Tahukah kamu apa fungsi towing mobil? Apa saja jenis dan berapa biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan towing ini?

Towing mobil melibatkan pengangkutan unit mobil dengan cara mengangkatnya ke bagian belakang armada untuk pengiriman ke lokasi tujuan. Proses ini juga dapat dilakukan untuk pengiriman kendaraan jarak jauh, lho!

    Buat OtoFriends yang ingin menggunakan layanan ini, ada beberapa poin penting yang perlu diketahui. Di antaranya:

    Apa Itu Towing?

    Towing mobil ialah proses pengangkutan unit kendaraan mobil menggunakan truk. Towing sendiri adalah struktur truk yang membawa satu jenis mobil atau lebih di bagian belakangnya.

    Pengangkutan dilakukan untuk mengirimkan mobil baik dalam jarak dekat maupun jauh, tergantung permintaan pengirim. Meskipun biaya penggunaan towing relatif tinggi, pengirimannya lebih cepat sehingga mobil dapat segera diterima oleh yang bersangkutan.

    Beberapa teknik umum pun digunakan dalam towing mobil tergantung pada berat dan kondisi kendaraan yang akan di-tow. Misalnya teknik towing gendong yang mana mobil diangkut ke bak belakang truk seperti biasa. Teknik lainnya yaitu towing hidrolik di mana truk angkut diturunkan sejajar dengan jalan agar mobil bisa naik ke bak belakang truk tanpa merusak komponennya.

    Untuk biaya pengiriman biasanya tergantung pada jarak tempuh. Semakin jauh jaraknya, maka biayanya akan lebih mahal. Persyaratan penggunaan layanan ini juga mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan bukti STNK dan BPKB.

    Siapa pun dapat menghubungi jasa towing untuk mengirimkan mobil. Namun, kamu juga bisa mengandalkannya dalam situasi darurat seperti banjir di mana mobil tidak dapat melintasi area tertentu atau untuk mengangkut mobil yang tidak berfungsi.

    Jenis-jenis Towing Mobil

    towing mobil

    Di bawah ini terdapat beberapa jenis towing mobil yang populer di Indonesia, antara lain:

    • Towing-Car Carrier-Towing

    Jenis layanan towing mobil satu ini menyediakan pengiriman mobil dengan kapasitas pengangkutan hingga enam kendaraan dalam satu kali angkut. Tujuannya untuk mempercepat proses pengiriman.

    • Full Towing

    Full towing adalah pengiriman mobil door to door menggunakan mobil derek. Dalam jenis ini, hanya satu kendaraan yang dapat dimuat dalam truk tersebut sehingga keamanannya akan lebih terjamin.

    • Towing dengan Tali

    Biasanya diperuntukan bagi kendaran yang tidak dapat bergerak. Tali yang digunakan pun memiliki kekuatan yang sangat baik dan tidak mudah putus.

    • Towing-Kapal-Towing

    Towing-kapal-towing merupakan layanan pengiriman mobil melalui jalur laut. Towing kapal menjadi pilihan yang ideal bagi OtoFriends yang ingin mengangkut berbagai jenis kendaraan, termasuk yang tidak berfungsi.

    • Towing dengan Trailer

    Penggunaan towing trailer merupakan salah satu cara paling umum untuk menarik kendaraan yang tidak dapat bergerak. Proses ini melibatkan trailer yang terhubung ke kendaraan pendorong melalui tali atau rantai.

    Trailer yang digunakan untuk towing mobil bisa berukuran kecil yang hanya mampu mengangkut satu kendaraan saja. Ada juga trailer besar yang dapat mengangkut beberapa kendaraan sekaligus.

    • Towing dengan Bar

    Jenis towing satu ini menggunakan sebuah bar yang terbuat dari baja atau aluminium serta dilengkapi dengan roda dan rem. Derek bar dianggap lebih aman daripada towing dengan tali.

    Biaya Towing Mobil

    Harga towing mobil dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu jarak tempuh pengiriman, apakah dalam kota atau luar kota. Lebih jelasnya, simak rincian berikut:

    • Harga Towing Mobil dalam Kota

    Biaya towing mobil dalam kota biasanya lebih murah karena tidak memerlukan bensin dan tenaga yang lebih banyak. Sebagai contoh, harga sewa towing mobil standar untuk mengangkut mobil berkisar antara Rp 600.000 – Rp 700.000-an.

    Beberapa tempat jasa sewa towing mobil juga menetapkan harga berdasarkan jarak per kilometer. Tarifnya bervariasi, mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 85.000 per kilometer.

    • Harga Towing Mobil Luar Kota

    Harga towing mobil ke luar kota tentu lebih tinggi dibandingkan dengan towing dalam kota. Alasannya tentu karena kebutuhan bahan bakar dan tenaga yang lebih banyak.

    Sebagai contoh, biaya towing mobil dari Jakarta – Semarang dipatok  sekitar Rp 2.700.000, sudah termasuk biaya bahan bakar dan tarif tol.

    Tidak hanya untuk mengirimkan kendaraan, OtoFriends juga bisa menggunakan towing mobil untuk mengatasi situasi darurat. Misalnya saat mobil tidak bisa berjalan karena aki mobil mati total.

    Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Jadi pastikan OtoFriends menghindari masalah mesin mobil mati total saat berkendara dengan melakukan servis rutin ke bengkel profesional seperti Otolix. Yuk, booking jadwal kunjunganmu di Otoklix secara online sekarang juga!

    Pertanyaan Towing Mobil

    Apa Itu towing mobil?

    Towing mobil adalah proses pengangkutan kendaraan yang tidak dapat bergerak sendiri menggunakan truk derek.

    Berapa Biaya Jasa Derek Mobil?

    Di Indonesia, harga towing mobil dalam kota biasanya dimulai dari ratusan ribu. Sedangkan di luar kota sekitar  Rp 2.000.000

    Apa Fungsi Towing?

    Fungsi utama towing mobil adalah untuk mengirimkan mobil ke tempat tujuan. Fungsi lainnya yaitu untuk mengangkut mobil yang tak dapat berfungsi.