Membuat tampilan mobil jadi lebih keren dengan pakai velg mobil sport? Siapa takut! Velg mobil sport ini akan membuat tampilan mobil semakin atraktif. Namun, sudah tahu merek apa saja yang punya rekomendasi velg mobil sport atau velg racing mobil? Simak ulasannya.

Pilihan Merk Velg Mobil Sport

Di bawah ini adalah sejumlah pilihan merek velg mobil sport. Harganya bervariasi. Ini dia merek, model, dan harga velg mobil sport.

1. Volk Rays

Salah satu merek velg mobil yang cukup populer adalah Volk Rays. Velg asal Jepang ini bisa memberikan tampilan sporty looks seperti racing looks. Harga velg Volk Rays ini sekitar Rp6 jutaan. Kualitasnya bisa bersaing dengan merek lainnya karena sudah menggunakan bahan alloy yang lebih kuat.

2. OZ Racing

Seperti namanya, velg OZ Racing juga sering dipakai oleh modifikator mobil di Indonesia. Velg ini berasal dari Italia dan dibuat dengan bahan yang kuat. Desainnya juga menarik. Beberapa model velg dari OZ Racing adalah OZ Racing Formula HLT, Superturismo GT Limited Edition, dan Superturismo LM Limited Edition.

3. Borbet

Velg Borbet juga salah satu merek yang terkenal di Indonesia. Velg asal Jerman ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai ukuran 14 inci sampai 22 inch. Tidak hanya model sport, ada juga model premium, classic, dan commercial. Menggunakan velg Borbet diklaim bakal memberikan tampilan mobil yang mewah dan elegan. Harganya juga termasuk ekonomis, yaitu Rp4,6 jutaan.

4. RC-04

Ini dia salah satu velg mobil sport termahal di dunia. Desainnya terlihat kokoh dengan 10 palang. Velg ini juga dibuat menggunakan material berkualitas. Bagi OtoFriends yang mau modifikasi mobil dengan sporty looks, bisa mencoba merek velg satu ini.

Baca juga: Harga Velg Mobil Menurut Ukuran dan Merek Terbaik

5. Konig

Velg mobil Konig bisa didapat dengan harga mulai dari Rp3 jutaan. Merek velg ini banyak digunakan di negara-negara Asia dan Eropa. Konig menjadi pilihan pecinta modifikasi mobil yang ingin menampilan racing looks atau street racing. Velg mobil Konig punya berbagai pilihan ukuran, mulai daring ring 15 sampai ring 22.

6. Vossen

Vossen adalah velg mobil asal Miami, USA. Bahan yang digunakan pada velg mobil ini adalah aluminium, seperti yang digunakan pada pesawat terbang. Tersedia ukuran mulai dari ring 19 inch sampai 24 inci. Velg ini bisa jadi salah satu pilihan velg mobil sport. Harganya mulai dari Rp6 jutaan.

Itu dia 6 merk velg mobil sport. Selanjutnya, kita bakal bahas tentang kelebihan dan kekurangan velg racing.

Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing

Velg racing sering digunakan untuk menampilkan kesan mewah. Tidak hanya mempercantik tampilan, velg juga memiliki fungsi vital sebagai penopang ban. Sehingga, velg mempengaruhi tingkat kenyamanan berkendara. Oleh sebab itu, sebelum mengganti velg dengan velg racing, sebaiknya kita tahu kelebihan dan kekurangan velg racing.

Baca juga: Tips Mengganti Velg Mobil Agar Nyaman dan Tampak Indah

Kelebihan velg racing

  • Tampilan mewah

Menggunakan velg racing akan memberikan kesan mewah dan juga garang. Tampilan mobil terlihat lebih keren dan futuristik karena desain dan modifikasinya berbeda dari mobil lain. Menggunakan velg mobil sport akan bikin kita lebih pede dan bangga. Apalagi kalau kita mendesain sendiri velg tersebut.

Untuk menambah kesan sport, velg racing ini bisa dipadukan dengan menurunkan per mobil. Mobil akan terlihat ceper dan semakin menyerupai mobil sport. Kalau ingin menurunkan per mobil, sebaiknya diimbangi dengan memperbesar ukuran ban dan velg.

  • Akselerasi lebih baik

Menggunakan velg racing bisa meningkatkan akselerasi mobil jadi lebih baik. Di sisi lain, handling juga jadi lebih baik. Bobot dan ukuran velg membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Selain itu, berkendara juga bisa lebih stabil saat kecepatan tinggi.

  • Lebih kuat

Biasanya velg mobil sport atau velg racing dibuat dengan bahan yang lebih kuat dan tahan bengkok. Pabrikan juga sekarang lebih memilih membuat velg alloy atau yang akrab disebut velg racing pada mobil-mobil keluaran terbarunya. Sebagai info, velg alloy punya konstruksi yang lebih rigid dan keras dibandingkan velg kaleng.

  • Minim getaran

Seperti yang sudah dibahas di atas, velg racing akan membuat berkendara di kecepatan tinggi jadi lebih stabil. Sebab, menggunakan velg ini minim getaran. Semakin besar getaran pada pelek, kestabilan mobil juga jadi kurang baik.

  • Perawatan lebih mudah

Di samping itu, perawatan velg racing lebih mudah. Terutama saat membersihkan velg. Modelnya juga bervariasi, sehingga mudah untuk mengecat ulang sesuai selera.

Selain sejumlah kelebihan di atas, ternyata velg racing juga punya beberapa kekurangan.

Baca juga: Cara Memilih Bengkel Modifikasi Mobil dan Tipsnya

Kekurangan velg racing

  • Biaya cukup tinggi

Bagi kita yang berencana mengubah pelek menjadi velg racing, perlu menyiapkan dana yang cukup banyak. Jika umumnya, velg biasa bisa didapat dengan harga Rp1 jutaan per buah, velg racing paling murah Rp3 jutaan per buah. Bahkan, bisa jadi kita perlu menyiapkan bujet lebih dari Rp10 jutaan. Harga itu sebanding dengan tampilan mewah yang didapatkan pada mobil.

Namun, meskipun terlihat mewah dan garang, tidak semua orang menginginkan tampilan tersebut. Sebagian orang tidak gemar dengan mobil yang sudah dimodifikasi. Bisa jadi, saat menjualnya kembali, kita perlu mengembalikan tampilan seperti awal. Jasa bongkar pasangnya juga tidak murah.

  • Kurang nyaman

Meskipun akselerasinya bisa lebih baik dan minim getaran, tetapi ada sisi negatif dari segi kenyamanan. Saat mengganti velg dengan velg mobil sport, kita perlu memodifikasi juga ukuran ban. Bisa diperbesar atau diperkecil. Tarikan mobil bisa terasa lebih berat. Jadi, sebaiknya perhitungkan secara saksama saat akan mengganti velg mobil.

Itu dia pilihan merk velg mobil sport dan kelebihan serta kekurangan velg racing mobil. Mau modifikasi atau servis ban? OtoFriends bisa mencoba mendatangi bengkel ban mobil terdekat se-Jabodetabek yang tersedia di aplikasi Otoklix. Dapatkan juga promo servisnya.