Hyundai Palisade pertama kali dipasarkan di Indonesia di akhir tahun 2020 mengusung tema mobil SUV bergaya kotak seperti mobil-mobil SUV di Amerika.

Saat itu harga Hyundai Palisade mulai dari Rp700 jutaan sampai Rp1 miliaran. Kini Hyundai merilis model terbarunya lagi di bulan Juli 2022 dengan nama New Hyundai Palisade. Sedangkan di Amerika Serikat sendiri Hyundai Palisade telah rilis pada April 2022 kemarin.

Bagian yang diupgrade beberapa di antaranya adalah bagian interior dan eksterior. Sebagai mobil SUV premium, berapa harga Hyundai Palisade dan bagaimana spesifikasi mobil ini?

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Harga Hyundai Palisade

Pabrik mobil asal Korea yakni Hyundai merilis mobil Hyundai untuk kelas SUV Premium dengan nama Hyundai Palisade sejak 2020 lalu. Hyundai Palisade memiliki desain unggulan karena menerapkan model SUV flagship.

Di Indonesia ada tiga tipe mobil Hyundai Palisade di antaranya ada Hyundai Palisade Prime, Hyundai Palisade Signature, dan Hyundai Palisade Signature AWD.

Jenis Hyundai PalisadeHarga Hyundai Palisade
Hyundai Palisade PrimeMulai dari Rp795 jutaan
Hyundai Palisade SignatureMulai dari Rp907 jutaan
Hyundai Palisade Signature AWDMulai dari Rp1 miliaran

Spesifikasi Hyundai Palisade

Berikut ini spesifikasi mobil Hyundai Palisade

EngineIn line 4 cylinder
Kapasitas mesin2.2 L
Tenaga maksimal200 rpm/3.800
Torsi maksimal440 rpm/1.750 – 2.750
Bahan bakar mesinDiesel
Panjang x lebar x tinggi4980 x 1975 x 1750
Sistem pengeremanDual diagonal, split circuit, power assisted with Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
Rem depanDisk berventilasi 18 inci
Rem belakangDisk berventilasi 17 inci
Suspensi depanMacPherson strut
Suspensi belakangMulti link
Jenis roda mobilAlloy
Dimensi roda18 x 7,5 dan 20 x 7,5
Ukuran roda mobil245/60R18 dan 245/50R20
Ground Clearance203 mm
Kapasitas bagasi311 L
Kapasitas tangki bahan bakar71 L

Baca juga: Hyundai Creta 2022: Spesifikasi Lengkap dan Harga

Keunggulan dan Kekurangan

Keunggulan Hyundai Palisade selain memiliki ruang kabin dan kapasitas bagasi yang luas adalah ornamen yang digunakan untuk desain interior mobil ini terlihat mewah dan elegan. Sejalan dengan itu, desain eksterior mobil ini kokoh, gahar tetapi masih memiliki sisi elegan dan mewahnya.

Hyundai Palisade dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru dan terbaik yang menggunakan teknologi tercanggih sehingga kita akan lebih aman dan nyaman saat berkendara. 

Dengan semua fasilitas dan fitur yang bisa kita nikmati dengan harga Hyundai Palisade tersebut dinilai cukup masuk akal.

Kendati demikian, rupanya Hyundai Palisade varian Prime masih minim fitur. Penerapan alat keamanan canggihnya hanya dimiliki oleh Hyundai Palisade varian Signature dan Signature AWD, hanya menawarkan satu pilihan mesin dengan transmisi manual.

Berbeda dengan merk Toyota atau Honda yang mulai akrab di telinga masyarakat, merek Hyundai masih belum terlalu akrab di telinga masyarakat.

Hyundai Palisade Interior & Fitur

Hyundai Palisade memiliki desain interior yang begitu mewah dengan kesan futuristik yang kuat. Mulai dari lapisan jok berbahan kulit nappa, tipe boar pada dashboard menerapkan tipe bridget atau mengambang, dan ruang penyimpanan yang terhubung dengan power outlet dan wireless charging.

Tilt and telescopic diatur agar posisi setir bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Bagian setirnya juga sudah memiliki fitur power steering.

Di bagian bangkunya telah dibekali adjustable headrest dan aturan tempat duduk driver’s 10 way power seat. Terdapat enam airbag yang menyebar di dalam ruang kabin, fitur blind spot collision warning, dan rear cross traffic collision warning.

Khusus pada Hyundai Palisade tipe Signature dan Signature AWD dilengkapi dengan safe exit assist, rear occupant alert, smart power tailgate, double laminated glass pada kaca pengemudi, touch display audio ukuran 8 inci, dan port USB sebanyak 7 buah.

Baca juga: Daftar Harga Hyundai Stargazer Beserta Spesifikasinya

Hyundai Palisade Eksterior

Rasanya tak berlebihan mengatakan bahwa konsep mobil SUV dari Hyundai yang satu ini mengadaptasi konsep mobil SUV yang ada di Amerika dengan gaya kotak-kotaknya. Konsep tersebut menegaskan kesan intimidatif kepada mobil lainnya namun masih tetap elegan dan mewah.

Bagian depan terpasang grill berukuran cukup besar sampai menutupi seluruh wajah mobil bagian depan yang semakin mempertegas kegagahan mobil Hyundai Palisade. Desain lampunya menggunakan lampu sipit yang terpisah dengan kotaknya dan garis penyambung sampai bawah.

Apabila melihat dimensi secara keseluruhan, Hyundai Palisade termasuk sebagai SUV bongsor alias SUV berukuran besar mengalahkan Land Cruiser 200. Kendati demikian, ada yang kurang tepat di bagian penggunaan roda. 

Untuk Hyundai Palisade tipe Signature dan Signature AWD sudah tepat menggunakan pelek berukuran 20 inci. Namun, untuk tipe Prime yang menggunakan pelek berukuran 18 inci terlihat agak pincang menahan mobil yang terlihat besar itu.

Performa Mesin Hyundai Palisade

Mengikuti ukuran body mobil Hyundai Palisade yang cukup besar, tangki bensinnya juga dibuat besar yang mampu menampung bahan bakar hingga 71 liter. Hyundai Palisade dibekali mesin diesel 4 silinder segaris R CRDi, berkapasitas mesin 2.2 L dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan shift by wire.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 200 PS diputaran mesin 3.00 rpm dan maksimal torsi mencapai 440 nm diputaran 1.750 sampai 2.750 rpm.

Fitur-fitur yang terdapat pada Hyundai Palisade di antaranya ada front wheel drive untuk tipe Prime dan Signature, electronic all wheel drive system untuk tipe Signature AWD, Blind Spot Collision Warning, dan Rear Cross Traffic Collision Warning.

Hyundai Palisade menawarkan 4 mode driver dan 4 multi terrain mode di antaranya comfort, ECO, sport, dan smart. Sedangkan untuk mode multi terrain di antaranya ada mud, snow dan sand.

Nah, itulah harga Hyundai Palisade dan spesifikasi untuk masing-masing tipe mobil Hyundai. Untuk mencari tahu bengkel Hyundai terdekat OtoFriends bisa cek di Otoklix. Dengan begitu, tampilan luar mobil dan performa mobil sama-sama selalu prima dan gahar.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hyundai Atoz, City Car Mungil yang Klasik

Pertanyaan Seputar Hyundai Palisade

Harga Hyundai Palisade 2022 untuk tipe Prime mulai dari Rp795 jutaan, sedangkan Hyundai Palisade Signature mulai dari Rp907 jutaan dan Signature AWD mulai dari Rp1 miliaran.

Sebenarnya, Hyundai Palisade sudah masuk di Indonesia sejak Desember 2020 lalu. Namun, untuk model terbaru Hyundai Palisade baru akan diluncurkan di Indonesia tanggal 28 Juli 2022.

Mobil Hyundai Palisade dibekali dengan mesin diesel 4 silinder segaris R CRDi dengan kapasitas mesin 2.2 L dan sistem transmisi otomatis 8 percepatan shift by wire.