Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui nama mobil Geely. Mobil Geely merupakan mobil pabrikan asal China yang sudah berdiri sejak tahun 1997. Akan tetapi, mobil ini baru dipasarkan di Indonesia tahun 2009. Ada berbagai tipe mobil Geely mulai dari hatchback, city car, SUV dan lainnya. Mari kita simak tentang jenis mobil Geely.

Jenis Mobil Geely

Mobil Geely dibanderol dengan harga mulai Rp95 jutaan. Harga yang seharusnya bisa bersaing dengan mobil-mobil murah. Desainnya juga mengikuti tren. Menurut data penjualan Gaikindo, Geely sudah terjual sekitar 1022 unit di Indonesia sepanjang tahun 2011. Namun pada 2013, penjualannya menurun jadi 498 unit saja. 

Penjualan semakin merosot pada tahun 2014, yaitu hanya 4 unit saja. Sementara pada 2015 kembali menunjukkan harapan dengan terjual sebanyak 135 unit. Pada 2016, penjualan semakin anjlok, bahkan tidak ada satu unit pun yang terjual. Padahal, Geely sendiri menghadirkan berbagai segmen mobil seperti SUV, hatchback, city car maupun sedan. Berikut adalah model-model mobil yang diproduksi Geely.

Mobil Geely Panda

Geely Panda dikenal sebagai mobil yang unik dan mewakili ciri khas negara China. Sesuai namanya, tampilan depan mobil ini dibuat seperti wajah Panda. Desainnya imut dan feminin, sehingga cocok digunakan oleh perempuan. Geely Panda mulai dipasarkan pada 2010.

Masuk ke interior, mobil ini bisa ditumpangi lima penumpang dewasa. Joknya bisa dilipat dan bangku belakang bisa di-split. Sistem keamanan yang terdapat di mobil ini ada airbag di bagian kemudi dan penumpang depan. Sistem hiburan mobil ini sudah menggunakan CD Player dengan USB Port.

Kapasitas mesinnya cukup mumpuni, yaitu 1.342 cc. Mobil ini dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp95 jutaan saja, harga yang lebih murah daripada LCGC yang beredar di Indonesia. Kalau mau beli mobil Geely bekas, harganya cukup jauh dari harga baru, yaitu hanya Rp56 jutaan.

Mobil Geely Emgrand

Tipe mobil Geely yang kedua adalah Emgrand. Geely Emgrand merupakan tipe mobil berstandar Eropa yang pertama kali diproduksi oleh perusahaan mobil China. Model Emgrand yang dipasarkan di Indonesia adalah tipe hatchback RV dan sedan EC7.

Tampilan eksteriornya terlihat mewah dan desainnya terlihat khas mobil-mobil Eropa. Model hatchback-nya berukuran sedang, jadi cocok dipakai di jalanan perkotaan untuk kegiatan sehari-hari. Harga mobil Geely Emgrand ini sekitar Rp240 juta – Rp410 jutaan. Harga yang pantas untuk mobil mewah.

Akan tetapi, untuk Emgrand sedan EC7 bekas punya harga yang lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp75 jutaan saja.

Mobil Geely MK

Mobil Geely MK dibanderol mulai harga Rp120 jutaan – Rp136 jutaan. Mobil ini didesain dengan tampilan mewah dan detail warga hitam yang elegan. Akan tetapi, dapur pacunya cukup kecil. Jadi fokus mobil ini adalah fun to drive. Sedangkan untuk Geely MK2 dibanderol dengan harga Rp130 juta – Rp146 jutaan.

Mobil ini punya kabin yang cukup tinggi. Meskipun di kursi baris kedua, penumpang dengan tinggi badan di atas 180 cm masih bisa duduk dengan nyaman. Sistem pengereman dan suspensinya juga berkualitas cukup baik, dilengkapi ABS dan EBD. Hanya saja, mesinnya tidak terlalu bertenaga.

Mobil Geely LC Cross

Ini adalah mobil jenis crossover dari Geely, yaitu perpaduan antara city car dan SUV. jadi, mobil ini punya kecepatan dan dibekali dapur pacu seperti SUV, tetapi lincah seperti city car. Mobil ini punya ban serep di bagian belakang mobil tanpa penutup.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EBD, central lock, tilt steering, power steering, power windsor, dan kaca spion luarnya sudah elektrik. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.3 L. Harga mobil ini kisaran Rp112 juta – Rp120 jutaan. Ada dua tipe, yaitu Mobil Geely LC Cross GS dan GL.

Mobil Geely Boyue

Ini adalah mobil SUV dari Geely. Tampilannya seperti mobil-mobil SUV lain, yaitu kental dengan kesan sporty dan terlihat tangguh. Apalagi untuk varian Boyue X. mobil ini juga basisnya dipakai sebagai Proton X70 di Malaysia. Mobil ini juga menjadi kompetitor Mazda CX-5 yang juga merupakan SUV 5-seater.

Itu dia lima jenis mobil Geely yang sudah diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Selanjutnya, mari kita simak tentang kelebihan dan kekurangan mobil Geely. Informasi ini berguna untuk menjadi bahan pertimbangan saat akan membeli mobil Geely.

Kelebihan Mobil Geely

Meskipun kurang begitu laku di Indonesia, ternyata mobil Geely punya banyak kelebihan. Pertama, dari sisi konsumsi bahan bakar terbilang irit. Satu liter bahan bakar bisa dipakai berjalan sekitar 13 kilometer sampai 16 kilometer.

Untuk varian Geely Panda, mobil ini memakai transmisi manual dengan kecepatan tertingginya mencapai 155 km. Meskipun imut, ternyata mobil ini cukup gahar juga. Mobil ini juga memakai peredam suara yang cukup bagus, sehingga suara musik tidak bocor ke luar kabin.

Kekurangan Mobil Geely

Kualitas mobil Geely sebenarnya cukup bersaing di Indonesia. Akan tetapi, image produk China yang buruk membuat masyarakat enggan membeli mobil ini. Selain itu, bagian kursinya juga kurang nyaman untuk dipakai perjalanan jauh. Power windownya juga terlalu mundur, jadi tangan harus menekuk ke belakang untuk meraihnya.

Sekian informasi tentang mobil Geely, mulai dari jenisnya, harga, sampai keunggulan dan kekurangannya. Pastikan untuk memilih mobil yang sesuai kebutuhan dan mudah dirawat.

Mobil jenis dan dari merek apa saja bisa diservis di bengkel resmi yang sudah bermitra dengan Otoklix. Ada 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek dan lebih dari 20.000 mobil telah ditangani oleh Otoklix. Jadi, install aplikasinya sekarang juga!