Toyota Fortuner adalah salah satu SUV yang bergengsi di Indonesia. Selain tampilannya yang gagah, Fortuner juga memiliki performa yang mumpuni serta bisa menampung banyak penumpang.

Model terbaru Toyota Fortuner ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin dan diesel. Lantas, bagaimana perbandingan konsumsi BBM Fortuner Diesel dan Bensin? Mana yang lebih irit?

Sekilas Tentang Toyota Fortuner

Toyota Fortuner telah diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2005. Kemudian, pada tahun 2007 Toyota Fortuner mulai dirakit di Indonesia dan menggunakan kandungan lokal TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 70%. Sehingga, sudah pernah mendapat subsidi pemerintah karena salah satu syaratnya adalah nilai TKDN sudah memenuhi syarat.

Pada versi Facelift tahun 2020, Fortuner mengalami banyak perubahan. Tampilannya jauh lebih gagah dan fitur-fitur modern juga ditingkatkan. Grille dan garnish pada lampu LED-nya dirancang dengan bentuk yang lebih besar sehingga bisa memberikan kesan lebih tangguh.

Kemudian, interiornya juga sudah dibekali dengan panel instrumen berukuran 4,2 inci. Ada juga wireless charger, head unit dengan layar sentuh 9 inci, hingga fitur NFC yang bisa dipakai untuk mengecek saldo kartu uang elektronik.

Fitur keselamatan juga makin oke dengan adanya Blind Spot Detection (BSD), Headway Monitoring Warning (HMW), Moving Object Detection (MOD), hingga Lane Departuer Warning (LDW).

Kemudian, pada 2020 Toyota Fortuner kembali hadir dengan varian tertinggi sekaligus jadi gebrakan terbaru. Fortuner 2.8 liter ini memiliki opsi mesin bensin 2.8 liter dan mesin bensin 2.7 liter.

Urusan performa pasti lebih mantap. Dengan kapasitas besar mesin 2.755 cc, mobil ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 203,9 PS pada 3.000 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan.

Fitur interiornya masih seputar head unit 9 inci, teknologi NFC, dan juga wireless charger. Mobil ini hadir dalam warna bodi two tone.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Fortuner, Tidak Seboros yang Dibayangkan!

Konsumsi BBM Fortuner Diesel dan Bensin

Ada beberapa teknik untuk menghitung konsumsi BBM sebuah mobil. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah berkendara di dalam kota dan ke luar kota. Sebab, kondisi jalan juga berpengaruh kepada konsumsi BBM. 

Mobil yang melaju di kondisi jalan yang cenderung padat artinya mobil lebih banyak diam, kerja mesin juga jadi lebih berat karena tidak adanya pasokan udara yang cukup. Sehingga bahan bakar tersedot lebih banyak ke ruang bakar.

Sementara itu perjalanan luar kota biasanya lebih irit karena lebih sepi, apalagi kalau memakai jalur bebas hambatan atau jalan tol. Pasokan udara yang lebih banyak bikin mesin jadi lebih dingin, sehingga bahan bakar lebih efisien.

Perbandingan Konsumsi BBM Fortuner

Fortuner tersedia dalam dua mode berkendara, yaitu Eco dan Power. Pada rute dalam kota, konsumsi BBM Toyota diesel bisa mencapai 12 km/liter. Kondisi stop and go bikin kendaraan jadi lebih boros solar. Sedangkan konsumsi BBM Fortuner diesel untuk rute luar kota bisa mencapai 16 km/liter.

Di sisi lain, Toyota Fortuner mesin bensin mencatat angka konsumsi bahan bakar rata-rata 9 km/liter untuk rute dalam kota. Sedangkan untuk rute luar kota, konsumsi bahan bakarnya sekitar 11 km/liter.

Kesimpulannya, konsumsi BBM Fortuner diesel lebih irit ketimbang Fortuner bensin. Namun, mengingat bodinya yang besar dan performa mesin yang tinggi, angka tersebut dianggap istimewa.

Berikut perbandingan konsumsi BBM Fortuner diesel dan bensin.

Konsumsi BBM Fortuner diesel gen 212 km/liter (dalam kota)16 km/liter (luar kota)
Konsumsi BBM Fortuner bensin gen 29 km/liter (dalam kota)11 km/liter (dalam kota)
Konsumsi BBM Fortuner bensin gen 19 km/liter (dalam kota)12 km/liter (dalam kota)

Toyota Fortuner telah dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas cukup besar, yaitu 80 liter. Sehingga, sekali pengisian bahan bakar sampai penuh bisa menempuh jarak yang cukup panjang.

Baca juga: Lengkap! Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Fortuner 2022

Tips Hemat Bahan Bakar Toyota Fortuner

Meskipun sudah termasuk efisien, tetapi tentunya kita ingin menjaga konsumsi BBM tetap irit. Berikut ini adalah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menghemat konsumsi BBM Toyota Fortuner.

1. Hindari membawa beban berlebih

Mengatur beban yang dibawa saat perjalanan adalah salah satu membuat konsumsi BBM Fortuner diesel makin efisien. Bawaan yang terlalu berat bikin beban mesin lebih berat sehingga menggunakan lebih banyak bahan bakar.

Jadi, sebaiknya atur beban kendaraan dan menghindari membawa barang yang tidak perlu. Kemudian, kurangi penggunaan roof rack kalau tidak diperlukan. Selain bikin beban makin berat, adanya roof rack juga meningkatkan resistensi udara yang berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

2. Memakai fitur mode ECO 

Toyota Fortuner generasi terbaru sudah menggunakan fitur ECO mode. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan cara mengatur kinerja mesin. Ini adalah teknologi untuk menghemat bahan bakar pada Toyota Fortuner. Gunakan mode ECO saat berkendara di jalanan datar dan kondisi lalu lintas yang normal.

3. Memakai bahan bakar premium

Memakai bahan bakar dengan nilai oktan rendah juga bikin konsumsi BBM Fortuner diesel makin boros. Oleh sebab itu, sebaiknya pakai premium fuel atau solar dengan nilai CN yang tinggi. Sedangkan pada Fortuner bensin direkomendasikan untuk memakai bensin dengan nilai oktan 92, 95 atau bahkan lebih tinggi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil SUV Murah di Indonesia

4. Memanfaatkan akselerasi rem secara halus

Gaya berkendara juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM Fortuner diesel. Cara berkendara yang agresif, misanya mengerem atau akselerasi tiba-tiba bisa bikin BBM boros. Cobalah untuk melakukan akselerasi dan mengerem secara lebih halus dan berhati-hati. Sehingga mesin bekerja lebih ringan dan efisiensi penggunaan bahan bakar tetap terjaga.

5. Perawatan rutin dan berkala

Servis mobil secara rutin adalah kunci menjaga performa mesin dan menjaga efisiensi bahan bakar. Pastikan untuk tepat waktu sesuai jadwal perawatan yang direkomendasikan. Misalnya ganti oli secara rutin, filter udara, hingga mengecek sistem bahan bakar.

Kesimpulannya, meskipun konsumsi BBM Fortuner diesel tergolong irit, tetapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan supaya konsumsi BBM-nya tetap efisien. Misalnya melakukan servis rutin, memanfaatkan fitur ECO mode, dan lainnya sesuai dengan tips di atas.

Servis mobil secara rutin di bengkel Otoklix banyak untungnya. Selain ramah di kantong, kualitasnya juga terjamin. Selain itu, servisnya lengkap dan ruang tunggunya nyaman. Pelanggan juga bisa booking servis terlebih dahulu untuk servis tanpa antri.

Ganti oli, ganti aki, servis AC, servis rem, tuneup, dan servis mobil lainnya cukup di satu bengkel tanpa harus berpindah-pindah. Sehingga, waktu pelanggan bisa dimanfaatkan secara efisien juga.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Fortuner Diesel


Toyota Fortuner dibekali dengan mesin diesel 1GD-FTV 4 silinder segaris, 16 katup DOHC Euro4 dengan VN Turbo Intercooler. Mesin ini menghasilkan tenaga 200 ps. Konsumsi BBM-nya rata-rata 9 km/liter untuk rute dalam kota dan 11 km/liter untuk rute luar kota.


Fortuner 4×2 2.7 GR Sport memakai bahan bakar bensin. Mesin yang dipakai pada tipe ini adalah 2TR-FE 4 silinder segaris, 4 katup, DOHC, Dual VVT-i.


Toyota Fortuner bisa pakai solar subsidi. Hanya saja ada dampak buruknya yang berpengaruh terhadap performa mobil. Solar subsidi memiliki kandungan sulfur yang tinggi sehingga bisa membuat kerusakan sistem pembakaran.