. Untuk alamat kantor di Jakarta ada di wilayah Kalimalang Jakarta timur. Sedangkan untuk yang di Surabaya beralamat di Jalan Kebraon 2 nomor 36 dengan nomor kontak 0812-1800-530. Sama seperti yang lain, Zicoster melayani jasa sewa towing 24 jam dengan biaya mulai dari Rp 500 ribu.

Jayakarta Towing

Rekomendasi towing mobil berikutnya adalah Jayakarta towing yang beralamat di jalan Raya Cinere Blok H nomor 350, Cinere Depok. Adapun nomor kontak yang bisa dihubungi 0812-1299-9798 dan 0813-8321-1426. Soal harga bisa langsung bertanya melalui telepon.

Saroha Towing

Saroha Towing mematok harga jasa towing mulai dari Rp550 ribu. Memiliki layanan 24 jam dan beralamat di jalan Timbul Atas 4 nomor 172 Jakarta Selatan dengan nomor kontak yang bisa dihubungi adalah 0878-2514-2900.

Atlas Indonesia  

Rekomendasi terakhir adalah Atlas Indonesia. Baru mulai beroperasi di tahun 2022, namun Atlas Towing memiliki jaringan towing di 21 kota mencakup Sumatera, Jawa, dan Bali. Atlas Towing memiliki layanan berbeda yaitu program membership dengan harga mulai Rp250 ribu bisa mendapatkan bebas biaya untuk towing di jalan selama 1 tahun. Syaratnya jarak perjalanan maksimal 50 Km. Jika lebih akan dikenai biaya tambahan Rp20 ribu per kilometer.

Baca juga: Kenali Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air, Berikut Rangkumannya

Nah, untuk menghindari agar mobil tidak mogok di tengah jalan maka kendaraan harus rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.