Hyundai Creta menjadi salah satu mobil dengan tipe SUV pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang menjadi andalan dari PT Hyundai Motor Indonesia (HMI). 

Mobil yang diluncurkan pertama kali pada 2015 lalu ini hadir dalam 7 pilihan warna yang bisa OtoFriends pilih seperti magnetic silver metallic, dragon red pearl, creamy white pearl, titan grey metallic, midnight black pearl, glowing silver metalic, dan galaxy blue pearl. 

Untuk lebih mengetahui tentang Hyundai Creta, simak terlebih dahulu beberapa informasi penting berikut ini mulai dari spesifikasi lengkap sampai dengan harga terbarunya.

Baca juga: Spesifikasi Hyundai Santa Fe, SUV Elegan dan Tangguh

Spesifikasi Hyundai Creta

Hyundai Creata tersedia dari beberapa varian mulai dari active, trend, style, dan prime. Berikut spesifikasi lengkap Hyundai Creta mulai dari mesin, dimensi atau ukuran mobil, eksterior dan interior, hingga beberapa fitur canggih yang ada dalam mobil ini.

Mesin

Hyundai Creta dibekali mesin tipe Smartstream G1.5 MPI dengan 4 cylinders yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 6.300 rpm dan torsi maksimal mencapai 4.500 rpm. 

Transmisi Hyundai Creta terdiri dari dua jenis transmisi. Transmisi manual untuk varian active dan trend, lalu transmisi IVT atau transmisi otomatis untuk variasi trend, style dan prime. Sementara untuk sistem steering menggunakan tipe Column – Motor Driven Power Steering (C-MDPS).

Dimensi

Hyundai Creta memiliki dimensi atau ukuran  yang cukup besar dengan panjang total 2.610 mm dan tinggi 1.630 mm dengan tambahan 200 mm pada bagian ground mobil. Sementara tampilan depannya memiliki ukuran lebar 1.790 mm dengan wheel tread 1.572 mm.

Mobil ini memiliki ukuran velg standar 17 inchi dengan ukuran ban 215/60 R17. Mobil SUV andalan dari PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) ini memiliki berat atau bobot kotor 1.590 kg. 

Eksterior

Spesifikasi dari Hyundai Creta berikutnya yang perlu OtoFriends ketahui adalah eksterior atau tampilan luar dari mobil SUV yang satu ini. Penampilan Hyundai Creta sangat terlihat sporty dengan dua varian warna. 

Selain itu, ukuran dari velg standar yaitu 17 inci dengan diamond cut alloy yang semakin menambah kesan sporty. Hyundai Creta juga memiliki radiator grille pada bagian depan mobil dengan pilihan warna dark silver untuk varian Active dan Trend, serta warna dark chrome untuk varian Hyundai Creta Style dan Prime.

Mobil SUV ini juga dibekali lampu halogen pada bagian kanan dan kiri depan dekat dengan radiator grille untuk varian Active dan Trend, serta lampu MFR LED untuk varian Style dan Prime

Khusus varian tertinggi dari mobil ini, yaitu Hyundai Creta Prime sudah terdapat panoramic sunroof pada bagian atas mobil dan sudah terpasang body kit spesial tambahan yang membuatnya menjadi lebih istimewa.

Baca juga: Terlihat Mewah, Ini Harga Pasang Sunroof Mobil

Interior

Setelah mengetahui mesin, dimensi dan eksterior tentu tidak akan lengkap jika tidak membahas interior Hyundai Creta. Untuk bagian interior, kita akan mulai membahas dari speedometer Hyundai Creta yang sudah menggunakan 10.25in Full TFT LCD Meter Cluster untuk varian Hyundai Creta Style dan Prime

Selain itu, untuk varian Hyundai Creta Style dan Prime juga dilengkapi dengan lampu pada bagian dashboard dan Cooling Glove Box atau tempat untuk menaruh minuman agar tetap dingin.

Semua varian Hyundai Creta telah dilengkapi dengan audio display 8 inchi yang sudah bisa terkoneksi dengan mudah ke smartphone. Tak ketinggalan juga terdapat cup holder light untuk menaruh minuman selama dalam perjalanan OtoFriends.

Fitur

Fitur merupakan salah satu hal penting yang menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah mobil. Hyundai Creta memiliki beragam fitur yang akan menjaga keamanan berkendara OtoFriends.

Salah satu fitur keamanan Hyundai Creta adalah Hyundai Smart Sense yang dapat mencegah terjadinya tabrakan dari depan saat ada objek yang membahayakan dan dapat melacak penanda garis lurus sehingga berkendara menjadi tetap aman pada jalurnya.

Fitur ini juga akan mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan, memberitahukan mobil lain yang berada pada blind spot, memperingatkan jika ada mobil dari arah belakang saat melakukan parkir, dan tentu saja sudah terdapat air bag dengan sistem 6-airbag.

Untuk fitur kenyamanan, Hyundai telah menyematkan tilt and telescopic steering wheel yang membuat posisi setir mobil dapat OtoFriends sesuaikan. Ada pula 8 audio speaker dengan sistem BOSE, wireless smartphone charger, dan ventilated seat  yang membuat kursi tetap dingin dan nyaman saat digunakan.

Hyundai Creta juga telah dilengkapi dengan Bluelink yang merupakan teknologi untuk memudahkan melakukan pengecekan kendaraan dan menghubungi call center Hyundai. Beragam fitur tersebut membuat mobil Hyundai ini menjadi salah satu pilihan mobil SUV terbaik.

Baca juga: Apa itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

Harga Hyundai Creta 2022

Berdasarkan situs resmi Hyundai, berikut ini adalah harga Hyundai Creta untuk masing-masing varian yang dipasarkan.

  • Hyundai Creta Active MT Rp281,5 juta
  • Hyundai Creta Trend MT Rp301,5 juta
  • Hyundai Creta Trend IVT Rp322 juta
  • Hyundai Creta Style IVT Rp362 juta
  • Hyundai Creta Prime IVT Rp410 juta

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Creta

Tak lengkap rasanya jika OtoFriends tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Hyundai Creta. Mobil pabrikan Korea Selatan ini memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan yang bisa OtoFriends jadikan pertimbangan.

Berdasarkan ulasan di atas, berikut Otoklix rangkum kelebihan dari Hyundai Creta:

  1. Tampilan eksterior yang memukau
  2. Dilengkapi teknologi yang mumpuni
  3. Hadir dengan berbagai fitur-fitur yang menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara.

Selain kelebihan, OtoFriends juga wajib mencari tahu kekurangannya supaya bisa menyesuaikan pemakaian nantinya. Berikut beberapa kekurangan Hyundai Creta:

  1. Hanya tersedia dalam satu pilihan mesin
  2. Sebagian interiornya masih memakai material plastik
  3. Desain interiornya kurang sentuhan modern.

Itulah beberapa informasi penting mengenai Hyundai Creta yang bisa OtoFriends jadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya. Hyundai Creta termasuk salah satu mobil terbaru yang perawatannya harus dilakukan di bengkel terpercaya. 

Untuk menemukan berbagai bengkel terpercaya tersebut, kamu dapat menemukannya dengan mudah hanya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Hyundai Creta

Hyundai Creta adalah salah satu mobil jenis SUV yang menjadi andalan dari PT Hyundai Motor Indonesia (HMI).

Hyundai Creta resmi diluncurkan kepada publik ketika diproduksi dan dijual di India pada tahun 2015 lalu.

Hyundai Creta dipasarkan dengan harga bervariasi mulai dari Rp281,5 juta untuk varian terendah hingga Rp410 jutaan untuk varian tertingginya.