Kelistrikan mobil jika bermasalah maka harus segera diperbaiki. Jangan sampai malah merembet ke kerusakan mesin. Sebelum memilih bengkel untuk memperbaiki kelistrikan, alangkah baiknya memahami dulu dasar-dasar kelistrikan mobil. Selain itum pahami apa saja yang harus diperiksa saat ke bengkel kelistrikan.

Apa itu kelistrikan dalam mobil?

Secara umum kelistrikan mobil adalah rangkaian listrik yang disusun sedemikian rupa untuk menjalankan fungsi pada mobil. Semua sistem atau fungsi yang membutuhkan energi listrik pada mobil termasuk dalam kelistrikan mobil. Tak seperti motor yang sistem kelistrikannya lebih sederhana, sistem kelistrikan mobil sendiri cukup rumit, karena memiliki berbagai macam sistem di dalamnya.

    Adapun sistem-sistem yang dimaksud terdiri dari sistem starter, pengapian, pengisian, lampu peringatan dan lampu indikator kesalahan, supply arus, dan masih banyak lagi. Namun tidak semua orang tahu dengan baik jika permasalahan kelistrikan tidak bisa diatasi di bengkel umum yang tidak memiliki tenaga montir atau mekanik khusus di bidang ini.

    Baca juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

    Hal yang harus diperiksa saat ke bengkel kelistrikan 

    Bengkel kelistrikan mobil merupakan tempat untuk servis segala macam keluhan seputar kelistrikan mobil.  Keberadaan bengkel ini cukup langka, sebab kebanyakan bengkel biasa hanya menawarkan jasa servis, ganti oli, sampai rekondisi komponen di luar kelistrikan. Karenanya, jangan salah membawa mobil ke bengkel. 

    Pastikan bengkel tersebut memiliki tenaga ahli kelistrikan kendaran.  Sebagai pemilik kendaraan perlu juga memahami komponen-komponen yang berhubungan langsung dengan kelistrikan kendaraan. Berikut hal-hal yang harus diperiksa saat ke bengkel kelistrikan.

    Lampu indikator

    Lampu peringatan atau lampu indikator akan menyala jika terdeteksi ada gangguan pada mobil baik mesin sampai sistem kelistrikannya. Biasanya lampu indikator ini terdiri dari berbagai tipe. Seperti lampu check engine dan aki yang merupakan lampu indikator yang paling krusial. 

    Sebab, jika menyala berarti ada gangguan pada mesin atau aki mobil.  Kemudian setiap mobil juga dilengkapi tipikal lampu indikator tertentu. Jika lampu menyala terus, tapi tak ada gejala apa-apa, kemungkinan sensornya yang sudah rusak. Di bengkel kelistrikan mobil, pemeriksaan bisa didasari oleh lampu indikator yang menyala.

    Sistem starter

    Berikutnya, sistem starter. Komponen ini adalah rangkaian kelistrikan pada mobil yang berfungsi saat menyalakan mesin. Perlu diketahui, sistem starter mengandalkan tenaga listrik untuk bisa memicu proses pembakaran di dalam mesin. Kalau sistem ini bermasalah, otomatis mesin mobil tidak akan bisa nyala. Beberapa komponen yang diperiksa dari sistem starter oleh bengkel kelistrikan adalah motor starter, baterai (aki), kunci kontak, tombol starter, dan sirkuit.

    Sistem pengisian aki

    Hal berikutnya adalah sistem pengisian. Komponen ini berfungsi menggunakan alternator sebagai komponen utamanya. Alternator adalah komponen yang dapat mengubah gerakan rotasi menjadi energi listrik. 

    Ketika mesin dihidupkan, maka pulley alternator akan berputar di kumparan dan membuat arus listrik mengalir dari alternator ke outputnya.  Pemeriksaan daya dan kondisi aki juga akan dilakukan di bengkel kelistrikan mobil. Komponen inilah yang berperan penting dalam sistem kelistrikan.

    Sistem pengapian

    Komponen sistem ini merupakan rangkaian mekatronika yang berfungsi menyalurkan energi listrik tegangan tinggi dengan input rendah sehingga busi mengeluarkan percikan api untuk melanjutkan proses pembakaran.  Mekanik di bengkel kelistrikan biasanya akan mengecek sistem pengapian sesuai dengan jenis dan tipe mobilnya.

    Pengecekan kabel dan soket

    Selanjutnya, kondisi kabel pada mobil perlu diperhatikan beserta soketnya. Di bengkel kelistrikan sudah pasti hal ini akan diperiksa untuk mencari penyebab dari keluhan yang muncul.  Kabel-kabel penting yang harus diperiksa adalah kabel distributor, kabel busi, kabel di ruang mesin sampai kabel aki yang paling berperan dalam sistem kelistrikan mobil. 

    Jika ditemukan kabel dengan kondisi terkelupas, tersumbat atau robek, tentu harus diganti atau diperbaiki karena bisa memicu korsleting bahkan kebakaran mobil. Kondisi kabel yang kotor dan longgar juga bisa membuat fungsinya tidak optimal. Sementara itu pada soket, masalah yang sering ditemui adalah kotor, berkarat dan berkarat yang bisa menghambat fungsinya. Tak lupa juga untuk mengencangkan soket untuk mencegah percikan api yang bisa menyulut kebakaran.

    Rekomendasi bengkel kelistrikan mobil

    Menguasai komponen apa saja yang mempengaruhi kelistrikan kendaraan penting bagi pemilik mobil agar dapat lebih mudah mencari titik masalahnya. Selain itu, jika sudah memahami dasar-dasar soal apa saja yang harus diperiksa saat pergi ke bengkel kelistrikan, maka komunikasi dengan montir akan lebih mudah. Nah, ini rekomendasi bengkel kelistrikan mobil di Jakarta dan sekitarnya.

    Baca juga: Kenali Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air, Berikut Rangkumannya

    Bengkel Jaya Motor Kelistrikan

    Alamat: Komplek Jati Padang Baru Rt 12 /RW.6, Blok H, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540

    Telp: 0812-1391-9517

    Mulya Jaya Teknik

    Alamat: RT.4/RW.1, Kembangan Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

    Telp: –

    Heri Jaya

    Alamat: Jl. Masjid Abidin No.10, RT.8/RW.6, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430

    Telp: –

    Central Cool

    Alamat: No.88 B Puri Kembangan, Jl. Kembang Kerep, RT.3/RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

    Telp: (021) 83288848

    Mitra Jaya Retrofit

    Alamat: Daan Mogot Rd No.332, RT.005/RW.003, Batuceper, Tangerang City, Banten 15122

    Telp: 0815-7431-3610

    Niko Jaya Onderdil

    Alamat: RT.5/RW.15, Palmerah, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480

    Telp: –

    Maman Motor

    Alamat: Pasar Palmerah Lantai Blok B #, Jl. Palmerah Utara No.17, RT.3/RW.1, Gelora, Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480

    Telp: (021) 53678520

    Garuda Teknik

    Alamat: Jl. KH.Moh.Mansyur No.3, RW.1, Duri Utara, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270

    Telp: 0858-8268-6413

    Jaya Elektro

    Alamat: Jl. Panjang Cidodol No.15, RT.5/RW.6, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220

    Telp: 0818-314-116

    Prima Technik  

    Alamat: Jl. Raya Pos Pengumben No.41, RT.6/RW.3, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11630

    Telp: –

    Nah, untuk menghindari kerusakan kelsitrikan pada kendaraan, sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen rusak harus secara rutin diganti. OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.