Agar mobil OtoFriends tetap kinclong dan seperti baru, sebaiknya selalu perbarui cat mobil setiap beberapa bulan sekali. Bila perlu, OtoFriends melakukan nano coating agar hasilnya lebih mengkilap dan tahan lama. 

Sekarang, sudah tersedia banyak sekali merek cat mobil yang bagus di pasaran. Namun, jangan asal pilih ya karena cat mobil yang tidak berkualitas bisa membuat tampilan mobil kamu malah jadi jelek. 

Yuk, simak beberapa rekomendasi merek cat mobil yang bagus di tahun 2023 ini beserta harga dan tips memilihnya. 

Rekomendasi Merek Cat Mobil yang Bagus 2023

Berikut ini rekomendasi merek cat mobil yang bagus 2023. Beberapa merek cat mobil ini dipilih karena memiliki kualitas yang bagus dan harganya juga terjangkau.

1. Kansai Kardiac

Merek Kansai Kardiac ini cukup terkenal di kalangan pecinta otomotif karena bisa membuat tampilan mobil jadi berkilau dan juga elegan.

Keunggulan utama dari merek cat mobil ini adalah memiliki daya rekat yang sangat kuat dan tidak gampang mengelupas. Keunggulan lainnya yakni bisa melindungi mobil dari karatan atau jamur.

Harga cat mobil Kansai Kardiac untuk ukuran 1 liter adalah Rp120 ribu sampai Rp210 ribu.

Baca juga: Berikut 14 Rekomendasi Cat Mobil Terbaik yang Bisa Dipilih

2. Rubber Spray

Berikutnya, ada merek cat mobil Rubber Spray yang juga memiliki kualitas yang bagus. Sesuai namanya, cat mobil ini berbentuk spray, sehingga mudah diaplikasikan.

Selain untuk body mobil, cat ini juga bisa digunakan untuk velg mobil, sehingga tampilannya bagus dan seperti baru.

Harga untuk merek Rubber Spray ini juga sangat murah, tidak sampai Rp100 ribu, yakni sekitar Rp39 ribu hingga Rp78 ribu. 

3. Danapaint Danagloss

Danapaint Danagloss merupakan jenis cat duco yang bisa membuat tampilan mobil OtoFriends seperti baru lagi. 

Keunggulan utama dari merek cat ini adalah warna yang dihasilkan cukup tajam dan hasilnya pun lebih awet. Bahan cat dari merek ini juga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Harga cat mobil merek Danapaint Danagloss ini cukup terjangkau, yakni antara Rp57 ribu hingga Rp181 ribu.

4. Rust-Oleum Auto Body Paint

Berikutnya, merek cat mobil yang bagus dan memiliki kualitas yang tinggi adalah Rust-Oleum Auto Body Paint.

Dari segi harga, memang merek cat mobil ini termasuk mahal dibanding yang lain tetapi masih tergolong terjangkau, yakni sekitar Rp292 ribu. Harga ini tentunya sebandingan dengan kualitasnya yang bagus.

Warna yang dihasilkan juga bisa membuat mobil mengkilap, sehingga terlihat seperti mobil baru. Selain itu, cat mobil merek ini juga cukup awet bahkan mengklaim ketahanannya bisa mencapai bertahun-tahun.

5. Top Color

Merek cat mobil Top Color juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memperbarui tampilan mobil kamu. 

Keunggulan dari cat mobil ini adalah memiliki variasi warna yang menarik serta kualitasnya yang bagus. Lalu, cat mobil ini juga lebih mudah diaplikasikan. 

Harga cat mobil Top Color tidak terlalu mahal, mulai dari Rp62 ribu hingga Rp120 ribu. OtoFriends bisa membelinya di e-commerce atau di toko aksesoris mobil terdekat.

Baca juga: Tips Menghilangkan Kerak Pada Cat Mobil Paling Ampuh dan Praktis

Jenis Cat Mobil

Sebelum membeli cat mobil, OtoFriends sebaiknya mengetahui beberapa jenis cat mobil terlebih dahulu. Dengan mengetahui jenis cat mobil, maka hasil cat bisa maksimal dan juga awet. 

1. Cat Dasar Primer

Sesuai namanya, cat dasar primer ini digunakan sebagai pondasi pada proses pengecatan mobil. Cat dasar primer ini berfungsi untuk mencegah munculnya karat serta meningkatkan daya rekat cat mobil di proses selanjutnya. 

Ada tiga jenis cat dasar primer yang biasanya digunakan, seperti:

  • Urethane primer: bisa memberikan ketahanan karat yang baik dengan menggunakan polyisocyanate sebagai hardener. Jenis cat ini juga bisa membuat permukaan mobil jadi mengkilap.
  • Epoxy primer: memiliki daya lekat yang baik pada logam, menciptakan lapisan dasar yang baik untuk pengecatan. Selain itu, cat ini juga tahan terhadap air.
  • Wash primer: jenis cat ini lebih cepat kering dan mudah digunakan. Namun, sayangnya ketahanan terhadap karat tidak terlalu bagus. 

2. Cat Surfacer

Jenis cat berikutnya adalah cat surfacer di mana cat ini bisa mengatasi bagian body mobil yang penyok atau terkena goresan.

Selain itu, jenis cat mobil ini juga bisa berfungsi sebagai perekat antara cat lama dengan cat baru. Ada beberapa jenis cat surfacer, seperti:

  • Urethane surfacer: memiliki kemampuan pelapisan yang bagus, tapi sayangnya proses pengeringannya memakan waktu yang cukup lama.
  • Thermosetting amino alkyd surfacer: jenis cat mobil dengan kualitas lapisan yang sangat baik. Namun, sayangnya jenis cat ini membutuhkan proses pemanasan pada temperatur 90-120 derajat celcius.
  • Lacquer surfacer: jenis cat mobil ini cepat mengering dan bahan utamanya adalah nitrocellulose dan alkyd.

3. Top Coat

Jenis cat berikutnya yang diaplikasikan paling terakhir adalah top coat. Fungsi top coat ini adalah untuk memberikan efek kinclong atau glossy pada mobil. Top coat ini juga akan membuat tampilan cat jadi lebih awet.

Tips Memilih Cat Mobil

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih cat mobil yang tepat:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat memilih cat mobil, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah kamu berencana mencari tampilan yang baru atau ingin melindungi mobil dari karat? 

Apabila ingin mengecat mobil agar kinclong seperti baru, maka cari cat mobil dengan banyak variasi warna dan memiliki daya rekat yang tinggi. 

2. Cek Kualitas Cat Mobil 

Pilih cat mobil dengan kualitas dan daya tahan yang baik. Periksa label produk dan cari tahu tentang reputasi merek cat tersebut. Pastikan cat memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrem, sinar UV, goresan, dan noda.

3. Sesuaikan dengan Budget

Tetapkan anggaran yang sesuai untuk cat mobil. Harga cat dapat bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan kualitasnya. 

Perhatikan bahwa cat berkualitas tinggi mungkin memiliki harga yang lebih tinggi, tetapi dapat memberikan perlindungan dan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

4. Konsultasikan dengan Ahli

Apabila kamu tidak yakin atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli cat mobil atau tukang cat yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan saran yang berguna berdasarkan kebutuhan dan preferensi kamu.

OtoFriends bisa juga nih berkonsultasi lewat Aplikasi Otoklix untuk masalah cat mobil. Atau bisa juga dengan datang langsung ke bengkel Otoklix yang sudah tersedia di kawasan Jabodetabek. 

Bengkel Otoklix memberikan layanan perawatan mobil lengkap, mulai dari ganti oli, tune up, hingga detailing. Yuk, booking sekarang lewat Aplikasi Otoklix dan kamu bisa hemat sampai 50%!

Detailing di Otoklix murah, biayanya mulai dari Rp30 ribu. Kamu bisa detailing mesin, eksterior, hingga interior mobil. Download Aplikasi Otoklix sekarang biar bisa hemat sampai 50%!

Pertanyaan seputar Cat Mobil

Cat duco mobil harganya bervariasi, yakni mulai dari Rp57 ribuan hingga Rp181 ribu.

Cat mobil tentu saja bisa pudar. Hal ini bisa disebabkan karena kotoran, debu, dan juga polusi udara.

Apabila air hujan mengenai mobil dan tidak segera dibersihkan, maka bisa menyebabkan warna cat mobil jadi kusam.