Sama halnya dengan tegangan listrik di rumah,  inverter power mobil dapat menghasilkan daya listrik yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone atau laptop. Karenanya, agar mobilitas sehari-hari semakin lancar, banyak orang mencari inverter mobil terbaik untuk dipasang di mobil.

Singkatnya, inverter power mobil bagian dari sistem kelistrikan mobil yang berperan dalam mengonversikan arus listrik searah (DC) jadi arus listrik bolak balik (AC) yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik apapun di dalam mobil. 

Kendati demikian, inverter power mobil hanya bisa digunakan untuk mengisi kebutuhan listrik skala kecil saja. Pada artikel ini akan membahas tuntas tentang fungsi inverter power mobil, rekomendasi merk inverter mobil terbaik, tips memilih inverter mobil terbaik dan efek penggunaan inverter di mobil.

Baca juga: Kelistrikan Mobil Bermasalah? Ini Rekomendasi Bengkel Kelistrikan Mobil

Fungsi dan manfaat inverter mobil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi komponen inverter power mobil ini mencukupi kebutuhan listrik pada mobil yang melebihi daya tampung DC. 

Apabila mobil kita cukup menggunakan daya DC, maka mobil kita bisa terhindar menggunakan inverter power mobil.

Akan tetapi, bila ternyata untuk mendukung mobilitas kita selama berkendara dibutuhkan daya listrik yang melebihi daya tampung DC maka kita bisa menggunakan inverter power mobil untuk mengubah arus searah atau DC menjadi arus bolak-balik atau AC. 

Ukuran inverter power mobil beragam macamnya, ada ukuran inverter mobil 24 volt, inverter mobil 1000 watt dan inverter mobil 3000 watt.

Sementara itu, manfaat menggunakan inverter power mobil, di antaranya:

1. Terkoneksi dengan aki mobil, dengan begitu kita bisa mengandalkan inverter mobil untuk mengisi daya listrik pada peralatan mobil yang membutuhkan listrik.

2. Mudah terkoneksi dengan alat elektronik pendukung di mobil seperti pemutar CD, tablet atau televisi kecil di dalam mobil.

3. Terkoneksi dengan mobil listrik, umumnya mobil listrik memiliki arus listrik lengkap yakni arus DC dan AC dengan output 12 volt tetapi membutuhkan tegangan sebesar 48 volt. Mungkin saja kita bisa menggunakan konverter tegangan sekaligus memberikan daya untuk inverter power mobil.

Rekomendasi merk dan harga inverter mobil terbaik

Harga inverter mobil berbeda-beda tergantung dayanya, harga inverter mobil mulai dari Rp400 ribu sampai Rp700 ribuan untuk inverter power mobil berdaya 100 sampai 300 watt.

Sedangkan inverter mobil berdaya di atas 1.000 watt harganya bisa mencapai lebih dari Rp1,8 jutaan. Berikut ini rekomendasi inverter mobil terbaik lengkap dengan keunggulan, dan harganya.

1.  Power Inverter Car BMK 200W

Power Inverter Car BMK berdaya 200 watt dijual dengan harga US 23.99 dolar atau setara dengan Rp342 ribu. Kelebihan inverter mobil ini adalah dilengkapi dengan saklar on-off yang berperan sebagai pengontrol steker listrik adaptor mobil agar penggunaannya tetap aman.

Dikenal sebagai konverter mobil 2 IN-1 karena memiliki konverter DC ke AC kontinu, 2 outlet AC dan 4 port charging USB 6.2A yang berguna untuk pengisian daya multiguna. Sifatnya yang portabel maka inverter mobil ini bisa disimpan di mana saja dan hemat space.

2. BESTEK 300 Watt Adaptor

Spesifikasi BESTEK 300 Watt Adaptor terdiri dari tegangan maksimal listrik 700 watt yang dilengkapi dengan 2 outlet AC dan 2 port USB dan lampu tali pengisi daya. 

Kecepatan pengisian daya maksimal pada inverter mobil yang satu ini mencapai 2,4 amp per port atau 4,8 amp. Dengan tegangan maksimal tersebut kita bisa mengisi daya tablet dan smartphone secara bersamaan.

Bedanya dengan inverter power mobil lainnya adalah BESTEK didesain untuk memproteksi perangkat terhadap suhu tinggi yang berlebih, korsleting atau beban pengisian dan tegangan yang berlebih. 

Dengan kelebihannya tersebut, harga yang dibanderol cukup murah yakni US 45.99 dolar atau setara dengan Rp654 ribu.

3. BESTEK 500W DC

Rekomendasi inverter mobil terbaik lainnya adalah BESTEK 500W DC yang dibanderol dengan harga US43.99 dolar atau setara dengan Rp625 ribu. 

BESTEK 500W DC memiliki teknologi mutakhir untuk memberikan proteksi terhadap pengisian daya yang aman dari suhu tinggi dan beban berlebih namun tetap bisa meminimalisir terjadinya korsleting.

Spesifikasi inverter power mobil ini memiliki tegangan DC ke AC 500 watt secara kontinu dengan tegangan maksimal 1.000 watt, multi protection built in 2-40 amps fuse yang berguna untuk memberikan proteksi perangkat dan baterai.

4. Power Inverter Mobil Kinverch 750W Continuous 1500W Peak

Power Inverter Mobil Kinverch 750W Continuous 1500W Peak cukup direkomendasikan sebagai inverter mobil terbaik yang bisa digunakan untuk liburan, berkemah atau melakukan perjalanan dinas ke luar kota. 

Daya maksimal inverter mobil terbaik ini 750W yang berkelanjutan dan 1500W dengan bagian luar inverter terbuat dari aluminium yang ringan. 

Memiliki 2 outlet AC dan 1 port pengisian USB 2A, kelebihan sekring 2 40A, proteksi shutdown otomatis dari tegangan rendah, suhu tinggi, sampai korsleting. Harga inverter power mobil ini US54.99 dolar atau setara dengan Ro785 ribu.

5. Power Inverter Truck Maxpart 1000W

Power Inverter Truck Maxpart 1000W mampu menyediakan daya sampai 120 watt secara kontinu. Sama seperti inverter mobil terbaik lainnya adalah Truck Maxpart memiliki kipas pendingin untuk memproteksi perangkat dari suhu tinggi, kelebihan beban pengisian, baterai over atau low sampai korsleting.

Yang menjadikan Truck Maxpart sebagai rekomendasi inverter mobil terbaik karena inverter power mobil ini bisa langsung terkoneksi dengan aki mobil langsung dan menghasilkan daya maksimal 1.000 watt. Harganya US66.99 dolar atau setara dengan Rp953 ribu.

Aki mobil sebagai komponen terpenting dalam sistem kelistrikan mobil, kita perlu memperhatikan dan merawat aki mobil agar seluruh sistem kelistrikan mobil berjalan lancar. Saat OtoFriends merasa ada gejala-gejala aki mobil rusak, segera ganti aki mobil di bengkel mobil terpercaya.

6. Power Inverter Mobil Energizer 1100 Watts

Spesifikasi Power Inverter Mobil Energizer 1100 watts selain memiliki daya 1100 watt sampai daya maksimal 2200 watt, dilengkapi juga dengan Sine Wave Car Inverter yang bisa mengubah daya 12 volt DC jadi 120 volt AC power, 2 port USB 2.4A dan 2 outlet AC berstandar Amerika Utara serta kabel baterai 3 FT 4 AWG.

Kelebihan produk ini adalah memberikan proteksi terhadap suhu tinggi, tegangan rendah hingga korsleting. Pada layar LCD tersedia juga keterangan voltase input, watt output, sampai baterai.

7. Power Inverter Mobil Krieger 2000 Watts

Rekomendasi inverter mobil terbaik yang terakhir ada Power Inverter Mobil Krieger berdaya kontinu 2000 watt dengan daya maksimal 4.000 watt. Harga inverter power mobil ini sebesar US187.98 dolar atau setara dengan Rp2,6 juta.

Dengan daya yang cukup besar kita tak perlu khawatir saat harus melakukan perjalan yang jauh, atau pada saat terjadi hujan badai dan keadaan darurat lainnya, inverter mobil ini tetap bisa digunakan.

Baca juga: Daftar 14 Aksesoris Mobil yang Wajib Tersedia

Tips memilih inverter mobil yang aman

Ada banyak merk inverter mobil terbaik yang ditawarkan di pasar otomotif, bagaimana cara memilih inverter mobil terbaik? Ada 3 tips untuk memilih inverter mobil terbaik.

Pertama, melakukan pengecekan terhadap komponen inverter power mobil. Ada dua jenis inverter mobil yakni inverter IC yang dibanderol dengan harga inverter yang lebih murah tetapi bisa digunakan dalam jangka waktu pendek. 

Sedangkan kombinasi inverter IC dan trafo memiliki ketahanan suhu tinggi yang lebih baik dengan durasi pemakaian lama hingga 15 tahun.

Tips kedua adalah dengan melakukan pengecekan terhadap daya keluaran dan tingkat efisiensinya. 

Sebagai contoh daya efisiensi yang tertulis 90 persen dan kekuatan inverter 1.000 watt, dengan begitu daya maksimal yang bisa dikeluarkan 900 watt. Semakin besar persentase efisiensi maka semakin tinggi pula daya yang dikeluarkan.

Hal terakhir yang perlu kita perhatikan adalah harga inverter mobil itu sendiri. Sekalipun harga akan berbanding lurus dengan kualitas produk, tetapi bukan berarti kita harus membeli inverter power mobil termahal atau termurah. 

Bandingkan spesifikasi yang sama dari  inverter merk satu dengan yang lainnya sebelum membeli inverter mobil.

Efek penggunaan inverter di mobil

Inverter power mobil memiliki peran cukup penting dalam mendukung mobilitas sehari-hari kita, khususnya saat berkendara. Kemampuan inverter yang bisa mengubah arus DC 12 volt menjadi arus AC 220 volt bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lainnya.

Walaupun begitu, kita perlu berhati-hati karena efek penggunaan inverter di mobil cukup berbahaya bila dilakukan dengan sembarang. Sebaiknya gunakan multimeter untuk memperhitungkan arus tegangan listrik agar terhindar dari korsleting.

Agar terhindar dari efek penggunaan inverter di mobil, OtoFriends perlu mengetahui daya yang dibutuhkan untuk masing-masing perangkat di bawah ini, di antaranya:

  • AM/FM Cassette dayanya berkisar 5 sampai 9 watt.
  • Smartphone dayanya berkisar 10 watt.
  • CD/DVD Player dayanya berkisar 35 watt.
  • Camcorder Charger dayanya berkisar 10 watt.
  • Mini Stereo Boom Box dayanya berkisar 50 watt.
  • Laptop dayanya berkisar 50 sampai 75 watt.
  • TV ukuran 13 inch dayanya berkisar 200 watt.

Baca juga: Ini 14 Head Unit Android Recommended, Harga, dan Spesifikasinya

Namun demikian, daya yang dibutuhkan di atas tergantung dari perangkat yang digunakan. Selain itu, dalam pemasangan inverter power mobil perlu cermat karena kabel-kabel pada kendaraan didesain untuk menerima arus tegangan yang rendah. 

Oleh karena itu, saat akan memasang alat inverter dan menggunakannya sebaiknya daya yang digunakan sesuai perhitungan multimeter.

Jika OtoFriends tertarik untuk memasang inverter power mobil, sebaiknya lakukan di bengkel mobil spesialis yang terpercaya agar terhindar dari kemungkinan terjadinya korsleting. Otoklix punya rekomendasi bengkel mobil spesialis untuk memasang inverter power mobil.

Pertanyaan Seputar Inverter Mobil Terbaik 

inverter power mobil bagian dari sistem kelistrikan mobil yang berperan dalam mengonversikan arus listrik searah (DC) jadi arus listrik bolak balik (AC) yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik apapun di dalam mobil.

Berikut ini rekomendasi inverter mobil terbaik, di antaranya Power Inverter Car BMK 200W, BESTEK 300 Watt Adaptor, BESTEK 500W DC, Power Inverter Mobil Kinverch 750W Continuous 1500W Peak, Power Inverter Truck Maxpart 1000W, Power Inverter Mobil Energizer 1100 Watts, dan Power Inverter Mobil Krieger 2000 Watts.

Efek penggunaan inverter di mobil adalah kemungkinan terjadi korsleting karena daya tampung listrik mobil yang terbatas ditambah suhu tinggi saat inverter mobil digunakan harus diperhatikan agar tidak terjadi korsleting.