Head unit android saat ini lebih digandrungi karena menjadi fitur hiburan di dalam mobil. Fasilitas yang disediakan dalam head unit android antara lain stasiun radio, pemutar CD/DVD, memutar musik dari USB maupun bluetooth yang terkoneksi pada smartphone. Tak hanya itu, head unit android juga bisa membantu pengendara dalam hal navigasi atau penunjuk arah.

Mengingat pentingnya head unit sebagai fitur hiburan di mobil, Otoklix akan memberikan informasi tentang rekomendasi head unit android untuk OtoFriends!

Pilihan Head Unit Android Mobil Terbaik

Berikut ini adalah beberapa merek yang menjadi head unit android terbaik untuk mobil, lengkap dengan spesifikasi dan harganya.

1. Orca ADR-1088 – 10 Inch

Head unit ini dibekali dengan prosesor quad core berkapasitas RAM 2 GB dan ROM 32 GB. Layarnya sudah touch screen (layar sentuh) dengan ukuran 10 inci. Fasilitas yang ditawarkan di head unit ini antara lain Radio FM, USB port, Bluetooth, pemutar video dan navigasi. Soal harga, Orca ADR-1088 dibanderol sebesar Rp2 juta sampai – Rp2,9 juta.

2. Nakamichi NA-3102i Android – 9 Inch

Merek yang satu ini sudah dikenal di pasaran sebagai head unit Double DIN yang bisa dipakai oleh semua model kendaraan. Head unit ini dilengkapi koneksi 4G, Wi-Fi, Bluetooth, USB, sampai kontrol roda kemudi.

Selain itu, Nakamichi NA-312i juga bisa di-install dengan berbagai aplikasi android seperti WhatsApp, Twitter, Facebook, Spotify, YouTube, Netflix, dan masih banyak lagi. Sedangkan harganya, head unit dengan layar 9 inci tersebut dibanderol sebesar Rp2,4 juta – Rp2,9 juta.

3. Sansui SA5200i Android – 9 Inch

Head unit android ini menggunakan layar 9 inci dengan touch screen yang terintegrasi dengan Android OS 10. Sansui SA5200i sudah dipasang fasilitas GPS, wireless mirrorlink untuk iOS dan android, Bluetooth, USB, WiFi, kontrol roda kemudi, bahkan subwoofer output

Masih ada fitur unggulan lainnya yaitu bisa mengunduh aplikasi lain seperti Spotify, Waze, dan lainnya. Fitur kamera mundur dan kamera depan juga sudah ada di head unit ini. Harganya mulai Rp1,9 juta sampai Rp2,8 juta.

4. Sony XAV-AX5000 Android – 7 Inch

Sony XAV-AX5000 bisa menjadi salah satu pilihan head unit android terbaik. Desainnya yang simpel dan compact dengan layar berukuran 7 inci, head unit ini sudah didukung sistem Android dan Apple. Harganya memang cukup tinggi yaitu Rp6,2 jutaan.

Baca juga: Service Head Unit Mobil: Kerusakan & Biaya Perbaikan

5. Intersys IDT-9155 – 9 Inch

Android dengan layar 9 inci ini sudah dibekali sistem OS 9.0 Pie dengan split screen. Sudah dilengkapi touch screen dengan fitur Radio FM, built-in bluetooth, smartphone mirroring untuk Android, Wi-Fi, kontrol roda kemudi dan kamera belakang. Harganya mencapai Rp2,2 juta – Rp2,9 juta.

6. OEM Threecar – 7 Inch

Head unit android satu ini memiliki layar yang kompak dengan ukuran 7 inci. OEM Threecar sudah dibekali dengan Android 7.1 yang tersemat fitur Bluetooth, SD Card, port USB, Wi-Fi, navigasi GPS dan kamera belakang. Head unit ini bisa OtoFriends dapatkan dengan harga sekitar Rp1,9 juta.

7. Head Unit Android Embassy – 10 Inch

Embassy punya ukuran layar cukup besar yakni 10.1 inci dengan OS Android 8.1. Fitur yang ditawarkan mulai dari  Radio FM/AM, Bluetooth 4.0, USB dan SD Card, kamera depan, kontrol roda kemudi serta navigasi yang memudahkan perjalanan. Harga head unit ini adalah sekitar Rp1,9 juta – Rp2,4 juta juta.

8. MTech MM-8803 T3 – 7 Inch

Walaupun MTech MM-8803 T3 hanya berukuran 6.8 inci, fitur yang dibenamkan cukup banyak mulai dari Bluetooth, kamera belakang, kamera depan, radio, USB, navigasi, Wi-Fi, dan pemutar musik serta video. Selain itu, bisa juga dipasang aplikasi lain seperti YouTube, Netflix, dan lainnya. Dengan spesifikasi tersebut harga yang ditawarkan mencapai Rp2,3 juta – Rp3,5 juta.

9. AVT DAV-6767 – 7 Inch

Merek head unit berikutnya datang dari AVT dengan ukuran layar 7 inci. Meski layarnya kecil, kualitas gambar yang ditawarkan sudah beresolusi HD. Prosesornya menggunakan OS Android 6.0 dan Octa Core. Sedangkan untuk harganya sekitar Rp3,2 juta.

10. Mirai MR-XP9 – 9 Inch

Perangkat ini sudah dilengkapi dengan prosesor Quad Core A7 dan dibekali fitur Wi-Fi, Bluetooth, USB, kamera belakang dan kontrol roda kemudi. Selain itu, head unit ini juga sudah dilengkapi sistem navigasi. Harganya mencapai Rp2,8 juta – Rp3,7 juta.

Baca juga: Permasalahan dan Cara Service Tape Mobil Mudah Untukmu

11. Pioneer DMH-Z5350BT – 7 Inch

Rasanya hampir semua pengguna mobil sudah mengenal merek Pioneer. Dibekali layar 7 inci, head unit ini memiliki performa audio terbaik. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur Apple CarPlay, Android Auto, kamera ganda, dan terkoneksi Dual Bluetooth. Fitur hiburan yang bisa diakses adalah Spotify dan Bluetooth music streaming untuk menemani perjalanan OtoFriends. Harganya memang cukup tinggi, yaitu Rp6,5 juta – Rp6,8 juta.

12. Pioneer AVH-A215BT – 6,2 Inch

Masih dari merek Pioneer, tetapi dengan tipe yang berbeda. Layarnya lebih kecil, hanya 6,2 inci tapi bisa memutar video dan audio dengan berbagai format. Selain itu, sudah terkoneksi kamera parkir. Menariknya, kita bisa memilih warna dan wallpaper dengan harga hanya Rp2,8 jutaan.

13. Kenwood DDX-9019S – 7 Inch

Merek Kenwood juga termasuk jajaran atas head unit android terbaik. Layarnya memang tidak terlalu besar, hanya 6,8 inci, tetapi mampu menghasilkan resolusi gambar yang tinggi. 

Tak hanya itu, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan wireless mirroring, customize multi widget screen, dan Bluetooth yang bisa melakukan hands free calling dan music streaming langsung dari ponsel. Harga head unit ini sekitar Rp7,5 juta – Rp8 juta.

14. Alpine iLX-207 

Merek berikutnya adalah Alpine iLX-207. Head unit ini dibekali beberapa tombol fisik dani sudah support Apple CarPlay. Soal harga, Alpine iLX-207 dibanderol sebesar Rp8 jutaan.

15. Asuka AK-2000 – 10 Inch

Merek head unit android terakhir adalah Asuka AK-2000. Perangkat ini sudah dilengkapi OS Android 9.0 Pie berkapasitas RAM 4 GB dan ROM 32 GB. OtoFriends perlu merogoh kocek sekitar Rp6,1 juta – Rp7 juta untuk memiliki head unit tersebut.

Nah, itu dia rekomendasi 15 head unit android versi Otoklix. Ingat, ketika akan memodifikasi mobil, pastikan sesuai dengan kapasitas aki mobil agar tidak cepat soak. Serta, lakukan juga servis berkala di bengkel terdekat. Install aplikasi Otoklix dan nikmati kemudahan servis mobil!