Saat ingin membeli mobil, biasanya kita melihat interior dan eksterior mobil. Namun, interior dan eksterior mobil tidak hanya dilihat dari segi estetika saja, tetapi juga dari segi fungsi. Apa saja komponen atau bagian eksterior mobil? Mari kita bahas satu demi satu apa saja bagian eksterior mobil dan fungsinya, aksesoris yang biasa digunakan pada eksterior mobil, dan bagian eksterior mobil yang sering dimodifikasi.

Bagian Eksterior Mobil

1. Kap mobil

Pada bagian depan mobil, terdapat penutup ruang mesin atau biasa kita sebut dengan kap mobil. Di Inggris lebih dikenal sebagai bonnet, sementara di Amerika sering disebut sebagai hood.

2. Grill

Masih di bagian depan yaitu bagian hidup mobil yang bernama grill. Selain sebagai penghias yang dibuat dengan desain cantik, secara fungsi juga berperan sebagai penutup dan pelindung radiator.

3. Bemper mobil

Bemper atau bumper mobil terletak pada bagian bawah grill. Di ujung kanan dan kirinya dipasang driving light. Posisi lampu driving light tidak boleh lebih tinggi dari lampu utama dan bumper mobil.

4. Spakbor (spakbor atau spatbor)

Bergeser sedikit ke belakang, pada bagian atas roda depan ada spakbor depan atau disebut juga sebagai front fender. Fungsinya adalah sebagai penutup ruang roda untuk mencegah cipratan air, kotoran, atau kerikil masuk ke ruang mesin. Di dalam fender ada inner-fender, biasanya terbuat dari bahan plastik yang membulat mengikuti bagian dalam fender.

5. Pilar-pilar

Di belakang spakbor depan, kita akan menemukan pilar A. Fungsinya adalah sebagai tumpuan kaca depan dan pintu depan. Kemudian ada pilar B yang letaknya di tengah bodi mobil. Fungsi dari pilar B adalah sebagai penguat konstruksi sasis pada bagian tengah dan juga tempat memasang pintu belakang.

Setelah itu ada pilar C yang berada di antara pintu belakang dan bagasi. Pilar C ini berperan sebagai dudukan kaca belakang. Ketiga pilar A, B, dan C saling berhubungan (atas-bawah, depan belakang, kanan-kiri) sehingga membentuk sangkar sasis. Bagian pilar ini jadi bagian paling kuat dari bodi mobil dan berguna melindungi penumpang dari benturan

6. Cross-member

Cross-member atau tambahan sasis ini berada di dalam ruang mesin dan bagasi. Bagian ini dipakai untuk dudukan mesin, suspensi, atau komponen lain misalnya radiator atau spakbor depan dan belakang.

Cross-member juga berfungsi sebagai penyerap benturan. Mungkin kita pernah lihat mobil yang bagian hidung atau bagasinya rusak berat akibat tabrakan padahal benturannya tidak terlalu kuat. Bukan berarti mobil tidak kuat, tetapi bagian yang rusak ini memang tugasnya menyerap benturan. Jadi tidak semua tenaga benturan sampai ke kabin mobil.

Selain itu ada juga pelindung tambahan penumpang pada mobil-mobil modern, yaitu batang pelindung di dalam pintu (side-impact beam). Fungsinya adalah meminimalisir benturan dari samping.

Aksesoris Eksterior Mobil

Setelah kita mengetahui bagian eksterior mobil, ada juga aksesoris mobil yang biasa digunakan pada eksterior.

1. Kaca film

Penting untuk memasang kaca film pada mobil karena bisa menahan radiasi dari panas matahari. Bahkan beberapa kaca film juga bisa menangkal sinar ultraviolet. Fungsi dari kaca mobil juga untuk menghindari serpihan atau pecahan kaca ketika terjadi kecelakaan agar tidak mengenai penumpang.

2. Rear spoiler

Fungsi dari rear spoiler adalah untuk meningkatkan aerodinamika mobil. Di sisi lain, bisa juga mempercantik tampilan mobil. Beberapa rear spoiler juga dilengkapi lampu led yang sudah dihubungkan dengan lampu rem. 

3. Outer mirror cover with lamp

Ini adalah aksesoris mobil yang dipasang pada bagian spion luar. Biasanya dilengkapi juga dengan lampu led dan variasi warna. Lampu ini bisa meningkatkan visibilitas untuk kendaraan lain ketika berbelok. 

4. Muffler cutter

Muffler cutter dibuat dari bahan stainless steel yang dipasang pada ujung knalpot. Fungsinya adalah mengubah tampilan knalpot menjadi lebih cantik.

5. Chrome door handle

Chrome door handle dipasang untuk menambah kesan mewah pada handle pintu.

6. Body side molding

Body side moulding berfungsi sebagai pelindung cat dari goresan atau benturan. Biasanya dipasang memanjang dari depan ke belakang di bodi samping kendaraan.

7. Front fender mirror

Aksesoris ini adalah tambahan sejenis kaca spion yang dipasang pada fender kiri. Fungsinya juga untuk meningkatkan visibilitas di sisi depan dan roda depan kiri.

8. Body kit

Body kit biasanya dipasang untuk menambah kesan sporty pada mobil. Aksesoris ini dipasang di bemper depan, bemper belakang, atau side skirt.

9. Aero mudguard

Seperti namanya, aero mudguard dipasang di dekat karet lumpur. Aksesoris ini berfungsi untuk menghalangi percikan kotoran ketika hujan. Dari segi estetika juga terlihat lebih cantik.

10. Talang air

Seperti fungi talang air pada bangunan rumah, aksesoris ini juga berfungsi mencegah air hujan masuk ke kabin saat kaca samping sedikit diturunkan.

11. Scuf plate

Scuff plate adalah aksesoris yang dipasang sebagai area pijakan.

12. Head lamp garnish

Terakhir, aksesoris ini dipasang pada headlamp agar tampilan mobil terlihat lebih cantik.

13. Retractable mirror

Aksesoris ini membuat kaca spion bisa dilipat hanya dengan memencet tombol. Fitur ini bermanfaat ketika melewati jalan sempit atau saat parkir di pinggir jalan.

Itu dia 13 aksesoris interior mobil yang bisa ditambahkan untuk menambah kecantikan atau fungsi mobil. Selanjutnya kita bahas tentang bagian eksterior yang sering dimodifikasi.

Bagian Eksterior Mobil yang Sering Dimodifikasi

1. Rear Wing

Rear wing ini akan membuat tampilan mobil menjadi lebih keren. Selain itu, rear wing juga bisa melindungi kaca belakang.

2. Velg Mobil

Bagian ini memang paling sering dimodifikasi. Banyak pilihan velg mobil yang keren, misalnya velg racing, velg klasik, dan model velg lainnya. Hanya saja, ketika memodifikasi mobil dengan mengganti velg, sesuaikan dengan ukuran ban mobil agar mobil tetap nyaman dikendarai.

3. Headlamp Mobil

Headlamp juga biasanya menjadi andalan modifikasi. Lampu depan ini dianggap bisa menunjukkan kelas mobil. Harga headlamp ini bisa mencapai jutaan!

4. Sticker Mobil

Salah satu hal yang paling mencolok saat memodifikasi mobil adalah pemasangan stiker mobil. Namun, sebaiknya direncanakan matang-matang tentang bentuk dan desain stiker agar cocok dengan mobil OtoFriends. Kalau menggunakan teknik cutting sticker, pastikan pengerjaannya rapi.

5. Bumper

Bumper juga bisa menjadi pilihan untuk membuat tampilan mobil berbeda dan terlihat mencolok. Biasanya tidak hanya bumper depan yang diubah, tetapi juga bumper belakang.

6. Warna Mobil

Mengecat mobil juga akan membuat perubahan tampilan mobil terlihat mencolok. Akan tetapi, mengganti warna mobil harus disesuaikan dengan stiker atau bumper mobil. Warna mobil juga bisa menggambarkan kepribadian pemilik mobil.

Sebelum melakukan modifikasi eksterior mobil, sebaiknya riset dan lakukan perencanaan yang matang agar tampilannya tidak mengecewakan.

Salah satu cara merawat eksterior mobil adalah dengan rajin cuci mobil di bengkel cuci mobil terpercaya pada aplikasi Otoklix. Biasanya bengkel-bengkel itu juga menyediakan layanan yang bisa membuat tampilan mobil terlihat mengkilap. Rajin membersihkan eksterior dan interior mobil bisa meningkatkan kenyamanan berkendara dan membuat tampilan mobil lebih terawat.