Kehadiran Hyundai Stargazer tengah dinantikan oleh pecinta mobil Tanah Air. Mobil Low MPV tersebut digadang-gadang akan menyaingi popularitas Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander. 

Meskipun belum resmi diluncurkan di Indonesia, estimasi harganya sudah tercantum di NKJB Samsat PKB DKI Jakarta. Berikut daftar harga Hyundai Stargazer beserta spesifikasinya.

    Estimasi harga Hyundai Stargazer

    Hyundai Stargazer memiliki enam tipe dengan rentang harga NJKB mulai Rp155 juta hingga Rp202 juta. Berikut selengkapnya.

    • Hyundai Stargazer ACT15 4x2A: Rp164 juta
    • Hyundai Stargazer ACT15 4x2M: Rp155 juta
    • Hyundai Stargazer PRM15 4x2A: Rp202 juta
    • Hyundai Stargazer STY15 4x2A: Rp189 juta
    • Hyundai Stargazer TRN15 4x2A: Rp176 juta
    • Hyundai Stargazer TRN15 4x2M: Rp167 juta

    Dari daftar harga tersebut, tampak beberapa akronim yang menjurus pada nama tipe mobil, yakni ACT atau Active, PRM atau Prime, STY atau Style, dan TRN atau Trend.

    Tipe Active tampak menjadi pilihan termurah dengan NJKB mulai dari Rp155 juta. Lalu, diikuti oleh tipe Trend, Style, dan Prime yang paling mahal. Susunan tipe tersebut identik dengan susunan varian Creta.

    Berikut estimasi harga OTR Hyundai Stargazer:

    • Hyundai Stargazer Active 1.5 4×2 M/T: Rp226, 2 juta
    • Hyundai Stargazer Active 1.5 4×2 A/T: Rp239, 3 juta
    • Hyundai Stargazer Trend 1.5 4×2 M/T: Rp243, 6 juta
    • Hyundai Stargazer Trend 1.5 4×2 A/T: Rp256, 7 juta
    • Hyundai Stargazer Style 1.5 4×2 A/T: Rp275,6 juta
    • Hyundai Stargazer Prime 1.5 4×2 A/T: Rp294, 5 juta

    Meskipun harga NJKB dan estimasi harga OTR sudah beredar, namun Hyundai Stargazer masih belum bisa dipesan. Mobil tersebut diperkirakan baru bisa dipesan sebulan menjelang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2022). Pameran tersebut  dapat disaksikan pada 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD City, Tangerang.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hyundai Atoz, City Car Mungil yang Klasik

    Spesifikasi Hyundai Stargazer

    Mobil Hyundai Stargazer sudah dites di jalan raya Korea Selatan. Hal itu terungkap lewat pemberitaan media lokal asal Korea Selatan, yakni AutoSpy. Berikut perkiraan spesifikasi Hyundai Stargazer.

    Interior

    Belum banyak informasi tentang spesifikasi interior Hyundai Stargazer. Akan tetapi, mobil pabrikan Korea Selatan itu dikabarkan memiliki konfigurasi kabin berisi tujuh penumpang. Selain itu, di bagian belakang mobil juga tampak mirip dengan Hyundai Bayon, terutama pada bagian lampu mobil.

    Pada bagian belakang mobil juga disebut tampak mirip dengan Hyundai Bayon, terutama di bagian lampu mobil.

    Eksterior

    Di bagian depan mobil, sepertinya Hyundai Stargaze terinspirasi MPV Hyundai Satria. Sebab, terdapat kemiripan grille antara Hyundai Stargaze dengan Hyundai Staria.

    Kemudian, terdapat DRL LED di atas dan headlamp di bawah. Bodi samping mobil juga memperlihatkan bentuk MP dengan garis atap miring dan garis jendela yang naik. Pada bagian belakang, ada pintu bagasi dengan kaca depan yang cukup besar. Ada pula lampu belakang berbentuk segitiga dengan posisi vertikal.

    Performa mesin

    Walaupun telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, belum ada informasi spesifik terkait performa mesin Hyundai Stargazer.

    Hyundai Stargazer disebut-sebut memiliki mesin 4 silinder 1.5 liter. Sementara, tenaga yang dihasilkan sebesar 115 PS dan torsi maksimal 144 Nm.

    Mesin 4 silinder 1,5 liter adalah mesin yang sama dipakai oleh Hyundai Creta dan Kia Sonet. Selain itu, mobil Hyundai Stargazer juga diisukan akan menggunakan mesin diesel 1,5 liter yang bisa memberikan daya 115 PS serta torsi 250 NM.

    Kelebihan Hyundai Stargazer

    Hyundai Stargazer diperkirakan akan jauh lebih bersaing di pasaran. Apalagi, pabrik Hyundai di Indonesia tidak hanya satu. Berikut beberapa kelebihan Hyundai Stargazer.

    1. Diklaim hemat bahan bakar

    Perakitan Hyundai Stargazer akan dilakukan di cabang pabrik Hyundai di Bekasi, Jawa Barat. Harga yang akan dilepas ke pasaran pasti berbeda karena dirakit di Indonesia. Selain itu, Hyundai Stargazer juga disebut-sebut irit bahan bakar.

    2. Memiliki konsep kendaraan Hexa Space

    Konsep Hexa Space diprediksi akan jadi dasar interior Stargazer. Diperkirakan mobil tersebut akan memiliki panjang kendaraan 4300 mm, lebar 1820 mm, dan tinggi 1647 mm. Selain itu, bodi mobil juga memiliki beberapa lekukan hexagonal sesuai konsepnya.

    3. Ruangan di dalam mobil lebih lega

    Prediksi penggunaan desain Hexa Space tersebut tampak dari munculnya Hyundai Stargazer di jalanan dengan desain lebih lebar. Ruangan dalam mobil tampak lebih lega. Kapasitas mobil Hyundai Stargazer diperkirakan bisa memuat delapan penumpang. Tentu cocok untuk dijadikan mobil keluarga.

    Baca juga: Nggak Kalah dari Merek Jepang, Ini Daftar Mobil Korea Paling Laris di Indonesia

    Itulah penjelasan mengenai estimasi harga Hyundai Stargazer beserta perkiraan spesifikasinya. Apabila OtoFriends ingin membeli mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum mulai mencari mobil yang terbaik, pikirkan terlebih dahulu apa yang benar-benar dibutuhkan dari sebuah mobil. Kemudian, pilihlah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan. OtoFriends bisa melakukan riset secara online atau datang langsung ke showroom.

    Ketika membeli mobil, jangan langsung merasa puas dengan kesepakatan pertama yang ditawarkan oleh pihak dealer. Lakukan tawar-menawar hingga didapatkan harga yang pas. Setelah mobil ada di tangan, jangan lupa lakukan servis mobil secara rutin.

    OtoFriends bisa melakukan booking online lewat aplikasi Otoklix. Selain tidak perlu antri, OtoFriends juga akan mendapatkan harga servis yang pasti.